7 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan saat Staycation

staycation

7 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan saat Staycation. Gak terasa ya liburan semester sebentar lagi berakhir. Sepertinya jatah liburan selama 2 minggu masih kurang cukup nih. Gimana menurut bapak-bapak dan ibu-ibu? Hehehe. Ngomongin soal liburan, cerita dong udah diisi dengan kegiatan apa aja? Kalau saya pribadi, liburan semester tahun ini mainnya gak jauh dari rumah. Selain karena cuaca yang sedang tidak bersahabat, juga karena mikir waktu liburnya terlalu singkat kalau harus ke luar kota. Yups, maka diputuskanlah untuk staycation.

Iya, staycation. Booking hotel dan kemudian menghabiskan waktu di sana. Kalau kata orang sih, cuma pindah tempat tidur dan kamar mandi doang. Tapi kalau kata saya sih nggak, soalnya banyak hal seru yang bisa dilakukan saat staycation. Ya kecuali kalian kerjanya bobo dan mandi doang pas ke sana #eh. Oh ya, saya bersyukur banget tinggal di Lombok soalnya orang-orang di luar sana banyak yang pengen ke Lombok. Wkwkwkw. Pemandangan alam di Lombok ini emang juara! Alhamdulillah sebagai yang tinggal di sini, kami gak perlu jauh-jauh untuk melihat itu semua. Pantai yang cantik, gradasi birunya laut dan langit yang apik, hijaunya deretan pohon kelapa dan perbukitan…aih komplit deh!

Baca Juga: Kerujuk, Kampung Ekowisata di Lombok Utara

Nah, berkaitan dengan staycation tadi…di Lombok pun kalian bakal bingung untuk urusan pilih-pilih hotel. Soalnya ada banyak banget pilihan dan pastinya semuanya bagus. Apapun itu, kalau memang tujuannya untuk staycation bareng keluarga sebaiknya cari hotel yang paling lengkap fasilitasnya! Dan ya, pastinya kenyamanan jadi yang paling utama.

7 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan saat Staycation

Kenapa harus memilih hotel yang nyaman dengan fasilitas lengkap? Karena sebagai orangtua, kita pasti bakal merencanakan liburan yang seru bersama si kecil bukan? Liburan yang berkesan, yang diisi dengan aneka kegiatan seru yang menyenangkan. Staycation di hotel tidak perlu menghabiskan waktu yang lama. Cukup dengan satu atau dua malam saja, jika diisi dengan kegiatan seru, pasti akan dirasa asyik oleh si kecil. Lalu, apa saja kegiatan yang bisa dilakukan bersama si kecil saat staycation? Disimak yuk!

staycation

1. Berenang dan Bermain Air Bersama

Saya rasa ini yang paling sering dicari anak-anak saat staycation di hotel. Apa lagi kalau bukan menghabiskan waktu dengan berenang atau sekadar bermain air? Nah, biasanya kan yang turun ke kolam renang itu hanya si anak. Jika didampingi pun kadang hanya dengan ayah atau ibu saja. Pengalaman saya sih, pasti ada salah satu dari orangtua yang tetap stay di luar kolam untuk membilas si kecil.

Baca Juga: Kolam Renang di Lombok yang Ramah Anak? Ini Dia 5 Pilihannya!

Untuk staycation kali ini, mengapa tidak semuanya turun ke kolam renang? Berenang dan bermain air bersama ayah dan ibu pasti menjadi hal yang seru. Tidak apalah minim dokumentasi, tidak ada instastory dan sejenisnya. Bukankah kebersamaan yang utama? Jadi, yuk lakukan hal menyenangkan yang satu ini. Berada di dalam kolam renang bersama si kecil.

staycation

2. Jogging Tipis-Tipis

Bwahahaha ini bahasanya gimana sih? Ya jalan-jalan bareng lah maksudnya. Biasanya di hotel-hotel gitu (eh resort) disediakan jogging track alias jalur untuk jogging. Misal lagi gak jelas di kamar, coba deh jalan-jalan keliling hotel bareng si kecil. Sekadar melihat suasana hotel, makin asyik kalau lokasinya di pinggir pantai atau di pegunungan. Bisa sambil menghirup udara segar dan menikmati suasana pantai/gunung tuh. Saat jalan bersama, bisa diisi dengan obrolan-obrolan ringan/mendengarkan celotehan si kecil. Oh ya, berhenti sebentar untuk berfoto juga gak ada salahnya.

