Rekomendasi Tempat Wisata dan Hotel di Malioboro - Blognya Andy Hardiyanti

Rekomendasi Tempat Wisata dan Hotel di Malioboro

hotel di malioboro

sumber: wikipedia

Rekomendasi Tempat Wisata dan Hotel di Malioboro. Tidak heran kalau selama ini banyak orang yang mengatakan Jogja Istimewa. Sebab nyatanya memang istimewa. Sebagian besar traveler yang pernah ke sana, rasanya selalu ingin lagi dan lagi berkunjung. Bagaimana tidak, semua jenis wisata yang kita inginkan bisa ditemukan di Jogja. Mulai dari wisata budaya, alam, kuliner dan lainnya. Belum lagi destinasi tersebut terkenal akan keramahan masyarakatnya. Aih, benar-benar istimewa pokonya!

Salah satu destinasi wisata yang terkenal di Yogyakarta adalah Jalan Malioboro. Sebenarnya Malioboro merupakan merupakan kawasan atau kumpulan dari tiga jalan yakni: Jalan Margo Utomo, Malioboro, dan Margo Mulyo. Kawasan jalan itu membentang dari Tugu Yogyakarta hingga Kantor Pos Yogyakarta. Di dekat Jalan Malioboro sendiri terdapat banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi. Akan tetapi, jalan tersebut lebih dikenal dengan wujud keramahannya masyarakat Jogja. Dimana di sana dengan mudahnya bisa kita temukan para pedagang kaki lima, warung gudeg, hingga para seniman (pemusik, pantomim, pelukis dan lainnya).

Baca Juga: Rencana Liburan ke Jogja dan Tentang Menuntaskan Rasa Penasaran

Rekomendasi Tempat Wisata dan Hotel di Malioboro

Teman-teman ada yang berencana menghabiskan liburan di Jogja dalam waktu dekat ini? Masih bingung akan mengunjungi destinasi wisata apa saja di Jogja? Yuk simak rekomendasi tempat wisata di sekitar Jalan Malioboro. Yups, gak perlu jauh-jauh…cukup ke Malioboro dan kalian bisa menemukan objek wisata keren tidak jauh dari sana. Penasaran? Simak terus artikelnya ya..

Tempat Wisata di dekat Jalan Malioboro

Wisatawan itu punya cara tersendiri saat menikmati suatu objek wisata. Biasanya, ada yang suka fokus pada satu titik/tempat. Dalam sehari, bisa jadi dia hanya berdiam diri di sana. Waktunya benar-benar digunakan untuk merasakan kenikmatan atau ketenangan di satu objek wisata. Sementara ada pula yang lebih suka “sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”. Ya, wisatawan jenis ini umumnya senang mendatangi banyak tempat sekaligus. Singkatnya, dia enggan killing time di satu tempat.

Lantas apa hubungannya dua jenis wisatawan tadi dengan pembahasan berikut? Jenis wisatawan yang terakhir saya jelaskan, tepat sekali jika diajak eksplor Jalan Malioboro. Mengapa? Seperti yang saya jelaskan tadi, dengan jaraknya yang dekat maka sangat memungkinkan untuk mendatangi sejumlah objek wisata sekaligus. Jadi bagi teman-teman yang ingin berwisata di Jalan Malioboro, berikut rekomendasi tempat wisata yang bisa kalian datangi:

