Teknologi Rumah Pintar dengan Bardi Smart Home

teknologi rumah pintar

Teknologi Rumah Pintar dengan Bardi Smart Home. Teknologi rumah pintar memberikan banyak kemudahan bagi penghuninya. Wujudkan itu semua dengan rangkaian produk Bardi Smart Home. Sejauh mana pun kita pergi, rumah selalu menjadi tempat ternyaman untuk pulang. Tidak hanya sebagai tempat tinggal, beristirahat, rumah juga adalah tempat kita berbagi canda tawa dengan keluarga, orang-orang seisi rumah. Itulah mengapa setiap orang akan berusaha menciptakan kenyamanan di rumahnya, dengan caranya masing-masing. Mulai dari menjaga kebersihan, melengkapi dengan sejumlah perabotan, hingga menerapkan teknologi rumah pintar.

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Sering mendengar kutipan tersebut kan? Karena demikian pentingnya hidup bersih, sampai dikaitkan dengan urusan iman. Tidak hanya itu, perilaku hidup bersih pun akan berdampak baik bagi kesehatan. Bersih dan sehat menjadi dua hal yang tak dapat dipisahkan. Termasuk pula kebersihan rumah. Rumah yang bersih, tidak hanya menjadikan penghuninya merasa nyaman, tetapi juga lebih terjaga kesehatannya karena terlindungi dari sejumlah penyakit. Terutama penyakit yang mudah timbul ketika lingkungan sekitar tidak terjaga kebersihannya. Selanjutnya perabot, siapa pun pasti ingin melengkapi kebutuhan perabotnya di rumah. Entah itu furniture maupun peralatan elektronik, yang tidak hanya berguna untuk mempercantik tampilan rumah, tetapi juga untuk memberikan kemudahan untuk sejumlah pekerjaan rumah tangga.

teknologi rumah pintar

Teknologi Rumah Pintar dengan Bardi Smart Home

Apa itu teknologi rumah pintar? yaitu sebuah teknologi dimana berbagai peralatan elektronik rumah tangga di dalam rumah terhubung pada sebuah sistem, sehingga bisa dikendalikan (on-off) dari satu perangkat, tanpa perlu menyentuhnya. Coba bayangkan, kita bisa mengatur nyalanya lampu kamar, saat duduk di ruang tamu. Kita bisa mengatur suhu AC di kamar, saat kita sedang memasak di dapur. Selain memudahkan, teknologi rumah pintar ini tentunya bisa menghemat tagihan listrik di rumah, bukan?

Bagaimana cara mewujudkan teknologi rumah pintar di rumah kita? Tenang saja, bukan hal yang sulit kok menjadikan rumah sederhana kita ala rumah di film-film gitu yang bisa dikendalikan hanya dari satu perangkat. Bardi Smart Home solusinya, sebuah brand smart home yang ready stock dan bersertifikasi Indonesia. Produk Bardi didukung oleh Tuya, sebuah platform pintar global yang tidak hanya mengembangkan AI+IoT (Artificial Intelligence + Internet of Things), tetapi juga merupakan platform interaksi suara AI terkemuka. Seperti apa sih teknologi rumah pintar yang diwujudkan oleh Bardi Smart Home?

teknologi rumah pintar

Bardi Smart Home, Kendalikan Peralatan Elektronik Rumah Tangga dari Satu Perangkat

Senang sekali karena Beaute Femme Community memberikan saya kesempatan untuk mencoba sejumlah produk Bardi Smart Home. Produk tersebut merupakan tiga produk unggulan yang diproduksi Bardi, yakni: Smart Bulb 9W – RGBWW, Smart IR Remote 10M-BLK, dan Bardi Smart IP Camera IDR-IPR-STC. Selain tiga produk yang saya coba ini, tentunya masih ada banyak sekali produk yang dimiliki Bardi Smart Home. Beberapa produk diantaranya yaitu: Robot Vacuum Camera, Water Fountain, Pet Feeder, Fish Feeder, Door Lock, dan lainnya. Penasaran seperti apa tiga produk unggulan Bardi yang saya pasang di rumah? Berikut ulasan singkat dari setiap produk.

teknologi rumah pintar

Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW

Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW merupakan produk bohlam pintar yang bisa dikendalikan dari aplikasi Bardi Smart Home. Tidak hanya berfungsi sebagai saklar yang dapat menghidupkan dan mematikan (on-off) bohlam, namun dengan Bardi Smart LED Bulb 92 RGBWW yang dihubungkan dengan aplikasi Bardi Smart Home, kita juga bisa mengatur pilihan warna lampu, tingkat kecerahan, kontras, yang dapat disesuaikan dengan suasana ruangan. Apakah ingin diatur sebagai lampu tidur, membaca, atau kondisi kerja. Dengan catatan, aplikasi dan bohlam pintar tersebut tetap terhubung dengan koneksi wifi/hotspot.

