Caca Garden Cafe, Tempat Makan di Lombok dengan Konsep Berbeda - Blognya Andy Hardiyanti

Caca Garden Cafe, Tempat Makan di Lombok dengan Konsep Berbeda

caca garden cafe

Caca Garden Cafe, Tempat Makan di Lombok dengan Konsep Berbeda. Seperti di daerah lainnya, Lombok khususnya Mataram sedang ramai-ramainya dengan aneka usaha kuliner. Sayangnya, sebagian besar hanya heboh di awal lalu perlahan semakin hari semakin sepi. Apa penyebabnya? Banyak. Beberapa diantaranya yaitu kualitas menu yang tidak terjaga, berkurangnya kenyamanan dan masih banyak lagi. Tapi tidak dengan tempat yang satu ini, ya setidaknya saya optimis dia akan terus tumbuh. Mengapa? Mungkin karena sudah terkenal kualitas makanannya, pun karena cafe di Lombok yang baru buka tersebut memiliki konsep berbeda. Seperti apa sih? Simak yuk postingan berikut.

Caca Garden Cafe, Tempat Makan di Lombok dengan Konsep Berbeda

Cafe di Lombok ini pertama kali beroperasi pada 17 Agustus 2019. Grand Opening-nya berlangsung sangat meriah, diisi dengan penampilan band-band ternama di Lombok pun tidak ketinggalan sesi bagi-bagi hadiah. Eh kok tahu? Soalnya saya sempat datang saat grand opening. Anak-anak juga sempat bermain di playgroundnya, tapi sayangnya kami tidak kebagian kursi saking penuhnya. Akhirnya kami pulang dan berencana ke sana lagi keesokan harinya. Sampai hari ini, setidaknya saya dan anak-anak sudah 3 kali ke sana. Kami datang pada saat grand opening, siang hari usai grand opening, dan seminggu setelahnya. Setelah benar-benar merasakan pengalaman ke CGC (singkatan dari Caca Garden Cafe), barulah saya yakin untuk membuat postingan ini.

caca garden cafe

Tempat makan di Lombok dengan konsep berbeda? Memang ada apa sih di sana dan apa yang membuatnya berbeda dari tempat lainnya di Lombok, khususnya Mataram? Baik, saya ceritakan ya. Saya tahu CGC ini sejak bulan Juli, tepatnya sebulan sebelum dibuka. Mbak Laras, owner dari CGC, sering membuat ig story tentang rencana usaha kulinernya yang baru tersebut di akun @dapoeremakcaca. Yups, Dapoer Emak Caca dan Caca Garden Cafe ini berada di tangan/owner yang sama. Serta tentu saja dengan kualitas bumbu-bumbu dari tangan yang sama. Sampai sini sudah percayalah yaa gimana kualitas makanan di sana?

Baca Juga: Dapoer Emak Caca, Surganya Kuliner Pedas dengan Harga Terjangkau

Jika dilihat sepintas, CGC memang serupa food court, padahal sebenarnya tidak. Seperti yang kita ketahui, kalau food court itu aneka usaha kuliner (dari sejumlah brand) yang berkumpul di satu tempat. Jadi beda counter, beda pemiliknya, ya kan? Lain halnya CGC, yang memang terdiri dari sejumlah kontainer/outlet dengan sajian menu yang berbeda, namun tetap dihandle oleh satu owner. Bukan hanya di-handle, tetapi bumbu dasar pun berasal dari tangan Mbak Laras. Menu yang disajikan tiap counter hanya dibedakan berdasarkan jenisnya. Misalnya, ada yang khusus menyajikan snack, sementara di counter lain fokus ke menu minuman. Begitu juga dengan counter lainnya.

caca garden cafe

Asyiknya Kulineran dan Bermain di Caca Garden Cafe

Terletak di lokasi strategis tepatnya di jalan Adi Sucipto, Pelembak-Ampenan, menjadikan CGC mudah dijangkau. Asyiknya lagi karena cafe yang satu ini sudah buka sejak pukul 12 siang. Tempatnya cukup luas dan terbuka, meski demikian kita tidak perlu khawatir jika turun hujan. Mengapa? Sebab meski konsepnya terbuka, tapi bagian atas area makan, playground, dan fasilitas lainnya seluruhnya tertutup alias tidak beratapkan langit. Wkwkwk. Begitu masuk ke CGC, kita akan langsung disambut dengan bangunan mushala sederhana yang berada di bagian kiri. Selanjutnya di sekitarnya terdapat spot-spot foto untuk memuaskan hasrat ke”narsis”an kalian. Ada ayunan, tempat duduk ala jerami berbentuk hati, dan lainnya. Tidak jauh dari sana, tersedia area playground yang jadi favorit anak-anak.

