Ide Konten Blog untuk Pelajar

ide konten blog untuk pelajar

Ide Konten Blog untuk Pelajar. Masih bingung akan ide konten blog untuk pelajar? Usia sekolah gini asyiknya membuat postingan tentang apa sih? Buat teman-teman, eh adik-adik, gampangnya bisa dimulai dengan sudut pandang kita sendiri. Saat sedang mengakses internet, apa yang biasanya dicari? Tidak hanya pelajar, berbagai status/profesi lain di luar sana, sebenarnya punya topik kontennya masing-masing. Entah itu mereka yang adalah seorang ibu rumah tangga, pengusaha, karyawan, atau yang lainnya. Sebab semua orang butuh informasi, bukan? Mengapa kita tidak menjadi satu dari sekian banyak orang lainnya yang justru menyediakan informasi tersebut? Ya, mengelola blog dan mengisinya dengan berbagai postingan menjadi salah satu caranya.

Kalau masih juga bingung, hmm..maka adik-adik tiba di tempat yang tepat. Untuk itulah postingan ini dibuat, harapannya bisa jadi solusi bagi adik-adik- yang usia pelajar ini, agar mudah menemukan ide konten. Ngomong-ngomong, di sini tidak membahas hal teknis semacam riset kata kunci dan sebagainya ya. Benar-benar berbagi aja, dari sudut pandang kakak yang dulu pun mulai ngeblog di usia sekolah dan kini Alhamdulillah dipercaya menjadi pembimbing ekstrakurikuler blogging di Pesantren Alam Sayang Ibu, Kabupaten Lombok Barat.

Manfaat Ngeblog Bagi Seorang Pelajar

Kenapa sih masih duduk di bangku sekolah sudah repot-repot bikin blog? Akun media sosial aja malas banget deh untuk di-update. Eitt, jangan salah dan jangan disamakan dengan konten di media sosial yaa. Tahu gak sih kalau postingan di blog itu bisa terdeteksi di mesin pencari- semacam Google? Berbeda dengan konten-konten media sosial, yang baru bisa ditemukan saat kita membuka aplikasi/situs media sosial itu aja. Di samping itu, ngonten di blog pun punya banyak manfaat. Salah satunya adalah melatih kemampuan menulis, berkomunikasi dengan orang lain (saat berbalas komentar misalnya), dan sedikit banyak-sadar atau tidak-bikin kita jadi melek mengutak-atik blog.

Terlebih lagi gak ada alasan tuh pelajar zaman sekarang dalam mengakses internet, yakin banget kalau sebagian besar dari adik-adik udah pada berlangganan internet provider di rumah masing-masing, ya kan? Seperti yang kakak gunakan di sini, layanan internet provider milik Telkom Indonesia, ada yang bisa tebak?

ide konten blog untuk pelajar

Ide Konten Blog untuk Pelajar

Oke, kembali ke laptop! Pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pengusaha, siapa pun mereka, ada baiknya mulailah dengan hal yang kita sukai. Mengapa? Biar gak beban dulu tuh bikinnya. Kita melakukannya asyik-asyik aja, seperti sedang melakukan hal yang kita gemari. Misalnya nih, kita gemar bermain sepatu roda, ya sudah..buatlah konten-konten yang berkaitan dengan dunia sepatu roda. Entah itu tips belajar bagi pemula, trik agar tidak jatuh, hingga bagaimana memilih sepatu roda yang baik. Jika adik-adik masih merasa kurang ilmu akan topik tersebut, coba deh tanyakan pada mereka yang ahli (senior, pelatih, dll). Pastikan yang bersangkutan bersedia yaa untuk ditanyakan hal-hal tersebut/menjadi narasumber.

Biar gak bingung, adik-adik bisa tengok beberapa ide konten blog untuk pelajar berikut ini yaa:

Pembahasan Materi Belajar di Sekolah

Membuat catatan pelajaran dan menyelesaikan aneka soal di buku tulis, udah biasa kan? Bagaimana kalau membuatnya dalam bentuk postingan blog? Apalagi kalau ternyata adik-adik memang ahli tuh di pelajaran atau bidang studi tertentu. Wah, bisa sekalian membantu pengunjung blognya yang sulit memahami tuh. Adik-adik bisa share tips dan trik menyelesaikan soal yang rumit, bagaimana cara mudah memahami cara kerja suatu rumus misalnya, dll. Anggap saja blog tersebut jadi tempat arsip materi pelajaran yang adik-adik dapatkan di sekolah. Poin plusnya adalah, bisa jadi sumber informasi atau bahan belajar pula bagi banyak pelajar di luar sana.

ide konten blog untuk pelajar

Asyiknya Menjalani Hobi

Hobi adalah kegiatan yang gemar kita lakukan. Bisa apa saja, entah itu di bidang seni maupun olahraga. Ada yang gemar menyanyi, menari, menggambar, mewarnai, atau yang lainnya. Ada pula yang rutin berolahraga, tidak hanya untuk mencari sehatnya, tetapi karena sudah senang melakukan hal tersebut. Sampai tahap serius, banyak diantara mereka bahkan menjadi atlet. Nah, kalau adik-adik adalah salah satu dari mereka, coba deh isi blog yang dimiliki dengan sharing bagaimana asyiknya kalian menjalani hobi. Bagaimana kemudian hobi tersebut tidak hanya menjadi sesuatu yang menyenangkan, tetapi juga mampu mendatangkan uang (misalnya nih, yang berprofesi sebagai atlet dan kerap kali memenangkan kejuaraan), atau sekadar berbagi tutorial-tutorial mewarnai menggunakan crayon bagi pemula.

Coba deh diingat-ingat, perkara hobi ini, pasti adik-adik sudah biasa googling kan? Yuk ah, kita buat tulisan sendiri!

Share Pengalaman Berwisata

Biasa kan yaa membaca ulasan objek wisata, tempat makan (restoran, cafe), hotel, dan lainnya di internet? Coba deh buat versi adik-adik sendiri. Kalau sudah sering membaca tulisan orang lain, pelan-pelan adik-adik jadi belajar untuk membuat ulasan sendiri. Manfaatnya untuk diri sendiri pun ada, ya setidaknya kalian jadi punya catatan perjalanan, bukan? Punya arsip traveling sendiri. Asyik tuh untuk dibaca suatu saat nanti. Manfaat bagi pembaca, mereka jadi punya referensi, pun tambahan informasi, sebelum akhirnya memutuskan untuk ke tempat tersebut.

Tenang saja, gak perlu langsung tulis di tempat alias on the spot kok. Ini kita bukan lagi melakukan flash blogging, lagi pula gak bakal fokus juga sambil makan/liburan, sambilan ngedraft postingan blog ya kan? Nah, cukup foto-foto saat berada di sana, catat poin-poin penting yang perlu diketahui pembaca, baru deh..buat postingannya kemudian unggah ketika tiba di rumah. Gak ada alasan gak buat postingan baru sih di blog kalau sudah terpasang yang namanya IndiHome. Hahahaha. Tahu sendiri kan.. IndiHome sebagai layanan internet provider milik Telkom Indonesia ini udah jadi andalan netizen kita dalam hal mengakses internet.

Nah, jadi gak pada bingung lagi kan ya masih pelajar gini bisanya mengisi blog pribadi dengan konten apa? Semoga ide konten blog untuk pelajar di atas bisa jadi bahan adik-adik untuk membuat postingan baru lagi di blognya. Eh, atau mungkin ada yang mau menambahkan? Share di kolom komentar yaa 🙂

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment