5 Topik Artikel Blog yang Paling Banyak Dicari

topik-artikel-blog

5 Topik Artikel Blog yang Paling Banyak Dicari. Hal terpenting yang harus dipikirkan setelah seseorang mempunyai sebuah blog tidak lain adalah konten. Sebagai blogger, kita harus mulai memikirkan akan mengisi blog tersebut dengan jenis konten seperti apa. Konten pada blog umumnya disebut sebagai artikel atau postingan blog. Entah itu berisi full tulisan, maupun dipadukan dengan sejumlah gambar dan video. Tetap disebut sebagai sebuah artikel/postingan blog. Karena pada dasarnya, blog memang identik dengan jenis konten berupa teks.

Saat pertama kali memiliki blog di tahun 2007 lalu, artikel blog saya umumnya berisi tentang cerita keseharian. Kemudian beberapa lama setelahnya, saya membuat blog lain yang isinya fokus ke puisi. Ya, artikel blog saya bolak balik berada di dua topik tersebut. Bagaimana dengan sekarang? Seiring berjalannya waktu, saya kemudian mengetahui bahwa sebenarnya topik artikel blog ada banyak sekali. Kita sebagai blogger bisa menuliskan berbagai hal yang sesuai dengan minat kita. Selain itu, kita pun dapat membuat artikel blog dengan menggunakan topik yang paling banyak dicari. Tentunya tetap disesuaikan dengan sejauh mana pemahaman kita tentang topik artikel yang akan ditulis.

5 Topik Artikel Blog yang Paling Banyak Dicari

Teman-teman masih bingung juga akan mulai mengisi blog dengan artikel seperti apa? Pada postingan kali ini saya akan share tentang 5 topik artikel blog yang paling banyak dicari. Versi apa? Tentunya versi pengamatan di blog saya sendiri. Yups, blog ini merupakan blog gado-gado atau kerennya disebut lifestyle blog. Isinya campur-campur, apa saja yang kalian mau, ada! Karena isinya terdiri atas berbagai topik, maka saya dapat melihat topik artikel blog mana yang paling banyak dicari. Disimak yuk, siapa tahu bisa jadi ide artikel di blog kalian.

1. Lifestyle

Kalau kalian doyan curhat atau share cerita keseharian, maka topik yang paling pas ada lifestyle. Apa? Curhatan banyak dicari? Ya soalnya di dalamnya sering kali ada saja terselip informasi. Benar gak? Selain itu, topik artikel blog seperti ini biasanya paling asyik ditulis. Paling mengalir untuk diceritakan. Percaya deh, ngetik topik lifestyle gini bisa bikin kita gak sadar tahu-tahu isinya udah ada ribuan kata.

Baca Juga: Dear Pahlawanku: Prof. Sedjawidada

Oh ya, saya luruskan. Topik lifestyle tidak melulu tentang curhat. Jika diartikan sih, berarti gaya hidup. Mungkin lebih pas jika disebut sebagai cerita keseharian. Misalnya, tentang kalian yang hari ini habis mengikuti acara di suatu tempat. Tentang kalian yang baru saja melahirkan di rumah sakit mana, makan di rumah makan mana, habis nyobain resep apa, atau yang lainnya. Intinya campur deh cerita keseharian.

2. Beauty atau Kecantikan

Banyak yang bilang kalau kecantikan merupakan topik artikel blog yang paling banyak mengundang pengunjung. Benar gak sih? Kalau menurut saya, iya. Meski jarang sekali menulis topik ini, tapi saya akui bahwa artikel kecantikan emang sukses mendulang banyak pengunjung. Di blog saya, artikel tentang kecantikan mungkin tidak sampai 10 jumlahnya. Tapi wow, rupanya banyak dicari. Sepertinya netizen kita pada butuh banyak info tentang topik beauty.

