Pucuk Coolinary Festival Makassar 2019, Kulineran Asyik di Satu Titik - Blognya Andy Hardiyanti

Pucuk Coolinary Festival Makassar 2019, Kulineran Asyik di Satu Titik

pucuk coolinary festival

Pucuk Coolinary Festival Makassar 2019, Kulineran Asyik di Satu Titik. Setelah 2 tahun tidak menginjakkan kaki di kota Makassar, akhirnya selama dua minggu kemarin saya ada kesempatan ke sana. Saya berangkat dari Lombok hanya berdua dengan si kecil Tita (2 tahun) untuk suatu urusan. Eh siapa sangka, ketika kami datang, malah berjodoh dengan festival kuliner terbesar bernama Pucuk Coolinary Festival. Ya, tahun 2019 ini Makassar menjadi kota terakhir setelah sebelumnya diadakan di sejumlah kota: Yogyakarta, Medan, dan Palembang. Sebagai pencinta kuliner Makassar garis keras #aseek, pastinya saya senang banget bisa mengikuti event #PCFMakassar. Mau tahu bagaimana keseruannya? Baca selengkapnya di postingan berikut ya~

Tidak terasa waktu liburan saya di Makassar tinggal seminggu. Tiket pulang ke Lombok sudah siap, waktu meetup dengan beberapa teman juga sudah terjadwal. Eitt..ada satu hal penting nih yang belum terpenuhi. Daftar kunjungan ke beberapa destinasi kuliner belum kelar sepenuhnya. Saya lalu mengingat kembali, sajian kuliner apa ya yang ingin sekali santap jika berada di Makassar? Aha! Sop Saudara Jalan Irian, Coto Abdesir (Abdullah Dg.Sirua) dengan kuah putihnya yang khas, Pisang Epe’, dan lainnya. Duh banyak bener ya.

pucuk coolinary festival

Padahal kemarin rasanya udah wisata kuliner ke sejumlah tempat. Ya gimana, saya memang sekalap ini makannya kalau lagi di Makassar. Kota favorit saya buat kulineran deh pokoknya! Lagi mikir gitu, kok pas banget seorang teman blogger mengirimkan chat yang isinya mengajak saya ke Pucuk Coolinary Festival Makassar. Katanya, event tersebut berlangsung pada 2-3 November 2019. Senang bener dong saya. Kenapa? Karena tanggal 4 November saya udah balik ke Lombok. Itu berarti saya bisa datang dan siapa tahu kan sajian kuliner incaran saya hadir pula di sana.

Media Gathering Pucuk Coolinary Festival Makassar 2019

Oh ya, sebelum hari H event, tepatnya pada 31 Oktober 2019 bertempat di The Rinra Hotel Makassar dilangsungkan Media Gathering. Dalam kesempatan tersebut tentunya kami mendapat pemaparan lengkap tentang segala hal yang berkaitan dengan gelaran Pucuk Coolinary Festival. Hadir sebagai pembicara Debora Christiany (Asisten Brand Manager Teh Pucuk Harum) dan Anita Amaliyah Hamdani (Food Influencer @makan2mks_).

pucuk coolinary festival

Selain sesi pemaparan, saat media gathering pun kita bisa melihat langsung versi mini dari suasana Pucuk Coolinary Festival. Dimana kita diperlihatkan bagaimana nantinya festival tersebut dibagi menjadi tiga zona, yakni: zona gurih, pedas, dan manis. Menu makan siang yang disajikan pun tidak jauh-jauh dari sajian kuliner Makassar. Ah iya, untuk memeriahkan suasana, digelar pula Spicy King Noodle Contest yang melibatkan rekan media dan blogger sebagai pesertanya.

Mengapa Pucuk Coolinary Festival diadakan di Makassar?

Pagi hari Makassar sudah panas sekali, pagi rasa siang hari kalau kata saya. Meski demikian saya tetap semangat berangkat ke titik acara tempat berlangsungnya Pucuk Coolinary Festival Makassar 2019. Saya janjian berangkat ke sana bersama dua orang teman blogger, yakni Kak Mutia dan Kak Mugniar. Oh ya, baby Tita d’explorer pastinya tetap ikut serta. Makin ramai karena Ayat (ponakan saya) pun merengek ingin ikutan. Baiklah…mari kita kulineran bersama ya nak anak. Hahaha. Kami pun berangkat bersama dari daerah Pettarani menuju Lapangan Parkir Phinisi Point, tempat diselenggarakannya event #PCFMakassar.

pucuk coolinary festival

pucuk coolinary festival

Sepagi itu, meski panas terik, rupanya sudah banyak yang penasaran pengen kulineran. Sekitar pukul 10an pagi, Pucuk Coolinary Festival Makassar 2019 pun dibuka secara resmi. Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan UMKM Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, H. Ahmadi, SE. MM mewakili Gubernur Sulawesi Selatan serta Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Makassar Evi Apriliaty, SE, MM mewakili Walikota Makassar, dan National Sales & Promotion Head PT. Mayora Indah Tbk., Henry David Kalangie.

