Belanja Sayur Online di Lombok, Aplikasi Pasar Mandalika Solusinya!

belanja sayur online di lombok

Belanja Sayur Online di Lombok, Aplikasi Pasar Mandalika Solusinya! Pasar Mandalika merupakan aplikasi belanja sayur online di Lombok, termasuk juga berbagai kebutuhan dapur lainnya. Sejak pertama kali menggunakan aplikasi ini, saya langsung dibuat jatuh cinta! Aih, tidak hanya tampilannya yang menarik dan mudah dimengerti, harga produknya pun murah. Benar-benar solutif! Bukan hanya karena kondisi saat ini sedang masa pandemi COVID-19, sehingga memaksa kita untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, terlebih lagi sampai berkerumun. Tetapi juga, belanja sayur online di Lombok dengan aplikasi Pasar Mandalika, bikin kita jadi lebih hemat tenaga dan biaya. Setuju kan yaa?

Jujur saja, saya bukan seorang ibu rumah tangga yang rutin berbelanja bahan makanan di pasar. Bukan pula yang tetap memasak di rumah setiap hari. Selain karena kemampuan masak yang saya miliki masih sangat minim, alasan lainnya juga karena ketersediaan waktu yang sering kali habis dipakai bekerja. Kalaupun harus berbelanja sayur atau bahan makanan lainnya, biasanya sih tukang sayur yang lewat depan rumah jadi andalan saya. Kenapa gak langsung ke pasar saja? Hmm…mungkin karena saya gak suka keramaian kali ya, terus gak jago tawar menawar pula. Hahahah. Padahal kan, gak nawar…ya gak belanja #eh. Kalau gitu, belanja di pasar modern atau swalayan aja! Atau sama tukang sayur yang lewat depan rumah.. Hmm nganuh, saya tuh maunya no repot repot club, tapi dapat harga pasar alias murah. Wkwkwk. Gimana dong?

belanja sayur online di lombok

Belanja Sayur Online di Lombok, Aplikasi Pasar Mandalika Solusinya!

Sejak dihadapkan pada masa pandemi COVID-19 di Maret 2020 lalu, ada banyak sekali perubahan yang terjadi dalam kehidupan kita semua. Mulai dari bekerja dan sekolah yang dilakukan dari rumah, sampai aktivitas yang sebelumnya tidak pernah sama sekali dilakukan lalu kemudian kini diminati. Seperti aktivitas bertanam (gardening), memasak, nonton drama Korea, olahraga, menulis, atau yang lainnya. Maka jangan heran kalau kemudian, ada banyak sekali layanan maupun aplikasi yang menawarkan kemudahan pada masyarakat dalam mendukung aktivitas/hobi barunya tersebut. Salah satunya yaitu aplikasi Pasar Mandalika, yang mendukung kebutuhan makanan dan aktivitas memasak di rumah.

Mengenal Aplikasi Pasar Mandalika

Pasar Mandalika merupakan aplikasi belanja sayur online yang berada di bawah naungan CV. Abbasy Karya Mandiri. Sebuah badan usaha dengan tiga program utama di dalamnya, yakni: Abbasy Farm, Aplikasi Pasar Mandalika (termasuk juga website PasarMandalika.com), dan Mandalika Express (jasa kurir). Jauh sebelum menyediakan layanan belanja sayur online seperti ini, CV. Abbasy Karya Mandiri sudah dikenal sebagai supplier sayur, daging, ikan, ayam, buah, dan kebutuhan dapur lainnya bagi sejumlah hotel yang ada di Senggigi maupun Gili Trawangan dan sekitarnya. Masa pandemi kemudian membuat Pak Memet (selaku pemilik usaha), memutar otak agar bisnis tetap berjalan. Setelah memperhatikan bagaimana kebiasaan dan kebutuhan berbelanja masyarakat di Lombok, maka terciptalah ide untuk menghadirkan aplikasi Pasar Mandalika.

belanja sayur online di lombok

Pengalaman Belanja Sayur Online di Lombok

Setelah pertama kali diluncurkan pada Sabtu (20/2) lalu, saya pun segera mencoba bagaimana sih kemudahan yang diberikan dengan berbelanja sayur di aplikasi Pasar Mandalika. Kebetulan saat acara launching bertempat di Abbasy Farm Gerimax lalu, saya mengikuti kuis dan berhasil menjadi pemenangnya. Alhamdulillah ada stok voucher senilai Rp200.000,-. Belum tahu juga sih mau beli apa, tapi setelah lihat katalog produk di aplikasinya, eh langsung pengen beli banyak. Hahahaha. Proses klaim voucher sangatlah mudah, saya hanya perlu chat ke nomor whatsapp customer service, konfirmasi voucher, dan tadaaaa… saldo pun langsung masuk ke akun saya.