Bohlam pintar ini memiliki kecerahan maksimal di angka 900 lumens dan bisa diredupkan hingga 90 lumens, kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white). Bakal puas deh mengatur warna/nyala lampu sesuai yang diinginkan. Menariknya lagi, Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW ini bisa kita kendalikan dari ruangan lain, melalui aplikasi Bardi Smart Home. Ya, siapa tahu saat menerima tahu di ruang tamu, kita ingin memadamkan nyala lampu di kamar, nah…gak perlu ke kamar untuk off kan saklarnya, kan? Cukup kendalikan dari aplikasi Bardi.

teknologi rumah pintar

Bardi Smart IR Remote 10M-BLK

Selanjutnya ada Bardi Smart IR Remote 10M-BLK, sebuah pemancar infra merah (infrared) yang dapat dikendalikan melalui aplikasi Bardi Smart Home selama ada koneksi wifi/hotspot. Menariknya, remote ini dapat menggantikan semua remote infrared yang digunakan untuk peralatan elektronik rumah tangga di rumah, seperti remote AC, TV, kipas angin, dan lainnya. Dimana mayoritas merk peralatan elektronik sudah ada di dalam daftar aplikasi Bardi Smart Home. Namun jika belum terdaftar, tidak perlu khawatir, karena bisa diduplikat dari signal infrared remote lama ke Bardi Smart IR Remote 10M-BLK ini.

Untuk sudut pemancarannya sendiri yaitu di 360 derajat dengan jarak hingga 10m. Asalkan masih dalam jangkauan tersebut, maka remote Bardi mampu mengendalikan banyak perangkat yang masih berada di dalam garis pandang, karena ciri khas signal infrared yang tidak dapat tembus halangan. Oh ya, Bardi Smart IR Remote 10M-BLK ini sangat mudah dipasang, hanya dengan menghubungkan perangkat tersebut ke listrik.

teknologi rumah pintar

Bardi Smart IP Camera IDR-IPR-STC

Terakhir, ada Bardi Smart IP Camera IDR-IPR-STC. Sebuah produk kamera pintar yang dapat merekam video lengkap dengan suaranya, yang dapat diakses melalui aplikasi Bardi Smart Home di smartphone. Tidak hanya menerima suara dari kamera, kita pun dapat mengirimkan suara ke lokasi kamera tersebut menggunakan smartphone. Kamera Bardi ini memiliki slot sd card max 128GB (dibeli terpisah) serta dapat memberi notifikasi bila ada sesuatu yang lewat pada jam yang ditentukan dalam aplikasi. Pada posisi gelap pun, kamera pintar akan otomatis switch ke night vision.

teknologi rumah pintar

Saya mencoba memasang Bardi Smart IP Camera IDR-IPR-STC di kamar anak-anak, selagi saya menyelesaikan pekerjaan di ruang lainnya. Menurut saya, bagus. Tangkapan kamera cukup tajam, dan hal yang menarik tentu saja karena kami bisa saling mengirimkan suara. Suara si kecil terdengar di smartphone saya, saya pun dapat berbicara yang nantinya suara saya bisa terdengar oleh mereka melalui kamera pintar.

Cara Memasang Perangkat Bardi Smart Home

Secara umum, cara memasang dan menghubungkan seluruh produk Bardi dengan aplikasinya memiliki tahapan yang sama. Yaitu dimulai dengan memasang terlebih dulu pada tempatnya, bohlam pada ulirnya, kamera pintar dengan menghubungkannya dengan listrik, demikian yang lainnya. Selanjutnya, hubungkan sesuai instruksi pada masing-masing produk ke aplikasi Bardi Smart Home yang sebelumnya telah diinstall di smartphone. Jika sudah, perangkat pun siap digunakan. Selamat datang di teknologi rumah pintar ala Bardi Smart Home.

Bardi Smart Home dijual di mana? Tenang, rangkaian produk Bardi sangat mudah didapatkan di berbagai marketplace, seperti: Tokopedia, Lazada, Shopee, JD.ID, dan lainnya. Oh ya, kerennya lagi, produk Bardi sudah bisa dikendalikan melalui Amazon Alexa maupun Google Assistant.

Bagaimana, sudah siap mewujudkan teknologi rumah pintar dengan Bardi Smart Home?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

1 Comment

  • Diana 3 January 2021 at 12:39 am

    yess im soooo reeaaddddyyy to have those in my new housee

    Reply

Leave a Comment