Baca Juga: Oleh oleh dari Makassar

Selain terkenal sebagai kota dengan kelezatan kulinernya yang luar biasa. Rupanya sejak tahun 2016 Makassar dinobatkan sebagai salah satu destinasi kuliner di Indonesia oleh Kementerian Pariwisata. Tidak heran jika industri kuliner di kota Anging Mammiri kian tumbuh pesat.

pucuk coolinary festival

Pucuk Coolinary Festival Makassar 2019, Kulineran Asyik di Satu Titik

Setelah acara pembukaan, saya dan krucils pun bersiap eksplor aneka tenants yang ada di sana. Tahu gak, setidaknya ada 100 lebih food tenants! Banyak banget ya, pusing dah itu gimana manage perut biar gak kekenyangan di satu tenant. Hahaha. Sebenarnya pengen banget makan Sop Saudara atau gak Pisang Epe’ saat itu, tapi anak-anak udah kepanasan. Mereka langsung pada minta nyicip Gustoso Gelato yang berada di Zona Manis. Mama sabar deh, ngalah dulu dari krucils. Beres dari sana, kami balik lagi ke Zona Gurih, karena tiba-tiba kok saya pengen memenuhi keinginan makan Coto Abdesir. Itu lho..coto di Jalan Abdullah Daeng Sirua yang terkenal dengan kuah putihnya yang khas.

pucuk coolinary festival

Ketika disajikan, aroma khas coto semerbak banget euy. Panas terik plus menyantap coto dengan kuah panasnya, beughh..nikmat bener! Saya sampai bercucuran keringat, entah karena lezatnya coto, kepedasan sama lomboknya atau karena memang suasana yang panas terik. Hahaha. Saking nikmatnya, ini krucil dua orang malah minta dipesankan juga. Wuih..rekor nih! Soalnya si kecil Tita, sejak di Makassar belum ada cocok dengan satu pun kuliner sini. Eh ini malah dia sendiri yang minta. Ngiler ya nak? Hihihi

pucuk coolinary festival

Gak Sekadar Kulineran, Ada Banyak Hal Seru di Pucuk Coolinary Festival

Gak sekadar kulineran, ada banyak banget hal seru yang berlangsung di Pucuk Coolinary Festival. Oh ya, sebelum saya jelaskan ada satu hal yang saya garis bawahi. Petugas kebersihannya juara banget euy! Selama event, lokasi acara benar-benar terjaga kebersihannya. Selain itu, saya juga salut sama ide Teh Pucuk Harum yang membuka stand penukaran botol kosong Teh Pucuk Harum. Dimana nantinya botol tersebut bakal didaur ulang, salah satunya bisa jadi souvenir yang bagus banget. Jadi, ada hal seru apa di #PCFMakassar?

Baca Juga: The Griya Lombok, Ketika Sampah Kertas Bisa Jadi Barang Berkelas

pucuk coolinary festival

Bagi Bagi 10.000 Otak Otak Gratis

Siapa sih yang gak tahu Otak Otak? Sajian olahan ikan tengiri yang biasa disantap dengan sambal cocol ini rasanya enak banget! Apalagi kalau gratis, ye kan? Hahahah. Cukup dengan menukarkan 2 botol kosong Teh Pucuk Harum, teman-teman bisa mendapatkan 1 otak otak gratis! Maksimal penukaran adalah sebanyak 10 botol, kalau mau tukar lagi ya silakan antri lagi~ Tidak hanya itu, setiap penukaran 4 botol kosong Teh Pucuk Harum, selain dapat Otak Otak, teman-teman juga bakal mendapatkan souvenir olahan botol plastik. Aih cakep banget deh pokoknya, anak-anak kemarin dapatnya mainan motor-motoran gitu.

Sesi Happy Hour yang Bikin Hepi!

Selama acara berlangsung, bersiaplah! Karena di jam-jam tertentu akan ada sirine tanda dimulainya Happy Hour. Dimana saat itu para pengunjung bisa menikmati kuliner dengan mendapatkan voucher potongan harga senilai Rp10.000,-.

pucuk coolinary festival

Seberapa Kuat Kamu Menyantap Makanan Pedas? Buktikan di Spicy King Noodle Contest

Seperti yang berlangsung saat media gathering, saat hari H event diadakan pula Spicy King Noodle Contest. Tentunya dengan jumlah peserta yang lebih banyak dan nominal hadiah yang lebih besar. Pada kontes tersebut nantinya para pengunjung akan diajak untuk mengikuti lomba menyantap mie jumbo pedas dalam waktu serta level yang telah ditentukan oleh penyelenggara.