Baca Juga: Me Time di Salon dan Spa Muslimah Youfo Mataram

Teman-teman ada yang paham dengan topik per-beauty-an gitu? Yuk, mulai isi blognya dengan share berbagai hal terkait kecantikan. Bisa review produk kecantikan, tips and trik make up dan yang lainnya. Kalau memang minatnya ke beauty, lebih bagus lagi kalau blog teman-teman difokuskan ke tema tersebut. Biar jadi beauty blogger sekalian. Hihihi

3. Makanan/Kuliner

Senang makan? Doyan nyobain berbagai menu-menu baru dengan berwisata kuliner? Nah, pas banget nih buat nulis topik tentang kuliner. Sebagian besar isi blog saya tidak lain membahas tentang makanan. Entah itu yang dibuat sendiri di rumah, maupun makanan-makanan yang diicip di luar sana. Saat makan di suatu tempat, jangan lupa untuk menceritakannya kembali di blog. Teman-teman bisa membahas tentang suasana di sana, lokasinya apakah mudah dijangkau atau tidak, harganya, hingga yang terpenting yaitu cita rasanya.

Netizen ini kalau tiba di suatu kota, umumnya bakal mencari informasi terkait kuliner di tempat tersebut. Coba bayangkan, bagaimana artikel yang kita sajikan sangat membantu para pembaca. Dengan membaca tulisan kita, mereka bisa memutuskan apakah memang benar harus mencoba kuliner tersebut atau tidak.

Baca Juga: Bakso Sumsum Mas Mulyo: Bakso Jalanan yang ramainya kebangetan

Selanjutnya soal aktivitas masak memasak di rumah. Pada tahu gak, menu-menu yang kita masak itu resepnya banyak dicari lho. Yups, saya pribadi saja masih sering banget cari info resep di internet. Jadi kalau punya menu masakan yang pamungkas (eaa bahasanya), yang khas maksudnya, jangan lupa untuk tulis resepnya di blog.

4. Cerita Perjalanan atau Travelling

Jeng jeng…ini nih topik yang ramai banget ditulis sekarang. Apakah yang cari juga banyak? Iya dong, rakyat Indonesia kan pada hobi jalan-jalan. Hihihi. Pembahasan tentang topik travelling sebenarnya ada banyak banget. Kita bisa menulis informasi terkait sebuah objek wisata, ulasan hotel/hostel tempat menginap, dan masih banyak lagi. Artikel kita di blog bisa memberikan manfaat bagi para pembaca yang sedang mencari informasi tentang sebuah objek wisata.

Baca Juga: Bendungan Pengga, Destinasi Wisata yang Berbeda di Lombok Tengah

Tidak hanya itu, biasanya ada pula pembaca yang memang senang membaca cerita perjalanan. Saya salah satunya. Bagi saya, membaca tulisan tersebut bisa menambah wawasan sekaligus membuat kita membayangkan sendiri bagaimana objek wisata yang diceritakan. Ya, berimajinasi!

5. Teknologi

Coba anak-anak hi-tech mana suaranya? Hihihi. Teknologi ini bisa tentang smartphone, komputer, aplikasi, banyak deh! Di zaman sekarang, topik ini banyak banget dicari. Terutama yang jenis tulisannya berupa tutorial (panduan) dan review (ulasan). Tahu kan, kitanya dikit-dikit senang googling. Belum lagi dengan adanya media sosial, makin banyak deh yang cari tahu tentang serba serbi bermedia sosial.

Artikel yang paling banyak dicari di blog saya adalah tentang teknologi. Padahal pembahasan saya receh banget lho, yaitu gimana membedakan istilah mention dan tag di instagram. Eh gak nyangka, ternyata banyak banget yang nyari.

Sebenarnya selain lima topik di atas, masih ada banyak lagi sih. Dan pastinya tiap blog punya topik-topik populer yang berbeda dengan blog lainnya. Tapi kalau untuk blog saya pribadi, topik populer yang banyak dicari ya yang lima itu. Kebetulan juga dari topik-topik di atas, beberapa diantaranya merupakan topik artikel blog yang saya sukai. Kecuali beauty, wkwkwk.

Bagaimana dengan teman-teman, topik artikel blog apa yang kalian sukai? Dan apakah topik-topik tersebut merupakan yang paling banyak dicari?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

1 Comment

  • GoTravelly.com 26 November 2018 at 11:12 am

    Sipppp deh, pas nicheku tentang travelling dan emmang banyak yang cari. klo travelling biasanya sekalain kuliner, tapi lebih banyak makanan khas daerah mana.

    Keren ya, kakak sudah lama banget ngeblog dan aku amsih unyu unyu.

    Reply

Leave a Comment