Belanja Sayur Online menggunakan Aplikasi Pasar Mandalika

Saya melakukan pemesanan tengah malam, dengan memilih waktu pengiriman keesokan harinya, tepatnya di pagi hari. Belanjaan saya lumayan juga tuh banyaknya, belum tahu juga mau masak apa. Terus nih ya, padahal gak dihitung-hitung banget, eh kok totalnya Rp192.000,- ditambah ongkos kirim Rp8.000,- jadinya pas deh Rp200.000,-. Asyik! Gak perlu tambah bayar cash lagi, semuanya full dari voucher yang dapat dari hadiah kemarin. Hihihi. #voucheradalahjalanninjaku

belanja sayur online di lombok

Jadi saya beli apa aja? Banyak! Sayuran, buah-buahan, ikan, udang, tempe, aneka bumbu dapur, juga susu full cream UHT. Pagi sekitar pukul 09.00, pesanan tersebut diantarkan oleh kurir Mandalika Express. Belanjaan dibungkus dengan plastik besar berlabel “Pasar Mandalika”, dan menariknya lagi seluruh belanjaan saya di dalamnya dikemas dengan sangat rapi dan dalam kondisi bersih. Uwowww.. belanja harga pasar (yang pastinya murah), sambil santai di rumah, dengan hasil belanjaan yang bersih dan rapi pula. Beneran lho, saya gak kebayang ikan dan dagingnya dikemas baik, berasa belanja di swalayan modern gitu.

Cara Berbelanja di Aplikasi Pasar Mandalika

Lantas bagaimana cara belanja sayur online di Lombok menggunakan aplikasi Pasar Mandalika seperti yang saya lakukan di atas? Sebelum mulai berbelanja, pastikan teman-teman sudah install aplikasinya, cukup search di kolom pencarian dengan kata kunci: Pasar Mandalika. Kalau sudah di-install, langsung saja buat akun seperti aplikasi pada umumnya. Masukkan data-data yang diminta, yaitu: nama, alamat e-mail, nomor hp, dan password yang diinginkan. Setelah melewati tahap verifikasi akun, maka teman-teman pun sudah bisa berbelanja di sana.

Pilih Produk yang Ingin Dibeli

Untuk memulai berbelanja, teman-teman bisa memilih dan menentukan produk apa yang ingin dibeli. Terdapat 6 (enam) menu produk utama pada aplikasi, yaitu: sayuran, buah, lauk pauk, bumbu/rempah, groceries, dan pertamanan (garden). Setiap menu produk utama tersebut, terdapat lagi sub menunya. Untuk lebih praktisnya, teman-teman bisa mengetik nama produk yang diinginkan pada kolom pencarian yang terdapat di bagian atas halaman aplikasi.

Kalau berencana membeli suatu produk dalam jumlah banyak, maka teman-teman bisa ubah nominal beratnya pada fitur quantity dengan jumlah yang lebih besar (misal: 500gram, 1kg, 2kg, dst). Sebab semakin tinggi/besar nominal beratnya, maka harga produk pun akan jauh lebih murah. Yaa intinya sih sama saat teman-teman berbelanja langsung di pasar, bukan? Bedanya, ini jauh lebih praktis. Bisa dilakukan sambil baring-baring aja di rumah.

Tentukan Waktu Pengiriman dan Metode Pembayaran

Karena butuh waktu untuk mempersiapkan produknya, maka kita harus mengikuti jadwal pengiriman yang disediakan oleh pihak Pasar Mandalika. Ada tiga jadwal pengiriman setiap harinya, yakni pada pukul: 09.00 – 11.00 AM, 11.00 AM – 01.00 PM, dan 02.00 – 04.00 PM. Itu untuk jadwal pengiriman atau pengantarannya yaa, kalau waktu pemesanannya sih bebas mau kapan saja. Tengah malam pun gak papa. Hahahaha. Jika sudah, lanjutkan dengan menentukan metode pembayaran dari tiga pilihan berikut: Cash On Delivery, Pickup My Self, atau transfer.

belanja sayur online di lombok

Proses Pemesanan Produk

Pada halaman akhir, cek kembali produk yang dipesan. Jika sudah sesuai, periksa halaman terakhir ini. Masukkan kode kupon atau gunakan saldo wallet (dompet) jika ada. Selanjutnya, isi kolom alamat pengantaran dengan lengkap dan benar. Selesaikan dengan klik tombol ‘order’, maka pesanan akan segera diproses.

Dari gambar di atas, kita bisa lihat tiga status tahapan pemesanan produk. Pending, statusnya masih menunggu karena saya melakukan pemesanan pada malam hari. Processing, yakni status bahwa pesanan sudah diproses. Dan yang terakhir, yaitu completed, artinya pesanan telah selesai dan diterima dengan baik.

