Manfaat dan Rasa yang Istimewa dari Susu Kambing Etawa - Blognya Andy Hardiyanti

Manfaat dan Rasa yang Istimewa dari Susu Kambing Etawa

susu kambing etawa

Manfaat dan Rasa yang Istimewa dari Susu Kambing Etawa. Sejak kecil (sejak bayi pastinya ya hahahha) sampai sekarang saya ini doyan banget sama yang namanya susu. Bahkan kalau ingat cerita kakak-kakak saya, saya itu kalau minum susu udah macam makan nasi. Mungkin saking seringnya saya minum susu kali ya? Sudahlah minum susu bubuk, nanti pas di luar pasti jajan susu uht pula, eh waktu bikin susu bubuk itu bubuknya malah ikutan dicemilin. Hahaha. Komplit sudah! Tapi lucunya, sesukanya saya sama susu, saya anti sama susu yang rasanya enek lho. Pokoknya kalau sekali saya coba tesusu kambing etawarus rasanya enek atau bikin mual gitu, besok besok gak lagi deh saya minum produk susu tersebut. Time flies dan saya mengenal yang namanya susu kambing etawa. Respon saya pas pertama kali coba adalah: wah ini favorit saya banget, rasa enak gak enek, ringan pokoknya untuk ukuran susu putih!

Susu kambing? Emang gak amis? Yups, buat yang baru dengar pasti apa-apa soal kambing yang kebayang ya amisnya. Padahal gak sama sekali lho. Aroma susunya malah enak banget. Buat teman-teman yang pengen minum susu putih, tapi takut sama rasanya yang bikin mual, saya sarankan coba susu kambing etawa. Eh tapi kan susu kambing etawa ada banyak merk tuh. Nah, ini juga yang awalnya jadi problem saya. Jadi pertama kali coba susu kambing etawa itu udah lama banget dan saya lupa merknya. Tapi yang saya ingat sih emang produk impor, bukan produksi Indonesia. Saya malah gak ingat, udah ada izin BPOM dan halal MUI apa belum.

Pengen cari lagi, kok malah gak ketemu ya. Cobain susu kambing etawa dari sejumlah merk, kok gak pas di lidah. Ada yang gak seringan dulu rasanya, ada yang kemanisan (pakai gula putih dan kebanyakan mungkin), dan lain-lain. Time flies lagi, terus oleh seorang teman saya dikenalkan produk bernama SuperGoat. Produk susu kambing etawa yang menggunakan gula aren. Senangnya karena begitu saya coba, rasanya pas di lidah saya. Meski ada gula aren sebagai pemanisnya, tapi rasanya tetap ringan dan gak kemanisan. Persis susu kambing etawa yang saya konsumsi pertama kali dulu.

susu kambing etawa

Manfaat dan Rasa yang Istimewa dari Susu Kambing Etawa

Ternyata selain rasanya yang lezat, susu kambing etawa merk SuperGoat ini punya manfaat yang istimewa juga lho. Mulai dari mampu menjaga daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, hingga menetralisir asam lambung. Selain itu, dengan kandungan mineral Kalium yang tinggi, susu kambing etawa SuperGoat ini baik diminum oleh penderita hipertensi, karena dapat menstabilkan tekanan darah. Kombinasi gula aren di dalam SuperGoat pun menjadikannya aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan Terbaik, Agar Saat Sakit Tak Perlu Lagi Panik

Untuk diketahui bahwa dibandingkan susu sapi, susu kambing etawa lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Kok bisa? Soalnya lemak yang terkandung di dalam susu kambing etawa tuh lebih rendah. Susu kambing etawa juga mengandung kalsium dan asam lemak esensial yang tinggi, namun tetap rendah kolesterol. Sekarang ini saya dan anak-anak di rumah malah mulai membiasakan diri mengkonsumsi susu kambing etawa SuperGoat lho. Apalagi saat kurang sehat beberapa minggu kemarin, rasanya susah mau makan makanan apapun. Mau minum susu sapi juga rasa enek. Akhirnya saya jadi rutin mengkonsumsi SuperGoat, apalagi seperti yang saya jelaskan tadi kalau SuperGoat ini dapat menetralisir asam lambung. Pas banget tuh sama kondisi saya yang gampang banget naik asam lambungnya.