Award untuk Tenant Favorit Pilihan Foodies

Gak hanya bikin senang foodies atau kita kita buat kulineran. Teh Pucuk Harum juga memberikan award kepada tiga tenant favorit pilihan para foodies. Pemberian award didasarkan pada voting atau suara terbanyak. Yupss.. setelah bertransaksi di setiap tenant, kalian mendapatkan kupon yang digunakan untuk memberikan suara bagi tenant favorit serta sebagai tanda ikut serta dalam pengundian grand prize. Gak tanggung-tanggung, award bagi tenant favorit ini berupa uang tunai senilai 15juta rupiah yang diberikan kepada 3 tenant. Dimana satu tenant akan mewakili setiap zona yang ada (gurih, pedas, dan manis).

pucuk coolinary festival

Semakin Seru dengan Kehadiran Andmesh Kamaleng

Sudah masuknya gratis (Free Entry), gak perlu jauh-jauh ke banyak tempat untuk menikmati ragam kuliner Makassar, harga makanan terjangkau, banyak disediakan hadiah menarik, eh dapat hiburan pula! Siapa coba hari gini yang gak kenal Andmesh Kamaleng. Pada hari kedua (tanggal 3 November 2019) kemarin, dia turut meramaikan panggung Pucuk Coolinary Festival.

Grand Prize 1 Unit Motor Yamaha NMAX Setiap Harinya

Ini dia yang paling ditunggu-tunggu oleh para pencinta kuis/lomba/undian. Dapat motor Yamaha NMAX gratis? Heuheuheu saya juga mau! Gak tanggung-tanggung lho ini Yamaha, setiap harinya bakal diundi satu pengunjung yang beruntung membawa pulang motor Yamaha NMAX. Motor cakep yang asyik banget dikendarai untuk touring. Ya gak? Ya gak?

Begitulah teman-teman keseruan Pucuk Coolinary Festival. Dimana saya bisa asyik menikmati ragam kuliner Makassar, cukup di satu titik. Yakni di lokasi penyelenggaraan #PCFMakassar, tepatnya di Lapangan Parkir Phinisi Point. Tanpa perlu lagi mendatangi satu per satu outletnya. Selain itu, seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa selain kulineran, ada banyak kegiatan seru lainnya di event ini.

Terima kasih Teh Pucuk Harum, sampai jumpa di event Pucuk Coolinary Festival di tahun berikutnya!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

23 Comments

  • Mugniar 8 November 2019 at 11:39 pm

    Alhamdulillah yah makan coto di Pucuk Coolinary Festival 😀
    Dan rupanya Tita juga suka ya sama coto hehehe. Nanti datang lagi ke Makassar ya Titaaa, makan coto lagiii

    Reply
  • Muthmainnah mutia 9 November 2019 at 9:24 am

    Sampai jumpa lagi nak tita, nanti kita jalan2 dan kulineran bareng lagi yah 😘

    Reply
  • Rudi G. Aswan 9 November 2019 at 9:55 am

    Duh, ngiler Mbak. Di Surabaya udah ada belum ya? Aku inget teh pucuk ini teh kesukaan warga di Lamongan. Kalau ada acara berkatan, teh botolnya ya teh pucuk harum. Bagus nih ikutan ngerawat budaya kuliner lokal.

    Reply
  • Bambang Irwanto 12 November 2019 at 8:46 am

    Duh, lihat postingan ini, saya langsung kangen Makassar, Mbak Andy. Kota kelahiran saya hahaha. saya juga pengin ke Makassar, lalu pas di sana, ada acara festival kuliner teh pucuk.
    Dijamin saya akan datang 2 hari untuk menikmati Coto Makassar, Sop Konro, Pisang Epe, Pisang Ijo, Sop Saudara, dan pastinya akan cari kanre jawa, termasuk putu cangkiri hahaha.

    Reply
  • Nurhilmiyah 12 November 2019 at 1:20 pm

    Ada bagi² otak-otak pula ya Mbak,, suka banget saya apalagi dicocol saus sambel yg extra pedes, so yummy… Mantul acr Pucuk Coolinarynya yaa seru² acara n spot² fotonya

    Reply
  • Dyah Ummu AuRa (Author RoemahAuRa) 12 November 2019 at 2:50 pm

    wah ada andmesh si cinta luar biasa, apalagi bisa nyicipin kuliner khas Makassar lengkap bener acara pucuk coolinary festival ini.