Keunggulan Pasar Mandalika sebagai Aplikasi Belanja Sayur Online di Lombok

Pasar Mandalika memang bukan yang pertama di Lombok. Tapi menurut saya, aplikasi ini menyempurnakan kekurangan-kekurangan dari aplikasi belanja sayur online yang pernah ada sebelumnya di Lombok. Ada banyak sekali keunggulan di dalamnya, yang membuat saya yakin untuk tetap menggunakan aplikasi tersebut untuk aktivitas belanja sayur dan kebutuhan dapur lainnya di hari-hari yang akan datang. Lantas, apa saja sih keunggulannya?

๐Ÿฅ• Tampilan Aplikasi yang User Friendly

Selain ringan (hanya sebesar 18MB), aplikasi Pasar Mandalika pun memiliki tampilan yang user friendly. Sangat mudah digunakan, bahkan untuk mereka yang pertama kali menggunakan aplikasi-aplikasi belanja online. Pilihan warnanya pun nyaman, tidak terlalu mencolok dan sesuai dengan branding belanja sayur yang dibawa.

๐Ÿฅ• Ongkos Kirim atau Biaya Pengantaran yang Terjangkau

Ongkos kirim atau biaya pengantaran sering kali menjadi pertimbangan seseorang saat hendak belanja online. Besaran ongkos kirim yang ditetapkan oleh aplikasi Pasar Mandalika tergolong terjangkau dibanding jasa kurir online di Lombok lainnya. Hal ini dikarenakan, CV Abbasy Karya Mandiri menggunakan kurirnya sendiri yaitu Mandalika Express. Adapun biaya pengantarannya adalah sebesar Rp8.000,- untuk seluruh wilayah Kota Mataram, dan Rp12.000,- untuk wilayah Lombok Barat (yang berbatasan langsung dengan Kota Mataram).

belanja sayur online di lombok

๐Ÿฅ• Produk Segar karena Berasal dari Lahan Sendiri

Sebelum kehadiran aplikasi Pasar Mandalika, CV Abbasy Karya Mandiri dikenal sebagai supplier sayur untuk sejumlah hotel. Maka tak heran jika produk-produk yang dipasarkan merupakan produk yang berkualitas baik. Untuk produk sayuran, buah-buahan, dan ikan air tawar sendiri, dijamin sangat segar karena berasal dari lahan sendiri. Sedangkan untuk produk lainnya, yang tidak tersedia di lahan mereka, diambil dari penyedianya langsung/tangan pertama.

๐Ÿฅ• Pengemasan Produk yang Baik

Selain segar dan berkualitas, produk yang dibeli melalui aplikasi Pasar Mandalika pun dikemas dengan sangat baik dan rapi. Jangan bayangkan bahwa mereka hanya membantu membeli produk di pasar untuk kemudian diantarkan ke rumah. No, salah besar! Staf Pasar Mandalika akan mengemasnya terlebih dahulu, sebelum diantarkan pada pelanggan. Jadi sayuran, ikan, maupun produk lainnya, dijamin gak dalam keadaan berantakan asal numpuk di plastik deh! Solusi banget buat kita yang pengen belanja rapi. Hhahahah.. (((belanja rapi)))

๐Ÿฅ• Harga Produk yang Murah

Dengan segala kemudahan yang diberikan, jangan khawatir, karena harga produk di aplikasi Pasar Mandalika gak naik kok! Bahkan saat saya share struk belanja saya di media sosial beberap waktu yang lalu, teman-teman pada takjub sama harganya. Murah guys! Hahahaha. Karena kepo sama perbandingan harganya, saya jadi iseng juga nanya ke keluarga maupun teman yang emang rajin belanja di pasar, jawabannya sama: wuahhh murah lho ini~

๐Ÿฅ• Pilihan Produk yang Lengkap

Gak hanya menyediakan produk sayur, tetapi juga tersedia lauk pauk dan lainnya. Pilihan dagingnya sangat lengkap, komplit dengan jenis-jenisnya. Saat hendak membeli udang saja, saya sampai bingung harus pilih yang mana. Banyak banget jenisnya! Buah-buah yang tersedia di sana juga komplit, dan murah dong! Selain itu, ada produk groceries macam susu, keju, dan lainnya. Paling kurangnya sih di produk groceries ini, semoga kedepannya bakal ditambah lagi jenis produknya.