susu kambing etawa

Kandungan Gizi Susu Kambing Etawa

Meski sudah disinggung di paragraf sebelumnya, saya jelaskan lagi lebih lengkap ya ada apa aja sih di dalam susu kambing etawa SuperGoat. Dengan komposisinya yang hanya menggunakan susu kambing etawa dan gula aren, bikin kandungan dari susu ini gak aneh aneh. Yuhuuu..bebas pengawet, pewarna dan pemanis buatan dong man teman. Pada setiap satu kali sajiannya, energi totalnya adalah sebanyak 110 kkal. Dimana di dalamnya terkandung lemak, karbohidrat, natrium, vitamin A, vitamin E, EPA, DHA, Kalsium dan Fosfor. Komplit banget gak tuh?

Selain kandungan gizinya yang komplit banget, yang saya suka dari SuperGoat ini adalah karena sudah punya izin BPOM dan halal MUI. Makin tenang deh kita mengkonsumsinya. Oh ya.. Supaya kandungan gizi di dalamnya gak rusak eh gak hilang, pastikan cara penyajiannya juga benar. Bagaimana sih cara membuat segelas SuperGoat? Simak penjelasannya di bawah ini ya teman-teman.

susu kambing etawa

Cara Menyajikan Segelas Susu Kambing Etawa SuperGoat

Selama ini pasti pada mikir kalau bikin susu bubuk itu diseduh dengan air panas ya kan? Padahal seharusnya dengan air hangat lho, biar kandungan gizi di dalamnya tidak rusak. Seperti cara membuat/menyajikan susu kambing etawa SuperGoat ini. Pertama-tama siapkan air hangat kuku (suhu sekitar 5o°C) sebanyak 150 hingga 200ml. Tuangkan bubuk SuperGoat ke dalam gelas berisi air tadi, bisa juga bubuknya lebih dulu dituang ke dalam gelas. Bebas deh mana yang duluan. Kemudian aduk rata. Kalau mau dikonsumsi dingin, biasanya kan anak-anak lebih suka susu yang dingin ya. Tinggal ditambahkan es batu saja 🙂 Tapi lebih disarankan dikonsumsi hangat-hangat sih~

Baca Juga: Homemade Chicken Nugget: Nugget Sehat Tanpa MSG

Untuk saran konsumsinya sendiri, bagi yang sedang ada keluhan penyakit bisa dikonsumsi sebanyak 3x sehari (dewasa) dan 2x sehari (anak). Sedangkan jika untuk menjaga kesehatan, maka cukup dikonsumsi sebanyak 1-2 kali saja dalam sehari.

Buat yang masih bingung gimana cara mendapatkan atau memesan susu kambing etawa SuperGoat ini, bisa langsung menghubungi SuperGoat Lombok yaa atau kontak ke nomor 0822-2147-5370 (Eka).

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

29 Comments

  • aliyanabila 26 October 2019 at 12:03 am

    susu kambing etawa ini paling bagus,, aku punya asam lambung aja esembuh

    Reply
  • Faisol Abrori 28 October 2019 at 8:20 pm

    Selama ini saya belum pernah minum susu kambing etawa, pengin nyoba ah, siapa tahu makin bugar kan ya mbak? Hehehehe…

    Reply
  • Reyne Raea 22 November 2019 at 12:17 am

    Saya pernah beliin susu kambing Ettawa buat suami, tapi nggak terlalu suka blionya.

    Saking bilang rasanya aneh, saya bahkan nyicipin pun enggan hahaha.