staycation

3. Menikmati Momen Makan Bersama

Coba deh diingat-ingat, kapan terakhir kali teman-teman duduk makan bersama? Kalau di rumah rasanya jarang banget kan? Dengan kesibukan masing-masing, maka waktu makan pun disesuaikan berdasarkan siapa yang lebih dulu lapar. Wkkwkwk. Masih ada kerjaan? Pasti deh makannya ntaran. Saat staycation gitu, momen makan bersama bisa jadi kegiatan seru juga lho. Biar makin seru, pastikan hp masing-masing sudah diamankan ya. Fokus dengan keluarga yang sedang duduk makan bersama. Sekali-kali kerjaannya di-silent dulu. Ya gak?

staycation

4. Menanti Matahari Terbenam

Saat melakukan staycation di hotel/resort tepi pantai, hal yang paling dinanti adalah sunset. Ya, momen matahari terbenam ini selalu menjadi idola. Entah dengan cara duduk-duduk sambil mengagumi betapa indah ciptaan-Nya, atau sambil memotret panorama jingganya sang surya. Saat bersama si kecil, momen menanti sunset pun bisa menjadi hal yang seru. Percayalah, mereka akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tak terduga. Pastikan kita tahu memberikan jawaban seperti apa ya. Karena setiap momen, termasuk saat menanti matahari terbenam, bisa menjadi waktu belajar bagi mereka.

staycation

5. Manfaatkan Fasilitas Kids Club

Hotel yang biasanya digunakan sebagai tempat liburan keluarga umumnya memiliki fasilitas kids club. Kalau si kecil sudah mulai bosan dengan kegiatan lainnya, coba deh ajak ke sana. Di sana mereka bisa bermain dan belajar. Dalam sebuah kids club tersedia aneka permainan juga berbagai sarana belajar yang menyenangkan. Saat musim liburan seperti ini, bisa dipastikan kids club bakal ramai. Nah dengan begitu si kecil akan bersosialisasi dengan teman-teman barunya. Ya mungkin mereka bosan juga mainnya bareng ayah ibu aja hehehe.

Baca Juga: Liburan Asyik Bersama Keluarga di Kila Senggigi Beach Lombok

Lain halnya saat bukan musim liburan, bahkan saat weekdays. Bisa jadi teman bermain si kecil malah sama mbak-mbak staf hotel seperti gambar di atas. Kalau udah begitu, ayah ibu ikutan bermain juga ya. Biar suasananya lebih ramai.

staycation

6. Asyiknya Bermain Peran

Setiap kali staycation, anak saya tidak pernah lupa membawa boneka kesayangannya. Nah, boneka ini biasanya dia mainkan saat sudah berada di kamar. Ya kalau sudah tidak kemana-mana lagi. Semacam bermain peran gitu. Dia senang sekali mendongeng menggunakan boneka kesayangannya. Lalu kami orangtuanya diminta menyimak. Begitu pula sebaliknya. Tidak hanya saat staycation, ketika di rumah pun si sulung kami melakukan hal yang sama. Tapi mungkin biar suasananya berbeda, maka saat staycation si boneka pun tak ketinggalan diajak.

Oh ya, ada yang anak perempuannya begitu juga gak?

staycation

7. Menikmati Momen atau Mengabadikannya?

Saat staycation kalian masuk tim mana? Tim menikmati momen atau mengabadikannya dalam berkali-kali pemotretan gambar? Tim manapun kalian, pastikan semua anggota keluarga merasa senang dengan liburannya ya. Saya pribadi sih senang memotret keseruan anak-anak. Tapi setelah dipikir-pikir, mereka kadang tidak begitu suka kalau terlalu sering difoto. Maka belakangan ini, sayapun gak begitu fokus pegang kamera. Bermain, guling-guling di kasur bareng mereka adalah yang utama. Yups, saya memilih untuk menikmati momen. Dengan satu dua kali mengabadikannya ke dalam foto tentunya…hehehe. Teteup yahh~

Staycation itu Mahal? Ah, Tidak Juga

Setiap kali melihat update-an media sosial saya yang sedang staycation, ada saja teman/keluarga yang berkomentar. Dimana pada intinya sebagian besar dari mereka masih menganggap bahwa staycation itu mahal. Kalau dulu sih iyaa, saya pun mengakui. Kalau sekarang? Bwahahahaha. Pintar-pintarnya kita aja. Ya soalnya promo hotel tuh bertebaran di mana-mana. Salah satu yang jadi favorit saya adalah aplikasi Pegipegi. Booking hotel jadi gampang dan murah banget pakai aplikasi ini.

staycation

Kenapa saya bilang gitu? Karena di aplikasi Pegipegi ada banyak banget promo menarik. Oh ya, fiturnya pun lengkap banget. Cuss cobain deh aplikasinya!

