Aplikasi Kasir, Wujudkan Usaha Kuliner yang Lebih Profesional - Blognya Andy Hardiyanti

Aplikasi Kasir, Wujudkan Usaha Kuliner yang Lebih Profesional

aplikasi kasir

Aplikasi Kasir, Wujudkan Usaha Kuliner yang Lebih Profesional. Layanan ojek online memang belum lama masuk di kota Mataram. Kalau tidak salah ingat, sepertinya baru 1 hingga 2 tahun belakangan ini. Tapi jangan salah, pengaruh yang ditimbulkannya pun cukup besar. Mulai dari semakin terbiasanya kita dengan gaya hidup cashless, hingga kian berkembangnya berbagai usaha kuliner. Ya, semakin hari semakin bertambah saja orang yang berjualan makanan. Entah itu yang sangat sederhana hanya menggunakan gerobak tua, hingga yang skala restoran mewah. Semuanya bisa dijangkau dengan adanya teknologi seperti sekarang. Tidak hanya kemudahan memesan makanan, tetapi juga siapa sangka UMKM kuliner kini semakin profesional? Berikut cerita singkat dari saya.

Suatu malam di kala hujan, seperti biasa kok kompakan dengan datangnya rasa lapar. Hujan begini paling cocok sih menyantap bakso dengan kuah panasnya. Tetapi yang terbayang malah menyantap sate kambing, tidak lupa ditambah beberapa potong lontong. Alam bawah sadar saya (tsahh) langsung menginstruksikan untuk memegang hp, dilanjutkan memesan sate kambing di sebuah warung sate langganan selama ini. Usai mendapatkan driver, maka tindakan lain yang bisa saya lakukan hanyalah berdoa agar pesanan segera sampai. Tidak butuh waktu lama, sate kambing pesanan saya pun tiba di rumah.

Aplikasi Kasir, Wujudkan Usaha Kuliner yang Lebih Profesional

Tidak seperti biasa, ada yang berbeda di dalam kantong kresek berisi pesanan saya tersebut. Ya, di dalamnya terdapat selembar kertas putih dengan bahan licin serupa struk belanja. Padahal seingat saya, catatan transaksi di warung itu biasanya hanya dicatat pada selembar kertas nota sederhana. Lagipula warung sate langganan saya tergolong warung sederhana. Hanya bermodal gerobak tua dengan tempat makan seadanya. Ah, masa iya sih sekarang sudah pakai struk dengan bahan sekelas restoran? Kalaupun benar, terus mesin kasir yang ukurannya lumayan besar itu ditaruh di mana ya? Untuk sementara waktu, begitulah pertanyaan-pertanyaan yang saya lontarkan ke diri sendiri. Jawabannya, jelas belum ada.

Sampai akhirnya di suatu kesempatan, saya membeli sate kambing tersebut langsung di warungnya. Kebetulan sedang di luar dan hendak membawa pulang lauk untuk disantap di rumah. Betapa takjubnya saya ketika melihat usaha kuliner yang terbilang sederhana itu sudah memanfaatkan aplikasi kasir untuk setiap transaksinya. Oh ya, mesin kasir yang digunakannya pun cukup praktis. Ukurannya tidak sebesar yang saya bayangkan, sehingga tidak masalah kalau ia tempatkan di gerobak satenya. Di salah satu sisi mesin kasirnya, saya lihat tulisan SPOTS. Aih, terjawab sudah penasaran saya selama ini.

aplikasi kasir

SPOTS, Aplikasi Kasir Untuk Menghemat Waktu dan Uang

Bayangan saya dulu, hanya usaha-usaha besar yang bisa menggunakan aplikasi kasir untuk mencatat semua transaksinya. Wajar saja, sebab biaya yang dikeluarkan untuk menyediakan peralatan tersebut tentunya cukup besar. Usaha yang tergolong UMKM mungkin akan berpikir-pikir dahulu. Meski sangat bermanfaat, mereka pasti akan kembali memperhitungkan apakah wajar jika dana yang ada diperuntukkan ke hal tersebut. Sebab lagi-lagi, dana mereka masih terbatas. Sehari-harinya bisa jadi, modal yang diputar masih itu-itu saja.

