Isi Bekal Anak Sekolah, Ada Apa aja ya?

isi bekal anak sekolah

Isi Bekal Anak Sekolah, Ada Apa aja ya? Usai liburan sekolah ini, kita bakal siap-siap menyambut tahun ajaran baru. Bakal ramai juga tuh obrolan tentang isi bekal anak sekolah. Entah anak kita masuk PAUD, SD, SMP, maupun SMA, yang namanya dunia perbekalan kayaknya bakal tetap ada. Bagaimana tidak, meski ada opsi lain dengan memberikan mereka uang jajan buat belanja di kantin sekolah, rasanya kalau masih bisa menyiapkan bekal, mendingan ngebekal gak sih? Tentunya ada banyak alasan mengapa para orang tua memilih untuk menyiapkan bekal untuk disantap anaknya saat jam istirahat sekolah. Mulai dari lebih terjaga kualitasnya (lebih sehat), hingga lebih hemat dibanding jajan di kantin. Setidaknya, kita tahu apa yang anak-anak kita santap.

Saya bukanlah tim full membuatkan bekal bagi anak-anak untuk dibawa ke sekolah. Sebisanya saja. Kalau sempat, ya dibuatkan bekal. Sebaliknya, jika tidak, ya ujung-ujungnya bakal dikasih uang jajan. Walau salut sih, mereka ternyata lebih doyan disiapkan bekal dari rumah, makin seneng lagi kalau dikasih bekal plus uang jajan. Hahahah..dasar anak-anak! Entah uangnya bakal dipakai ngejajan (biasanya masih aja laper), atau ditabung untuk kelak dipakai membeli sesuatu.

Isi Bekal Anak Sekolah, Ada Apa aja ya?

Sempat viral ya di media sosial kapan hari, isi kotak bekal anak sekolah maupun pekerja kantoran yang terdiri dari nasi putih dan mie goreng. Duh, jadi teringat di masa sekolah dulu pun saya tak jarang membawa bekal dengan komposisi tersebut. Padahal udah jelas banget sih itu double karbo. Kecuali ada telurnya gitu yaa..ada lah kandungan proteinnya. Tapi udahlah, yang lalu biarlah berlalu. Jadi pelajaran biar sekarang kita kita sebisa mungkin membuat bekal dengan kandungan gizi seimbang untuk anak-anak. Dibanding nasi putih dan mie goreng, tentu nasi putih dan telur ceplok jauh lebih baik. Ya kan?

Jadi sebaiknya isi bekal anak sekolah tuh apa aja sih? Pastinya yang kandungannya komplit ya. Ada karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Sekarang sih saya nulisnya gini, padahal pernah lho terjadi, ngebekalin anak yang isinya: nasi, kentang goreng, roti, dan telur. Duh, untung ada telurnya..kalau gak ada, bukan lagi double tuh tapi triple karbo! Hahaha

Mengingat diri ini gak expert di urusan perbekalan anak sekolah, jadi pada postingan blog kali ini, saya mau share aja apa aja sih isi bekal anak sekolah yang biasa saya siapkan untuk Rani dan Tita. Foto di atas adalah salah satu contohnya. Ada nasi putih, pakcoy rebus, bakso goreng+tahu jepang, jamur crispy, capcay, dan snack (oat, dodol rumput laut, dan biskuit). Di luar foto ini, ada sekotak susu full cream dan sebotol air minum. Alhamdulillah, masuklah yaa gizi seimbang. Kurang di bawah aja nih, bisa digantikan sama sayur gak? Hahaha

Nasi Putih, Perlu Gak sih?

Banyak yang bilang, orang Indonesia tuh belum makan kalau belum ada nasi. Lantas apakah di dunia perbekalan anak sekolah pun demikian? Apakah harus selalu ada nasi? Atau bisa digantikan dengan sumber karbohidrat lainnya? Nasi putih tuh perlu gak sih? Kalau saya pribadi sih balik lagi ke anaknya gimana. Si sulung-Rani, biasanya tetap request ada nasi, kalau gak ada nasi di bekalnya, dia bakalan jajan lagi di kantin sekolah. Hahaha. Lain halnya dengan Tita, jam istirahatnya yang singkat, ditambah lagi dia kalau makan tuh mode slow motion wkwkwk, jadi kadang dia request nasi putih diganti dengan roti atau kentang. Biar tinggal lep! Tapi ada kalanya juga, dia kekeuh minta ada nasi putih dalam bekalnya. Ada aja yaa anak-anak..