Karena libur semester si kecil ntar lagi udah kelar, saya milih liburan yang dekat-dekat aja. Kali ini Senggigi jadi pilihan kami. Untuk jadwal check in di tanggal 27 Desember 2018 besok, kami dikasih sejumlah list hotel. Perhatikan deh, Kila Senggigi Beach Lombok dengan rating 9.1 harganya 1juta-an! Worth it sih menurut saya. Soalnya lokasinya pas banget di Pantai Senggigi. Beneran pas, gak pakai jalan jauh segala. Belum lagi hotel tersebut terkenal banget dengan hospitalitynya. Plus lagi, meski udah berumur banget…kualitas hotelnya tetap terjaga.

staycation

Dan kabar baiknya adalah seperti yang saya bilang tadi. Pegipegi tuh doyan banget kasih promo. Lihat kan tadi saya udah dapat harga spesial dari deals appnya? Nah, dari harga yang ditampilkan tersebut saya bisa dapat diskon lagi. Yaitu diskon dari promo GEMPITA. GEMPITA alias Gemerlap Promo Akhir Tahun. Untuk promo GEMPITA sendiri, saya bisa mendapatkan diskon kamar hotel hingga 1,2juta. Dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Kupon diskon 12% diberikan untuk transaksi minimum 700ribu
  • Kupon diskon 10% diberikan untuk transaksi minimum 400ribu
  • Kupon diskon 7% berlaku tanpa transaksi minimum

Gimana? Lumayan banget kan itu diskonnya. Pastinya gak cuma promo diskon hotel dong, ada promo tiket pesawat dan yang lainnya juga. Wuihhh..gak susah deh kalau mau booking hotel murah.

Jadi gimana teman-teman? Ada yang berencana mengisi waktu liburan dengan staycation di hotel bersama keluarga? Bagaimana pun cara mengisi liburannya, pastikan teman-teman menikmatinya ya!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

26 Comments

  • Bang Dzul 2 January 2019 at 11:27 am

    klo staycation sy cari yg ada kolam renangnya buat anak-anak main air hehehe

    Reply
  • GoTravelly.com 9 January 2019 at 10:41 am

    Lumayan ya di Pegi pegi dapat banyak diskon, bisa sering sering staycation sama keluarga.

    Reply
  • emakmbolang.com 9 January 2019 at 11:13 am

    Aku kalau staycation sama anak , mikirnya cuman 1….HARUS ada Kolam renang. Bakalan renang seharin dia dan lupa sama gadgetnya. Sama semua kegiatan ditas untuk staycation kecuali joging tipis tipis. hehehe

    Reply
  • Mbak Avy 10 January 2019 at 9:26 pm

    seru banget apalagi kalau bareng keluarga
    staycation di resort pinggir pantai tambah keren tuh

    Reply
  • Reni 11 January 2019 at 12:34 pm

    Staycation bareng keluarga memang menyenangkan, cari suasana baru itu penting agar otak bisa refresh ๐Ÿ˜Š

    Reply
  • Oni 11 January 2019 at 3:44 pm

    Wahhh betull sekalii, saat staycation banyak banget tuh hal yang bisa dilakukan, kalau aku favorit saat staycation ituu berenang, spa & fitness. Hihiiui salam hotel reviewer kak

    Reply
  • Dian Restu Agustina 11 January 2019 at 8:39 pm

    Kalau dulu anak masih balita kalau staycation yang dicari ada kids zone enggak..kalau sekarang dah gedean, ada swimming pool enggak…Soalnya itu tujuan mereka nginep di hotel..berenaaang! ๐Ÿ™‚

    Reply
  • Farhati 12 January 2019 at 12:04 pm

    Kalau aku staycation biasanya cari hotel yang ada kolam renang, resort di pinggir pantai sambil bobo cantik

    Kl punya anak gampang tinggal cari kids zone aja ya mbaak

    Reply
  • Evi indrawanto 12 January 2019 at 2:12 pm

    Kalau staycation dan hotel atau tempat menginap nya bisa melihat Sunset atau sunrise, bisa dipastikan yang paling saya incar adalah saat tersebut. Menikmati makan bersama keluarga juga asik sih ๐Ÿ‘