Gimana? Asyik kan yaa! Selain praktis dan hemat, kita juga turut membantu keberlangsungan para pedagang yang berjualan di luar sana. Jadi, yuk install aplikasi Pasar Mandalika sekarang juga ๐Ÿ™‚

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

16 Comments

  • Baiq Rosmala 25 February 2021 at 9:36 pm

    Asiiik aku juga udah doong ngerasain serunya berbelanja online di aplikasi pasarmandalika ini. Sejauh ini the best lah dibanding yang lain, mulai dari user-friendly, pengemasan yg super bersih dan rapi, sampai waktu pengemasan dan pengiriman yang lumayan cepat.

    Reply
  • Intan Aryaning 26 February 2021 at 6:03 am

    Otw download thx mbak andy ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

    Reply
  • Bambang Irwanto 6 April 2021 at 8:44 am

    Pastinya ini sangat membantu sekali ya, Mbak. Apalagi di masa pandemi. Jadi kita tidak perlu keluar rumah hanya belanja sayuran. Langsung diantar dengan harga terjangkau. Akhirnya bisa mencegah penyebaran covid juga.

    Reply
  • Siti Mustiani 6 April 2021 at 12:18 pm

    Mantep kalau beli online gini, lebih praktis dan tentu nya produk yang diberikan merupakan produk pilihan terbaik dan masih seger-seger yaa mbak.

    Reply
  • Fenni Bungsu 6 April 2021 at 2:39 pm

    Ini memang sangat membantu belanja secara daring, apalagi harganya terjangkau, jadi kan gak perlu berkerumun ya

    Reply
  • apura 6 April 2021 at 4:36 pm

    Nah makin banyak nih start up belanja ke pasar online. Hihi. Di Bengkulu juga udah ada, beda nama aplikasinya sih. Tapi aku udah beberapa kali nyoba jasanya. Beneran membantu.

    Reply
  • Artha Nugraha Jonar 6 April 2021 at 4:46 pm

    Aplikasi yang berguna banget. Sudah saatnya memang semua aspek bisa didigitalkan, termasuk untuk belanja sayur. Keren banget ya, Lombok sudah punya aplikasi seperti ini.

    Reply
  • Alfa Kurnia 6 April 2021 at 5:14 pm

    Aplikasi belanja sayur online gini membantu banget ya, Mbak. Aku pun sering pakai di Sidoarjo tapi namanya beda. Hargany tetap sama dengan harga pasar jadi lebih irit.

    Reply
  • Icha Marina Elliza 6 April 2021 at 7:41 pm

    Lombok keren euyyy udah ada aplikasi belanja yaitu pasar Mandalika. Gak perlu repot-repot keluar rumah, harga murah pula. Seandainya di sini udah ada ya . Pengen ikut order juga.

    Reply
  • Dian 6 April 2021 at 9:38 pm

    wah senangnya ya, sekarang belanja sayur pun bisa online
    apalagi sayurnya juga segar segar gini
    ini g perlu galau lagi menanti kedatangan tukang sayur ya mbak

    Reply
  • Siska Dwyta 6 April 2021 at 9:39 pm

    Wah asyik nih kalau ada aplikasi belanja kebutuhan dapur seperti aplikasi Mandalika ini. Urusan berbelanja pun jadi praktis. Jadi nggak perlu repot-repot lagi ke pasar. Tinggal pesan saja via aplikasi. Menarik deh.

    Reply
  • Yurmawita 6 April 2021 at 10:23 pm

    Wah bisa banget nih buat mom yang pekerja gak sempat ke pasar tinggal klik di aplikasi aja ya. Di tempatku udah ada belum ya aplikasi belanja sayur begini

    Reply
  • Karyati Niken 6 April 2021 at 11:39 pm

    Wowww ternyata belanja sayur online di Lombok menggunakan aplikasi Pasar Mandalika lebih memudahkan kita ya mbak.

    Aku juga pernah belanja sayur online dan bisa dapat banyak ragam pilihan juga hehe

    Reply
  • Yuni BS 7 April 2021 at 12:06 am

    Saya juga agak nggak suka di keramaian seperti pasar. Makanya andai ada aplikasi kayak mandalika di wilayah tempat tinggal saya, maka pasti akan memanfaatkan itu saja. Hehehe

    Reply
  • Fachrur Rozi 8 April 2021 at 5:52 pm

    Aplikasi sangat bermanfaat banget untuk para ibu rumah tangga apalagi untuk cheeff koki karena bisa memilih sayur secara online yang hanya ada di lombok

    Reply
  • Euisry Noor (isrinur.com) 8 April 2021 at 11:56 pm

    Keren nih di Lombok udah ada aplikasi belanja bahan makanan dari supplier lokal. Makin praktis aja ya buibu belanja tinggal klik klik dan tunggu dianterin.
    Pengen juga kayak gitu, selama ini aku belanjanya ngandelin tukang sayur yg lewat atau Deket rumah aja. Gak lengkap jadinya

    Reply

Leave a Comment