  • Taman Pintar Jogja. Ngetrip bareng keluarga ke Jogja? Jangan sampai deh gak ke Taman Pintar! Tempat wisata yang satu ini memang mengusung konsep wisata edukasi. Dimana konsepnya emang pas banget buat keluarga (ayah, ibu dan anak). Lokasinya sendiri berada di 200 meter bagian selatan titik nol kilometer. Gak jauh kan tuh dari Jalan Malioboro?
  • Alun Alun Utara Jogja. Yaa samalah dengan alun alun kota pada umumnya. Di sana terdapat sejumlah penjual makanan dan minuman (terutama gudeg), tempat ngopi berdesai ruang luar yang unik, dan masih banyak lagi. Layaknya Taman Pintar tadi, Alun Alun Utara Jogja pun berada di selatan Jalan Malioboro. Lebih tepatnya, berjarak 500M selatan titik nol kilometer.
  • Pasar Beringharjo. Pasar ini udah terkenal banget bagi para pencari kain dan aneka kerajinan khas Yogyakarta. Bagaimana tidak, selain koleksinya yang lengkap juga harganya tentu jauh lebih hemat. Lumayan kan kalau mau belanja oleh-oleh kain batik buat keluarga atau kerabat di kampung halaman. Lokasinya terletak di Jalan Margo Mulyo No.16. Seperti yang saya jelaskan di awal tulisan, bahwa Jalan Margo Mulyo termasuk ke dalam Kawasan Malioboro. Dekat kan ya? Iya dong!

Baca Juga: Melihat Karya Sang Maestro dan Menginap di Hotel Mewahnya Yogyakarta

Selain tiga contoh di atas, masih ada juga Tamansari, Alun Alun Kidul, Museum Sonobudoyo, Kebun Binatang Gembira Loka dan masih banyak lagi. Semuanya berada gak jauh dari kawasan Jalan Malioboro. Kalaupun sampai berkilo-kilo meter, ya setidaknya gak perlu khawatir dengan macetnya macam di ibukota. Insya Allah, bisa ditempuh dalam waktu yang cepat kok.

Hotel di Malioboro, Berikut Beberapa Pilihannya

Setiap kali berlibur, kalian pilih menginap di akomodasi seperti apa? Yang terletak di tengah atau pinggiran kota? Kalau saya sih lebih memilih yang berada di tengah kota. Mengapa? Biar gak repot aja kalau tiba-tiba butuh sesuatu. Misalnya mau makan di luar hotel atau membeli obat penurun demam kala si kecil tidak enak badan di perjalanan. Kebayang kan gimana repotnya kalau hotel tempat kita menginap berada jauh dari keramaian. Jalan Malioboro memang udah terkenal ya berada tepat di pusat kota Yogyakarta. Sekarang yang jadi PR adalah hotel di Malioboro yang recommended itu di mana aja sih?

hotel di malioboro

hotel di malioboro

Untuk lebih menghemat waktu, sebelum traveling saya biasanya cari info hotel dulu di PegiPegi. Bisa lewat halaman website maupun aplikasinya. Cukup masukkan kata ‘Malioboro’ di kolom nama lokasi atau hotel tujuan, maka nantinya akan muncul daftar nama hotel di sana. Enaknya nih, kita bisa memilih hotel berdasarkan kategori-kategori tertentu. Mulai dari hotel yang direkomendasikan, hotel dengan harga termurah hingga termahal, serta hotel yang paling banyak diulas (review).

Dari hasil pencarian saya, saya dapatkan sejumlah nama hotel berdasarkan rekomendasi PegiPegi. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Hotel Melia Purosani
  • Hotel Puspo Nugroho Malioboro
  • Hotel Batik Yogyakarta
  • Hotel Bladok n Restaurant

Serta sejumlah nama hotel lainnya. Jika dari daftar hotel di atas ada yang menurut teman-teman harganya kemahalan, maka ganti saja pencariannya untuk harga hotel murah di Malioboro. Tinggal ganti di menu pilihan ‘urutkan’ yang berada di bagian kanan atas daftar hotel. Mudah bukan?

Bagaimana teman-teman, sudah ada rencana traveling ke Jogja? Semoga postingan tentang rekomendasi tempat wisata dan hotel di Malioboro ini cukup membantu ya.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

1 Comment

  • Duniaqtoy 30 July 2019 at 9:37 am

    terakhir ke malioboro tuh kalo ga salah aku mau masuk kuliah. Ya ampun dah lama banget. Sempet jalan ke beringharjo pas itu. Sekarang sama suami malah ga pernah kesana, males katanya macet

    Reply

Leave a Comment