Baca Juga: Sehari Penuh Inspirasi Bersama UKM Kuliner Binaan LPB Mataram

SPOTS kemudian hadir membawa angin segar bagi para pelaku UMKM di Indonesia, khususnya di bidang kuliner. Mengapa? Karena dengan adanya SPOTS, usaha yang tergolong mikro sekalipun bisa memiliki aplikasi kasir profesional. Dimana aplikasi yang satu ini dapat menghemat waktu dan uang, dengan mengotomatisasi banyak tugas penjualan sehari-hari. SPOTS dapat mencatat seluruh transaksi layaknya yang dilakukan aplikasi dan mesin kasir usaha-usaha besar pada umumnya. Menarik bukan?

Mengenal Lebih Jauh, Apa itu SPOTS?

Berbicara mengenai aplikasi kasir, SPOTS mungkin terbilang baru dibanding lainnya. Ia barulah hadir beberapa waktu belakangan ini. Namun siapa sangka, sangat membantu terwujudnya usaha kuliner yang lebih profesional. Sebenarnya SPOTS itu apa sih? Yuk kenali lebih jauh lewat postingan berikut.

Buat teman-teman yang belum tahu, SPOTS merupakan perangkat multifungsi dari GOJEK. Pastinya sudah gak asing kan ya sama yang namanya GOJEK? Perusahan transportasi online yang namanya sudah dikenal luas di Indonesia. Nah, kembali lagi.. Jadi SPOTS ini persembahan dari GOJEK untuk memenuhi semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Singkatnya, melalui aplikasi kasir tersebut para pelaku UMKM dapat melakukan banyak hal. Mulai dari menerima pesanan GO-FOOD, melakukan transaksi pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran. Termasuk juga mencetak resi atau bukti transaksi secara instan. Komplit banget kan?

Baca Juga: #UninstallKhawatir, Bikin Perjalanan Bersama GOJEK Jadi Lebih Terasa Aman

aplikasi kasir

Fitur Aplikasi Kasir SPOTS

Kehadiran SPOTS tentu saja dapat membantu terwujudnya usaha kuliner yang lebih profesional. Dimana warung-warung pinggir jalan yang dulunya hanya mencatat transaksi secara sederhana pada secarik nota. Kini mampu membuat segalanya terotomatisasi dengan sebuat aplikasi kasir praktis bernama SPOTS. Sebenarnya bagaimana sih cara kerja SPOTS sehingga mampu menunjang operasional para pelaku UMKM di Indonesia? Yuk simak fitur SPOTS berikut:

Pengaturan Menu

Aplikasi kasir SPOTS memungkinkan kita mengisi menu makanan/minuman, baik secara manual maupun impor dari GO-FOOD. Selain itu, kita juga dapat melakukan pengaturan jumlah, foto, harga, serta kategori menu sesuai kebutuhan.

Menerima Pesanan GO-FOOD

Jika kita sudah terdaftar sebagai partner GO-FOOD, maka fitur ini bisa kita dapatkan. Dimana akan ada notifikasi secara real time setiap kali ada pesanan dari GO-FOOD.

Menerima Pembayaran GO-PAY

Fitur ini memungkinkan para pelanggannya untuk melakukan pembayaran dalam bentuk GO-PAY. Cukup scan kode QR dan dana yang dibayarkan akan langsung masuk ke akun GO-PAY penjual. Praktis bukan?

Merangkum Beragam Tipe Pembayaran

Meski merupakan partner GOJEK, namun SPOTS juga dapat mencatat dan mengetahui tipe pembayaran lainnya yang sering digunakan pelanggan. Tidak hanya metode pembayaran GO-PAY saja.

Mencetak Resi Secara Instan

Meski berukuran kecil, perangkat sudah dilengkapi dengan printer. Sehingga tidak memerlukan mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi.

Mendapatkan Laporan Harian

Usaha kuliner para pelaku UMKM pun semakin profesional karena laporan harian tercatat dengan baik. SPOTS memungkinkan kita memonitor perkembangan omzet melalui rekap laporan. Rekapan tersebut dapat dipantau lewat aplikasi maupun email yang dikirim setiap hari.

