Tentang Pentingnya Menentukan Nama Blog

nama blog

Tentang Pentingnya Menentukan Nama Blog. Selain konten, hal terpenting dari sebuah blog tentu saja adalah namanya. Pas sekali tema #BPN30dayChallenge2018 hari ketiga ini adalah tentang nama blog. Lebih tepatnya yaitu “kenapa memilih nama blog yang sekarang digunakan”. Sebenarnya saya sendiri bingung sih, nama blog yang dimaksud di sini apakah domain blog atau judul blog yang tampil di beranda? Tapi sepertinya nama blog tersebut lebih mengacu ke domain blog yang digunakan. Jadi kita bahas itu saja ya. Kalau menurut teman-teman gimana?

Flashback, Zaman Awal Memilih Nama Blog

Setiap kali membahas tentang dunia blogging, saya tidak pernah lepas dari kenangan awal-awal ngeblog. Kenapa? Karena di zaman itulah saya benar-benar blas gak tahu yang namanya blog. Sampai menentukan nama/alamat blog pun rasanya asal-asalan. Gak asal banget sih. Jadi panggilan saya itu Tutut, dan dulu lagi ngetrendnya apa-apa ditambah dengan kata “chan”. Biar kenapa ya? Mungkin biar kayak chibi maruko chan gitu hihihi. Dan jadilah teman-teman memanggil saya dengan nama Tuchan. Dari nama tersebut kemudian saya sempurnakan menjadi tuchandy (ditambah -andy, first name saya #eaa).

Baca Juga: 11 Tahun Ngeblog, Udah Bisa Ngapain aja?

Maka di awal-awal ngeblog, nama blog saya semua begitu. Tuchandy. Pastinya masih diikuti dengan domain penyedia blognya. Semua nama blog saya sama. Baik itu di multiply, blogspot, wordpress, dan beberapa tempat lain yang bahkan saya sudah lupa namanya. Gak usah di-browsing, tulisannya gak bacaable banget! Wkwkwkwk. PD banget ya saya ada yang mau blogwalking ke sana. Oh ya, tadi saya cek lagi malahan ada yang belum ada postingannya sama sekali. Wkwkwkw. Itu dulu niatnya cuma bikin akun doang apa gimana ya?

Alasan Memilih Nama Blog yang Sekarang Digunakan

Seiring bergulirnya waktu, saya pun membuat blog lagi. Gak banyak, dua saja. Satu di wordpress, dan satunya lagi yang saya gunakan sekarang ini. Oh ya, setidak saya bersyukur gak galau-galau amat mikirin nama blog. Setelah lama dengan nama tuchandy itu, nama blog saya pun menjadi andyhardiyanti. Baik di wordpress, maupun di sini. Iya, yang wordpress masih bisa kalian akses. Gak usah dibaca juga, banyak curhatnya. Hihihi.

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Saya Menulis Blog

Lalu mengapa memilih nama andyhardiyanti.com? Alasannya simple, kata suami sih biar keren pakai nama sendiri. Dulu kayaknya belum ngerti sama yang namanya personal branding gitu. Tapi emang keren sih, apalagi kalau pas pamer-pamer share postingan di media sosial. Bwahahahah. Di saat orang lain share alamat web ini itu. Kita dong, share alamat blog sendiri. Domainnya nama sendiri pula! Belakangan kemudian baru saya ngerti, pakai nama sendiri gini ternyata bagus banget. Sekarang kalau ada orang-orang yang mau cari tahu tentang saya (kepo kali ya?), maka google akan menampilkan blog ini di posisi teratas. Jadi informasinya pas kan, berasal langsung dari orang yang dimaksud. Eh ini bahasakannya gimana ya? Gitulah pokoknya.

Tentang Pentingnya Menentukan Nama Blog

Belajar dari pengalaman sendiri, saya kemudian berpikir bahwa menentukan nama blog itu penting banget. Apalagi kalau blognya mau diseriusin. Mau diurus terus, gak hanya dibikin gitu-gitu aja. Pastinya ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum kita menentukan nama blog yang akan digunakan. Karena ini berkaitan dengan gimana brandingnya, kemudahan orang mengingat alamat tersebut dan masih banyak lagi.

Lantas apa saja yang harus diperhatikan dalam menentukan sebuah nama blog. Berikut ini beberapa diantaranya. Disimak yuk!

Pakai Nama/Brand Kalian Sendiri

Dalam menentukan nama blog, ada baiknya kalau menggunakan nama/brand kalian sendiri. Nama di sini gak mesti nama asli/lengkap seperti punya saya yaa. Bisa menggunakan nama pena atau brand apa yang rencananya akan kalian angkat kedepannya. Pastinya kalian harus konsisten untuk menggunakan nama tersebut, termasuk untuk akun media sosial. Dan jangan lupa, pastikan nama tersebut unik ya!

Gunakan Nama Blog yang Mudah Diingat

Nama blog yang ribet pasti bakal susah untuk diingat, ditulis maupun diucapkan. Pengunjung blog pun akan susah untuk datang kembali ke blog kita. Lha, dianya aja bingung mesti ketik apa di kolom address bar. Tidak lain karena lupa alamat blog yang akan dikunjungi itu apa. Ujung-ujungnya, mereka mesti ngecek lagi di media sosial kita dan ngeklik alamat blog yang tersedia di sana.

Baca Juga: 5 Topik Artikel Blog yang Paling Banyak Dicari

Pengalaman sih, saya beberapa kali kalau emang lagi pengen blogwalking. Ya langsung aja ketik alamatnya di browser. Blog yang saya kunjungi pastinya yang saya ingat aja. Kalau alamat blognya macam blogmencaricintasejati.com atau kubingungmaukasihnamablogapa.com misalnya, atau di dalamnya ada paduan berbagai angka dan huruf, hadeehh..rasanya udah malas duluan mau berkunjung.

Pastikan Nama Blog yang Diinginkan Tersedia

Setelah menentukan nama yang pas untuk blog teman-teman. Jangan lupa untuk mengecek apakah nama tersebut tersedia atau tidak. Hal ini berlaku untuk blog yang sudah TLD maupun tidak. Kalau nama yang umum, sering banget udah ada yang pakai lho. Jadi jangan lupa siapkan beberapa alternatif ya, jaga-jaga jika nama yang diinginkan sudah ada pemiliknya. Yaa biar gak perlu mikir ulang aja. Hehehe

Nah, bagaimana dengan teman-teman? Menentukan nama blog yang tepat itu penting gak sih? Ceritakan juga dong kenapa kalian memilih alamat blog yang sekarang digunakan. Share di kolom komentar ya 🙂

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

2 Comments

  • Mukhsin 25 November 2018 at 11:37 am

    Pemilihan nama blog yang baik saya rasa ngefek juga ke pengunjung.

    Reply
  • Baiq Rosmala 6 December 2018 at 9:35 pm

    kalau saya nentuin nama blog itu pakai nama sendiri, karena bingung mau branding apa lagi 😀

    Reply

Leave a Comment