    Padahal manfaat dari susu kambing ini banyak banget ya 🙂

    Reply
  • Bambang Irwanto 22 November 2019 at 8:43 am

    Seumur-umur, saya belum pernah minum susu kambing, Mbak Andy. Makanya penasaran dan pengin coba. Apalagi bagusnya lebih mudah dicerna dibandingkan susu sapi ya, Mbak.
    Nanti mau cari Susu kambing Etawa ini.

    Reply
  • Dyah Ummu AuRa (Author RoemahAuRa) 22 November 2019 at 9:41 am

    Susu kambing ini bagus untuk yang punya penyakit pencernaan dan pernafasan. Tapi sayangnya anak-anakku kurang suka. Mungkin karena rasanya sedikit lebih amis dibanding susu sapi.

    Reply
  • Taumy Alif 22 November 2019 at 11:19 am

    Kirain saya susu Etawa ini bentuknya cair, kayak susu sapi perah. Ternyata bentuknya serbuk. Jadi ingin cobain juga apalagi pakai gula aren, pasti nikmat nih rasanya

    Reply
  • Nurhilmiyah 22 November 2019 at 9:40 pm

    Anak saya yg nomor tiga ada gejala asmanya. Bawaan dari lahir..nah,, banyak juga yg menyarankan utk rutin minum susu kambing. Bagus nih mbak ada susu kambing Etawa ga,, tfs Mbak

    Reply
  • Dian Restu Agustina 22 November 2019 at 10:46 pm

    Aku beberapa kali icip susu kambing etawa ini saat nge mal, Mbak. Ada yang nawarin tester itu…Tapi kok masih belum sreg beli hihihi. Baca ini jadi pengin nyoba juga. Dan ternyata diseduhnya sama air hangat ya..Wah nikmat!

    Reply
  • donasaurus 23 November 2019 at 8:27 am

    aku pernah dapet oleh oleh Susu bubuk kambing Etawa dari Lampung.Kemasan kotak gitu.Eh pas mau dicobain udah dihabisin sama ananda 🤣🤣🤣

    Reply
  • Nuniek KR 23 November 2019 at 9:23 am

    Lucu banget itu ada tangan mungil nunggu susu, hihi
    saya belum pernah nyobain susu kambing, padahal manfaatnya luar biasa dan Rasulullah aja sukanya susu kambing ya…

    Reply
  • Susindra 23 November 2019 at 12:12 pm

    Oh, berarti asli hangat ya, bukan hangat ke panas.
    Pasti enak, nih susunya.
    Saya sudah lama dengar tentang susu kambing, tapi tidak spesifi kambing etawa yang besar dan gagah itu.

    Reply
  • Ali Muakhir 23 November 2019 at 5:43 pm

    Eh, saya kok baru tahu ya, ada susu kambonh etawa yang buat anak-anak. Waktu ibu masih ada, beliau rajin minum susu kambing etawa. Rasanya enak katanya.

    Reply
  • AliMuakhir 23 November 2019 at 5:44 pm

    Eh, saya kok baru tahu ya, ada susu kambonh etawa yang buat anak-anak. Waktu ibu masih ada, beliau rajin minum susu kambing etawa. Rasanya enak katanya.

    Reply
  • April Hamsa 23 November 2019 at 8:39 pm

    Susu kambing Etawa ini aku sering denger kak, tapi kyknya kemasannya baru ya? Kyknya juga pelopor di bidang susu kambing, Cuma belum berkesempatan nyicipin. Ternyata bentuknya serbuk/ bubuk siap seduh gtu ya?
    Oh ternyata khasiatnya cukup banyak yaaa.
    Btw kalau saya suka yang dikasi es batu keknya 😀

    Reply
  • Vivi 23 November 2019 at 9:09 pm

    Saya bukan penikmat susu nih.
    Kecuali sudah diolah; jadi kue, jadi es krim, dan lainnya hehe