caca garden cafe

Area makan terletak di bagian tengah, terdiri dari sejumlah kursi dan meja. Sementara di sisi lain, tepatnya di dekat meja kasir, terdapat sejumlah bean bag yang ditempatkan di atas gelaran rumput sintetis. Bagian ini cocok banget buat kalian yang lebih suka duduk di bawah/lesehan. Nah, di sekeliling area makan inilah terdapat sebanyak enam kontainer tempat menu-menu di CGC bisa dipesan. Adapun rinciannya sebagai berikut:

  • Kontainer merah, menyajikan: snack, aneka menu pedas, dan berkuah. Secara umum lebih fokus pada cemilan atau snack.
  • Kontainer kuning, menyajikan aneka menu nasi komplit dengan lauknya. Beberapa diantaranya yaitu nasi goreng ayam, nasi sapi lada hitam dan lainnya.
  • Kontainer hijau, khusus menyajikan makanan anak.
  • Kontainer ungu, tempat kalian bisa memesan aneka minuman dan dessert.
  • Kontainer biru, untuk sementara masih dalam persiapan yang kabarnya akan menyajikan menu steak dan suki.
  • Kontainer orange, menyajikan menu snack (lumpia, pastel, rujak) dan satu menu andalan yakin ketam (kepiting dengan full isian daging).

Gimana sih asyiknya kulineran dan bermain di Caca Garden Cafe? Asyik banget dong! Soalnya anak-anak beneran puas bermain di area playgroundnya. Begitu makanan yang dipesan datang, mereka pun berhenti bermain dan menikmati makanan yang disajikan. Senangnya karena di sini tersedia aneka menu khusus anak, yang gak pedas dan bebas MSG. Gak ragu lagi deh ajakin mereka ke sini. Oh iya, untuk mainan di playground-nya tuh juarakkk deh! Berkualitas semua. Saran saya buat moms yang bawa anak, paling pas tuh ke sini di jam siang sampai sore. Dimana jam segitu belum begitu ramai ya kan? Senang deh mereka mainnya.

caca garden cafe

Aneka Menu Lezat dengan Harga Terjangkau di Caca Garden Cafe

Buat yang belum tahu, cara memesan makanan dan minuman di CGC tuh gampang banget. Yaa meski butuh jalan-jalan dikit, hitung-hitung olahraga ye kan? Jadi kalian cukup mendatangi satu per satu kontainer, pilih menu-menu yang mau dipesan. Nantinya kalian akan mendapatkan nota di setiap kontainer tempat menu tersebut dipesan. Kalau sudah selesai memesan makanan, serahkan nota-nota tersebut ke bagian kasir dan lakukanlah pembayaran di sana. Selanjutnya, kalian cukup memilih tempat duduk yang tersedia dan letakkan nomor meja yang tadi diberikan oleh bagian kasir. Tunggu deh menu-menu yang dipesan tadi diantarkan ke meja kalian. Praktis kan? Yaa serupa food court, tapi lagi-lagi menu makanannya bersumber dari brand atau owner yang sama- yakni Dapoer Emak Caca.

caca garden cafe

Selama ke sana saya sudah mencoba beberapa menu, yaitu: Sotang HQQ, Nasi Goreng Seafood, Nasi Ati Sapi Tempe Saos Teriyaki, Nasi Bakar Cumi, Nasi Ayam Rarang dan masih banyak lagi. Untuk minumanya, favorit saya tuh Susu Rempah, yaitu susu yang dicampur dengan aneka rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis dan lainnya. Selain lezat, harga menu-menu di Caca Garden Cafe tuh semuanya terjangkau. Bayangkan, seporsi Nasi Bakar Cumi harganya hanya 12k euy! Terus nih yaa, kalau kita ada pesanan di kontainer merah/kuning/hijau, kita bakal dapat free 1 donat choco lava di setiap mejanya. Gak sampai di situ, untuk pembelanjaan minimal 70k bakal dapat free sus kering premium dan pembelanjaan minimal 150k dapat free selai kekinian colekin. Beughhh..menang banyak deh pokoknya!

Menu di Caca Garden Cafe nih banyak banget, kebanyakan kalau saya jelaskan satu satu. Biar gak penasaran, asyiknya sih cobain aja setiap kontainernya. Kalau saya pribadi, paling suka dengan menu Sotang HQQ. Sotang alias sosis dan kentang sebenarnya menu biasa, tapi yang bikin luar biasa itu sosisnya dipilih yang berkualitas. Belum lagi saosnya racikan khas Emak Caca, yang rasanya gak seperti saos-saos pada umumnya. Enak deh pokoknya! Kalau anak-anak saya, pada doyan dengan menu Nasi Salmon Sosis Saos Inggris dan tentu saja Donat Choco Lava.

Jadi kapan nih kalian ke Caca Garden Cafe? Buat yang sudah pernah ke sana, share yuk pengalamannya di kolom komentar.

Caca Garden Cafe
Jalan Adi Sucipto, Pelembak, Ampenan.
IG: @cacagardencafe_cgc

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

1 Comment

  • Didit 20 September 2019 at 8:40 pm

    Sya bru skali ksana… Suka dgn konsepnya

    Reply

Leave a Comment