11 Tahun Ngeblog, Udah Bisa Ngapain aja?

11 tahun Ngeblog, Udah Bisa Ngapain aja? Postingan ini bermula dari saya yang kangen sama blog-blog gratisan zaman dulu. Iya, blog-blog. Yuhuuu..selain bikin email lebih dari satu, saya pun dulu doyan bikin banyak blog. Padahal gak rajin-rajin amat postingnya. Hihihi. Lalu sampailah saya pada sebuah blog, dimana postingan pertama saya pada waktu itu tayang di tahun 2007. W-O-W kan? Udah masuk blogger angkatan tua gak saya? Bwahahha. Jangan tanya isi postingannya, pastilah tentang ekspresi bahagia karena akhirnya punya blog. Alamatnya? Gak usah ditanya juga. Googling aja nama saya, pasti ketemu. Eh, ada yang mau buang-buang waktu googling nama saya ya? wkwkwk.

Coba Coba dengan Blog Gratisan

Oh ya, kembali ke judul. Jadi 11 tahun ngeblog, udah bisa ngapain aja? Bisa bikin akun blog gratisan sendiri. Bwahahah. Eh tapi beneran lho. Dulu itu kok ya gak ada puas-puasnya ngurusin satu blog, rasanya pengen coba semua. Selain di blogspot, saya juga nyobain ngeblog di multiply, wordpress, blogdetik, apa lagi ya? Sampai lupa saya. Banyak deh pokoknya. Yang blogspot dan wordpress aja ada lebih dari satu. Wkwkwkw. Gayaaa…padahal setelah itu diterlantarkan. Asli, buat coba-coba doang.

Meski punya banyak blog hasil coba-coba gitu, ada lho 1-2 blog yang saya seriusin. Masing-masing di blogspot dan wordpress. Kalau nengok kembali halaman tersebut, duh langsung malu sama blog TLD yang sekarang. Dulu tuh kok ya rajin benar bikin postingan. One day one post! Paling banter ya seminggu ada lah tiga postingan. Sekarang? Sekali seminggu eh sebulan aja udah syukur. Padahal kalau dipikir-pikir, lebih ribet pas zaman dulu. Mau ngeblog aja mesti ke warnet. Untung dulu punya kakak #eaa (sekarang udah jadi suamikk) yang seorang operator warnet, bisa ngenet gratis kitaaa \^^/ Lah sekarang? Udahlah ada wifi di rumah, ngeblog bisa dari kamar. Ya ampun malasnya… Mending kalau blognya gratis, lah itu tagihan domain dan hosting yang mesti dibayar tiap berapa bulan apa kabarnya?

11 Tahun Ngeblog, Udah Bisa Ngapain aja?

Beberapa hari yang lalu suami saya habis bayar tagihan hosting blog ini. Beliau ngeluh, tagihannya kok banyak bener. Beda sama blog-blog kami yang lain, yang rata-rata pakai layanan web hosting murah dari Niagahoster. Wahahaha..kulupa kapan hari blog saya kan sempat gak bisa diakses. Ada kali seminggu. Ternyata spacenya gak cukup dan waktu itu pengunjung kok meningkat banget. Komplain ke penyedianya, disarankanlah untuk upgrade paket. Setelah beliau sebutkan nominal yang dibayarkan untuk masa sewa 6 bulan, saya pun nengok apa aja yang udah saya posting selama 6 bulan terakhir. Hiks, gak ada apa-apanya. Nyesal jadinya. Kayak orang pesan banyak makanan di warung, padahal yang dimakan cuma seuprit. Mubazzir.

Selama 11 tahun ngeblog, saya masih merasa ‘kurang’. Masih kurang banget belajarnya. Iri deh sama teman-teman yang baru tahu blog satu dua tahun belakangan, tapi udah jago sana sini. Entah itu untuk urusan tulisan, tampilan blog maupun hal-hal teknis lainnya. Jadi setelah 11 tahun ngeblog, saya udah bisa apa aja dong?

Menentukan Nama/Alamat Blog dengan Baik

Eh, jangan salah. Prestasi lho ini. Coba deh pada diingat-ingat lagi, nama blog kalian yang pertama itu apa. Bwahahah pasti bikin ngakak. Salut saya kalau ada yang sejak dulu udah pakai nama sendiri atau mungkin udah siap branding.