    Reply
  • Ilham Sadli 23 November 2019 at 9:49 pm

    aku taunya kalau susu kambing itu banyak khasiat dan manfaatnya, tetapi sampai sekarang belum mencoba untuk mengkonsumsinya

    Reply
  • Uut fauziah 23 November 2019 at 10:37 pm

    Ini bapakku konsumsi juga sih kak,cuma belum tau benar rasanya ,masih gimana gitu ya padahal dah tau khasiatnya

    Reply
  • Melina Sekarsari 8 January 2020 at 5:24 am

    Aku baru sekitar tiga tahun ke belakang ya mengenal susu kambing. Biasanya ih ogah banget. Ya itu tadi, kambing itu mengingatkanku pada aroma yang nggak enak. Tapi baik daging maupun susunya, kabarnya jauh lebih baik daripada sapi.

    Kalau susu kambing, entah kenapa ya aku lebih suka mengonsumsinya dalam kondisi hangat. Selera sih tapi, hahaha …

    Reply
  • Sani 11 January 2020 at 12:53 pm

    Wenakkkk
    Pertama beli di Bandung
    Ternyata manfaatnya banyak ya
    Tq infonya

    Reply
  • Hanila PendarBintang 11 January 2020 at 3:58 pm

    Susu Etawa ini saya pernah beli dan emang enak banget yaa…
    Dari situ saya mulai mau nyoba minum susu segarnya yang kata Bunda bagus juga buat kulit.

    Reply
  • Maria G Soemitro 11 January 2020 at 10:39 pm

    Pernah minum nih jadi pingin coba
    Tapi apa pemasarannya sampai Bandung ya?

    Reply
  • Fida 12 January 2020 at 1:06 am

    Anak-anakku suka suka susu kambing, tapi belum pernah nyoba yang dalam versi bubuk merk etawa ini.
    Bisa jadi pilihan untuk susu traveling ya.

    Reply
  • Gina 12 January 2020 at 3:26 am

    Sampe sekarang masih penasaran ama rasa susu kambing . Namun, menggurungkan niat saya karena sy gak suka makanan berbau kambing hahaha

    Reply
  • Anis khoir 12 January 2020 at 7:40 am

    Saya sendiri penasaran dengan rasa susu kambing Katanya sih lebih gurih dan bau amis tidak terlalu tidak seperti susu kambing dan kandungan gizinya pun lebih lengkap dari susu lainnya

    Reply
  • April Hamsa 12 January 2020 at 8:27 am

    Kyknya semua susu sarannya pakai air hangat, kalau gak salah 😀
    Penasaran susu kambing rasanya kyk apaan mbak. Katanya emang banyak khasiatnya gtu. Btw kalau anak2 boleh gak sih minum susu kambing? Atau ada minimal usia brp gtu baru bisa minum susu kambing?

    Reply
  • Dian Restu Agustina 12 January 2020 at 9:23 am

    Selain kandungan gizinya komplit banget sudah ada ijin BPOM dan kehalalannya. tenang jadinya saat minum susu kambing etawa yaaa

    Reply
  • Naqiyyah Syam 12 January 2020 at 9:55 am

    Wow keren banget ini kandungan susu kambingnya anakku suka juga loh minum susu kambing memang bagus membuat daya tahan tubuh semakin Fit

    Reply
  • Shyntako 12 January 2020 at 11:36 am

    Susu kambing etawa ini memang khasiatnya oke banget ya mba, dulu juga aku suka bawain untuk nenekku di kampung. Plus sekarang ditambahin gula aren pasti rasanya makin lezat plus pastinya bagus untuk kesehatan.

    Reply
  • Lasmicika 13 January 2020 at 9:29 am

    Ponakan saya juga mengonsumsi susu kambing etawa karena dia alergi susu sapi. Tapi dia kurang suka dengan rasanya. Gurihnya juga beda dengan susu sapi.
    Nanti saya rekomendasikan ah susu kambing SuperGoat ini. Pastinya lebih enak karena ada gula arennya

    Reply

Leave a Comment