    Reply
  • Okti Li 12 January 2019 at 11:41 pm

    Biasanya kami full istirahat saja. Namanya juga menikmati lokasi hahaha.. paling yang dinanti saat makan kali ya. Intip ada menu aneh atau khas gak. Hehehe

    Reply
  • Uli 13 January 2019 at 8:54 am

    Iya banyak aktifitas yg bs dilakukan kalo aku pasti nyobain massage and sauna hene

    Reply
  • Sara Neyrhiza | neyrhiza.com 13 January 2019 at 10:29 am

    saya kalau nyari hotel untuk staycation memang wajib ada kolam renang. Jadi nggak rugi..bisa main2 air lebih puas

    Reply
  • Inna Riana 13 January 2019 at 8:34 pm

    kangen staycation ama keluarga. bawa anak2 emang ga jauh2 dari berenang n main di playground ya ๐Ÿ˜€

    Reply
  • Ophi Ziadah 14 January 2019 at 4:50 pm

    sm mba andi…aku wajib cek kolam renang klo mau stay cation,
    paling aman anak2 bs main air atau ada play ground deh…
    maunya orang tua istirahat aja tp anak2 kan bosenan

    Reply
  • Mugniar 14 January 2019 at 6:10 pm

    Staycation ndak mahal asalkan ada yang mau nawarin gratis hehehe.
    Asyik ya ada 7 kegiatan ini yang bisa dilakukan, mamaknya Rani kreatiff ๐Ÿ™‚

    Reply
  • Jalan-Jalan KeNai 15 January 2019 at 12:42 am

    Waktu anak saya masih kecil, dia punya teddy bear kesayangan. Ke mana-mana ya ngikut itu teddy bear ๐Ÿ˜€

    Reply
  • Damar Aisyah 15 January 2019 at 7:15 am

    Kalau benar-benar staycation aku belum pernah sih. Karena kata suamiku kalau mau males-malesan di rumah aja, *CapekDeh. Tapi kalau pas nginap di hotel emang biasanya selalu berenang, kemudian makan bareng sambil ngobrol agak lama. Nah, kalau anak-anakku paling hobi mandi karena kamar mandinya bagus, wkwkwkw

    Reply
  • Cindy Vania 15 January 2019 at 8:46 am

    Thats why kalau staycation aku pilih yg ada kolamnya dan sekalian pesen makan. Jadi mamanya bisa santai2 ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Joging tipis2 kudu book tempat yg gede yaa.. Tp jarang ada yg gitu di sini

    Reply
  • Evi Fadliah 15 January 2019 at 5:43 pm

    Stayaction pun bisa jadi serru gini ya Mba. Pernah ngerasain keseruan itu semua bareng sama teman2, kepengen juga stayaction bareng sama anak2.

    Langsung dech kepoin pegipegi, siapa tau dapet diskon yang menarik!

    Reply
  • CeritaIbun 16 January 2019 at 7:37 am

    Seperti pemikiran suami: ngapain sih nginep di hotel/penginapan kalau cuma pindah bobok doang? Dia perlu baca ini biar ngerti

    Reply
  • Anissa Putri 16 January 2019 at 4:32 pm

    Pegi pegi banyak diskon ya.. Jadi pengen coba liburan dengan pegi pegi. Tapi lagi ngatur keuangan dulu nih

    Reply
  • Liswanti 17 January 2019 at 1:53 am

    Udah lama banget ga staycation. Cari hotel di Pegipegi lengkap banget ya, dan suka banyak diskonan.

    Reply
  • Visya 17 January 2019 at 2:18 pm

    Lgbhits banget ya staycation ini mbaa. Boleh dicoba pankapan di kota sendiri deeh. Biar ga habis di jalan waktunya hehe.

    Reply
  • Riri Restiani 17 January 2019 at 5:23 pm

    Staycation solusi banget mau liburan tapi cuti udah keburu abis, hehe

    Reply
  • icha afriza 18 January 2019 at 9:21 am

    itu yang saya rasakan juga mba, enak ya yang tinggal di Lombok *dalam hati* soalnya disana emang tempat wisata, dan kita yang tinggal di Makassar ini kalau ke sana mesti hitung budget selain hotel hehehehe.. Hotelnya juga bagus banget, apalagi dengan nilai 9.1 itu

    Reply
  • Amanda ratih 19 January 2019 at 11:48 am

    Aku juga sering bngt mba staycation haha.. tp ga pernah kepikiran begini, paling foto2 buat review atau berenang

    Reply

Leave a Comment