Mengecilkan Ukuran Gambar pada Postingan

Yaelah..receh bener ya. Iya, tapi bagi saya ini hasil pembelajaran juga lho. Ingat banget dulu punya foto/gambar pelengkap postinga, entah besar filenya berapa langsung main upload aja. Untung masih di blog gratisan, kebayang kan kalau udah dimarih? Pantas aja pas ngeblog dulu kok proses upload gambarnya lama bener. Terutama pas zaman ngeblog di multiply.

Membuat Nyaman Pengunjung

Dih pede bener saya. Apakah teman-teman udah merasa nyaman di sini? Kalau iya, berarti selama 11 tahun ngeblog saya udah bisa membuat nyaman pengunjung. Wkwkwkwk.

Bikin nyamannya dengan cara apa? Ya macam-macam, mulai dari tampilan blog secara umum (warnanya, jenis huruf, ukuran huruf dan lain-lain). Termasuk pula gimana cara kita menyajikan sebuah postingan. Satu paragraf yang didalamnya terdapat banyak sekali kalimat, dijamin bikin malas pembaca. Termasuk juga satu kalimat yang terdiri dari banyak sekali kata. Beuh, gak nafas kan ya rasanya? Capek, iya. Belum lagi kalau di dalamnya ada banyak typo. Bukannya menikmati isi tulisan, yang ada malah pengen koreksi terus. Udah macam pembimbing skripsi gitu.

Aih, semoga tulisan saya gak bikin kalian capek bacanya ya teman-teman.

Terus, apa lagi ya? Duh kayaknya banyakan gak tahunya deh, dibanding bisanya. Makanya saya harus belajar, belajar dan belajar lagi. Gimana mau belajar, lah latihan alias bikin postingan rutin aja susah? Tapi beneran lho saya banyak banget gak tahunya. Psst…jangan salah, bahkan untuk urusan belakang layar blog, macam domain dan hosting plus kalau ada error ini itu semuanya saya gak tahu. Beneran semuanya dibantu suami, thanks ya pa~ Jadi sebenarnya yang S.Kom ini siapa? #ngumpetdibaliklaptop

PS. Jangan serius amat nanggepinnya ya. Tulisannya masih keriting sana sini. Lama gak rutin nulis lagi euy! Jadi bingung mau bahas apa. Ada ide?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

6 Comments

  • Alris 13 October 2018 at 2:33 am

    Saya masih pakai nama alrisblog untuk nama blog gratisan saya. Saya ngeblog sudah sepuluh tahun. Tulisan gak banyak. Ngeblog kadang moodnya naik turun. Pernah beberapa kali gak ngeblog dalam jangka waktu setahun atau lebih. Dan isi blog saya gado-gado, gak punya tema khusus.
    Kayaknya saya perlu introspeksi diri untuk meningkatkan kualitas ngeblog saya.

    Selamat ya Andy Hardiyanti atas masih konsisten ngeblog. Tetap semangat.

    Reply
    • Alris 13 October 2018 at 2:47 am

      Karena Andy Hardiyanti lebih konsisten menulis dibanding saya, maka saya apresiasi. Saya mau kasih hadiah buku gratis. Buku resep masakan. Biar makin disayang suami, 🙂 Silahkan kirim alamat lengkap serta nomor telepon yang bisa dihubungi untuk keperluan pengiriman buku. Lebih cepat lebih baik (ngirim alamatnya).

      Reply
  • Opik 13 October 2018 at 6:20 pm

    wah hebat udah 11 tahun kalau saya malah lupa udah berapa lama ngeblog 🙂 udah beberapa kali berenti total karena urusan kerjaan & udah lupa loginnya juga sampe akhirnya harus bikin blog baru lagi

    Reply
  • Baiq Rosmala 21 October 2018 at 2:24 am

    Wah ternyata udah pernah ngeblog di multiply ya mba. Selamat 11 tahun ngeblog!

    Reply
  • ursula meta rosarini 21 November 2018 at 3:18 pm

    Wahhh udh lama bgt ngeblognya, aku punya blog sejak thn 2011 tp konsisten ngeblog baru 1 thn mbak, belum bisa apa2 hahaa

    Reply
  • GoTravelly.com 26 November 2018 at 11:09 am

    Sama kaka, aku dulu juga klo upload foto apa adanya ntah berapa besarnya, hahaha. sekarang, huhuhu harus ‘sedikit’ pelit ukuran foto klo nggak bisa jebol nih. hehehe

    yang penting keep writing and blogging.

    Reply

Leave a Comment