Rekomendasi Rice Cooker Anti Basi

Ngomongin soal nasi, bu ibu tim mana nih? Bekalin anak-anak dengan nasi yang sudah dimasak sejak malam hari atau subuh hari? Kalau masaknya malam, bisalah tenang dikit besoknya ya. Sedangkan kalau masak nasinya di hari yang sama, jadinya emang lebih fresh sih nasi yang dibekalin. Perkara ngebekal nasi yang dimasak di malam hari ini pun tricky ya. Kadang suka gemes, baru dimasak semalam, belum disendok diutak-atik atau apalah namanya, lho kok paginya udah gak enak? Entah itu tekstur maupun aromanya. Masa iya udah basi? Gemes gak sih? Berasa mubazzir banget huhuhu.

Ternyata ada sejumlah faktor yang menyebabkan mengapa nasi yang dimasak dengan rice cooker jadi cepat basi. Mulai dari perbandingan takaran beras dan air, perlakuan kita ketika nasi sudah berubah dari cook ke warm, jenis beras, hingga jenis rice cooker yang digunakan.

Mengenal Rice Cooker SEKAI

Pasti udah gak asing dong dengan brand SEKAI? Ada banyak peralatan rumah tangga yang diproduksi oleh Sekai, mulai dari blender, kipas angin, sampai pada rice cooker. Menariknya, Sekai senantiasa berinovasi untuk melahirkan produk-produk terbaiknya, seperti yang sebelumnya pernah saya bahas yaitu rice cooker rendah gula. Nah, kali ini bu ibu bakal saya kenalkan dengan rice cooker Sekai yang memiliki keunggulan anti basi, lebih tepatnya anti cepat basi yaa.. kalau beneran gak basi selamanya kan gak mungkin yaa~

Adalah Sekai Rice Cooker CMW 520 dan Sekai Rice Cooker CMW515, dua inovasi rice cooker dari Sekai yang dikenal bisa menjadikan nasi anti basi selama 48 jam. Wow! Nasi di dalam rice cooker bisa tahan selama 2 hari? Mantap gak tuh? Jadi gak tegaan lagi kan nasi yang udah dimasak, masih bisa disantap sampai 48 jam ke depan. Dengan menggunakan panci nanotech food grade yang aman, bebas PFOA dan PFOS. Baik Sekai Rice Cooker CMW 520 maupun Sekai Rice Cooker CMW515, memastikan lapisan panci yang digunakan/yang menempel pada nasi selama proses pemasakan/pemakaian membuat nasi aman dikonsumsi, tidak terkontaminasi. Rice cooker ini juga menggunakan elemen pelapis panas 3D yang mampu menghasilkan panas yang cepat dan merata. Gak hanya itu, teknologinya mampu menjaga kehangatan nasi selama 48 jam tanpa basi. Nasi tetap hangat, tidak berubah warna dan bau selama 48 jam dalam rice cooker.

Jangan khawatir jika Sekai Rice Cooker CMW 520 yang kita miliki bermasalah, cukup hubungi customer service resmi Sekai, dan layanan service gratis pun bisa dinikmati. Umumnya jika ada komponen yang rusak kita hanya diminta membeli komponen tersebut. Pembelian dua jenis rice cooker tersebut dijamin garansi selama 5 tahun lho!

Sekai Rice Cooker CMW 520

Merupakan rice cooker yang diproduksi Sekai yang memiliki ukuran 11 inchi atau 28,5cm. Rice cooker ini bisa dioperasikan dengan tegangan/frekuensi 220V-50Hz, dengan konsumsi daya sebesar 395 Watt, yang bisa dikatakan cukup menghemat listrik yaa. Terdapat fitur 3D heating element, kemudian untuk warna tersedia dua pilihan yaitu: Bronze dan Rose Gold. Dua pilihan warna yang elegan yang bisa di-mix and match pada interior dapur dengan konsep apapun.

Sekai Rice Cooker CMW 515

Secara umum, Sekai rice cooker CMW 515 memiliki kesamaan dengan Sekai rice cooker CMW 520. Mulai dari kapasitas memasaknya yaitu 1,8 liter, adanya fitur 3D heating element, tegangan/frekuensi 220V-50Hz, dengan konsumsi daya sebesar 395 Watt, yang bisa dikatakan cukup menghemat listrik, dan masih banyak lagi. Termasuk pula keunggulannya yang anti lengket, anti gores, dan anti basi. Perbedaannya adalah, Sekai rice cooker CMW 515 dengan desain mewah ini tentunya terbilang sedikit lebih tinggi harganya dibanding seri CMW 520.

Biar gak penasaran, harga dari kedua #Ricecookerantibasi48Jam tersebut bisa bu ibu tengok pada laman berikut https://bit.ly/3V7PEkj yaa.

Jadi bagaimana? Udah siap menyiapkan bekal anak sekolah pada tahun ajaran baru nanti? Yuk bisa yuk!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

1 Comment

  • Giofanny 3 June 2024 at 8:31 pm

    Isi bekal anak TK yang sering dibuat nasi goreng sama susu uht sudah seneng banget

    Reply

Leave a Comment