Cara Mendapatkan Aplikasi Kasir SPOTS

Keunggulan mesin dan aplikasi kasir SPOTS adalah karena praktis (berukuran kecil sehingga tidak makan tempat) serta hemat biaya. Ya, perangkatnya yang berukuran kecil ini bisa ditempatkan di mana saja. Sangat praktis. Lantas, berapa biaya yang harus disiapkan untuk mendapatkan aplikasi kasir SPOTS? Tentunya sangat terjangkau, sebab pemilik usaha kecil pun bisa mendapatkannya.

Adapun biaya yang harus dikeluarkan yaitu biaya pendaftaran dan pemeliharaan. Dengan rincian sebagai berikut:

  • Biaya pendaftaran sebesar Rp290,000,-
  • Biaya pemeliharaan sebesar Rp2,900,- per hari

Dengan biaya tersebut, pengguna bisa langsung mendapatkan perangkat yang sudah dilengkapi dengan printer resi. Sehingga tidak perlu membeli perangkat terpisah.

Sejumlah pelaku UMKM, terutama yang sudah menjadi partner GO-FOOD pun mengaku puas dan sangat terbantu dengan adanya SPOTS ini. Salah satunya yaitu Hilmy Fauzy, pemilik usaha Thaiyo booth 18, Warakas. Dia merasa sangat terbantu dengan adanya fitur pembukuan otomatis. Dimana jumlah rupiah dan item sudah tercatat dengan jelas, sehingga tidak dibutuhkan pembukuan manual lagi. Selain itu, tim CS SPOTS juga sigal melakukan follow up jika terjadi kendala para perangkat.

Bagaimana dengan teman-teman pemilik usaha kuliner lainnya? Yuk wujudkan usaha kuliner yang lebih profesional dengan memanfaatkan aplikasi kasir SPOTS.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

8 Comments

  • tari 8 May 2019 at 5:54 pm

    Kereeeen, sekarang banyak banget aplikasi mesin kasir dan memang menurutku worth it karena kadang-kadang kita gak bawa cash dan butuh bayar pake aplikasi. Naaah, buat yang mau bisnis event to event juga cocok banget pake mesin kasir ini karena gampang dibawa kemana-mana

    Reply
  • lia djabir 9 May 2019 at 5:50 pm

    senang yaa sekarang pengusaha ukm bisa lebih mudah dalam mencatat pemasukannya. untuk pengunjugpun lebih enak karena bisa bayar pake aplikasi

    Reply
  • Mugniar 9 May 2019 at 8:32 pm

    Tempat makan bermodal gerobak tua dengan tempat makan seadanya sudah pakai SPOTS? WOW kesadarannya luar biasa ya

    Reply
  • Rudi G. Aswan 9 May 2019 at 11:45 pm

    Harganya terjangkau, tapi fiturnya lengkap banget. Pilihan banget nih buat jadi solusi pengusaha kuliner berbagai ukuran agar usaha maju tanpa pusing mikir pembukuan. SPOTS keren karena segala bentuk pembayaran bisa tercatat! Gojek ga ada matinya ya, inovatif banget.

    Reply
  • magfiratul istiqamah 10 May 2019 at 12:15 am

    sekarang semua elemen kehidupan betul2 menyesuaikan sm perubahan teknologi yg makin kesini makin fleksibel di kak, aplikasi kasir ini menurutku sangat cocok di era yg menuju cashless seperti sekarang, keren keren tawwa

    Reply
  • Siska Dwyta 10 May 2019 at 12:25 pm

    Keren ya teknologi zaman sekarang mbak. Makin canggih dan tentunya makin memudahkan kita, juga untuk para pelaku UMKM. Seperti dengan hadinya aplikasi SPOTS ini, para pedagang nggak perlu rempong lagi mencataf keuangan atau menulis nota secara manual.

    Reply
  • Mydaypack 10 May 2019 at 12:46 pm

    Ini ulasan yg sama dengan artikel sblmnya yg saya baca yah, turunannya si gojek. Cukup bermanfaat sih jd kalau lupa dompet gpp

    Reply
  • Monica Anggen 23 May 2019 at 6:58 pm

    Pokoknya ketinggalan dompet selama bawa hape mah masih aman ya, asalkan saldo nontunai di hape ada. Masalahnya, belum semua pengusaha kuliner pakai aplikasi ini nih, jadi kalau mau beli makan mesti pilih-pilih dulu mana yang udah pakai SPOTS

    Reply

Leave a Comment