    Reply
  • Icha Marina Elliza 12 November 2019 at 3:00 pm

    kalo ngomongin makanan, aku emang suka banget coto makassar. Makan pake cabe yang pedes, trus meredakan pedasnya pake teh pucuk yang dingin,
    mantabbb

    Reply
  • dhenok 12 November 2019 at 8:05 pm

    rame banget kayanya acaranya.

    btw sy belum kenal makasar. beberapa kali mampir hanya transit. hanya nyobain pisang epenya aja.

    Reply
  • Ibadah Mimpi 12 November 2019 at 11:54 pm

    Wahhh seriusan eventnya keren banget mbak…

    Acaranya meriah banget dan penuh antusias.

    Reply
  • Faisol Abrori 13 November 2019 at 7:46 am

    Ada andmesh juga ya, favorit aku, festivalnya menarik banget. Wuih seru banget, apalagi kalau bisa kopdar bareng temen sesama blogger dan curcol sana-sini. Woah, jadi makin hidup deh suasananya

    Reply
  • Selvijua 13 November 2019 at 7:51 am

    Kulinerannya menggoda banget, pasti banyak makanan khas, dan rame banget pengunjungnya, andai ada di Jakarta aku juga pasti datang kesana nih.

    Reply
  • Aini 13 November 2019 at 8:43 am

    Aku tiap ada acara kaya gini pasti ketinggalan berita. Pernah sih watu itu satu kali di Tangerang, itupun karena diajak temen. Kapan ya ada di Bekasi huhu

    Reply
  • Kartika 13 November 2019 at 9:00 am

    Aku paling sukaaa sama Coto Makassar. Uenak banget apalagi uniknya makan sama buras bukan ya, namanya? Wahh ngences aja dengan membayangkannya 🤤🤤

    Pucuk Culinary Festival sdh sering dengar tapi blm pernah sekalipun hadir. Kayaknya seru ya kalo kuliner dikumpulin di satu tempat, macam acara si kecap itu ya. Pasti langsung kalap deh jajannya hahaha

    Reply
  • Erfano 13 November 2019 at 9:07 pm

    Aku sudah ke Makassar tahun 2017.lalu. Ngomongin soal makanan, ini salah satu tempat kuliner mantap di Indonesia.
    Terus disatukan dalam Pucuk Culinary Festival. Ah surgaaa… Harus balik ke Makassar lg pas ada festival ini.

    Reply
  • April Hamsa 13 November 2019 at 10:06 pm

    Wah pas banget pas di Makassar ya?
    Kirain tadi pindah rumah hehe
    Seru tu festival kulinerannya. Paling suka deh wisata kulineran kyk gtu, apalagi kalau banyak makanan khas daerah dan harganya jg dibandrol cukup miring.
    Btw aku suka juga abis makan minum teh gtu apalagi teh dingin 😀

    Reply
  • si klimis 13 November 2019 at 10:15 pm

    Wah seru banget acaranya, bisa jajan aneka kuliner dan tentunya minumnya tetap teh pucuk dong. Sayang sekali di daerahku belum pernah ada acara seperti ini.

    Reply
  • Susindra 13 November 2019 at 11:31 pm

    Lomba makan mi pedas itu… wuih… langsung bikin mata berbinar. Bayangin suami ikut, mungkin dia juaranya. Cabai rawit setan saja dijadikan ceplusan gorengan dan ga cuma 1 biji per gorengan.
    Semoga tahun depan bisa ikut!

    Reply
  • Melina Sekarsari 13 November 2019 at 11:36 pm

    Meriah banget, yaaa. Aku pernah baca liputan acara Pucuk Cullonary Festival juga kalau nggak salah di Malang, ya? Hihihi … Semoga nanti bisa ikutan nih kalau Pucuk mampir di sekitar kotaku.

    Masakan yang enak-enak, minuman yang seger, plus kesempatan dapat hadiah juga, yaaa.

    Reply
  • Vivi 14 November 2019 at 12:09 am

    Wah saya ndak tau kalo acara pucuk festival yang di Medan sudah diselenggarakan. Sayang sekali…

    Reply
  • Syarifani Mulyana 14 November 2019 at 6:27 pm

    Kuliner Makassar emang terkenal lezat, saya suka banget makanan berkuah, rasanya kaya rempah macem sop konro, coto, masih banyak lagi.
    Hmm… jadi kepengen kan.

    Reply
  • Andi Mirati Primasari 15 November 2019 at 7:06 pm

    aku bangga Pucuk Coolinary Festival diadain di Makassar, secara memang ya kulinernya Makassar tuh enak2 dan ngangenin..

    Reply
  • Asep Rohimat 24 November 2019 at 2:19 pm

    Fotonya bagus bagus kak, heee.. good job.

    Reply
  • Gertie 26 November 2019 at 1:28 pm

    Nicely, the only real independent declare that may
    possibly be appropriate of this name is the Principality of Monaco, only of
    France along with a short distance distance from Tuscany.

    Reply

Leave a Comment