Potensi Wisata Lombok, Telusuri Perjalanan Hasil Bumi

potensi wisata Lombok

Potensi Wisata Lombok, Telusuri Perjalanan Hasil Bumi. Selain alam, sejarah, maupun budayanya. Tentu masih banyak potensi wisata Lombok yang bisa digali dan dikenalkan pada khalayak ramai. Baik itu nantinya sekadar dikunjungi, atau bahkan bisa dipelajari. Sebagai sebuah pulau yang dikenal sebagai Pulau 1000 Masjid, Lombok pun dikenal akan objek wisata alamnya yang sangat indah. Ada banyak sekali pantai dengan ciri khas keindahannya masing-masing, ratusan air terjun, pulau-pulau kecil (gili), dan bukit-bukit yang seolah memanggil untuk dikunjungi. Menyiapkan waktu seminggu bahkan sebulan untuk mengeksplor keindahan Lombok, rasanya tak cukup. Sebab terlalu banyak destinasi, baik yang mudah maupun sulit diakses. Mereka yang tinggal di Lombok dan doyan traveling saja bisa dipastikan belum khatam akan seluruh titik objek wisata di pulau yang terletak di Provinsi NTB ini.

Meski sudah memiliki banyak objek wisata alam, sejarah, budaya, maupun kuliner. Sebenarnya, masih banyak pula potensi wisata Lombok yang bisa digali, dikelola, untuk kemudian dikenalkan kepada para wisatawan. Dimana pastinya akan memberikan manfaat bagi mereka yang mengelola, siapa saja yang terlibat dengan program wisata yang dibangun tersebut. Bukan tentang dibuka dan dibukanya terus tempat wisata baru, atau diwujudkannya berbagai ide atau program wisata, sebanyak-banyaknya. Tetapi juga bagaimana setelah dibuka, kemudian tetap dikelola dengan baik, sehingga tidak sekadar menjadi destinasi wisata yang heboh di awal saja.

Potensi Wisata Lombok, Telusuri Perjalanan Hasil Bumi

Berbicara tentang objek wisata alam di Lombok, sungguh banyak sekali. Siapa yang tak kenal Gunung Rinjani, selain merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung Rinjani juga dikenal sebagai gunung dengan keindahan panoramanya yang mengagumkan. Masih dalam kawasan TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani), berdiri pula bukit-bukit yang tak kalah cantiknya. Gunung dan bukit-bukit itu pun sudah dimasukkan ke dalam satu program wisata pendakian yang diberi nama Sembalun 7 Summits.

Kemudian pantainya, ah rasanya butuh waktu lama untuk tuntas mendatangi semua. Setiap pantai memiliki ciri khas keindahannya sendiri. Ada yang unggul dengan warna putih dan tekstur butir pasir, ada pula yang unggul dengan gradasi warna air lautnya. Di satu pantai mungkin akan kita dapati fasilitas lengkap, sangat pas untuk kegiatan gathering keluarga. Sedang di pantai lain, rasanya menjadi tempat yang tepat untuk menikmati kesendirian. Melakukan apa yang kita senangi dengan suasana yang tenang,

Mengenal Hasil Bumi di Lombok

Gunung pun bukit-bukit, sudah. Pantai, sangatlah banyak. Demikian juga dengan air terjun, pulau-pulau kecil (gili), dan berbagai objek wisata alam lainnya. Rasanya sudah menjadi objek wisata andalan yang terdapat di Lombok, NTB. Belum lagi kulinernya, siapa yang tak kenal menu-menu berikut: Ayam Bakar Taliwang, Sate Bulayak, Bebalung, Sate Rembiga, Pelecing Kangkung, hingga Beberuk? Sebagian besar orang tentu sudah mengenal menu-menu tersebut sebagai makanan khas dari Lombok. Karena komplitnya jenis-jenis objek wisata ini, saya kemudian terpikir akan potensi wisata Lombok yang kira-kira bisa diciptakan?

Potensi wisata yang kira-kira bisa digali selain objek wisata alam tersebut yakni wisata mengenal hasil bumi di Lombok. Sebuah ide yang memadukan kegiatan edukasi (pendidikan) dengan wisata, atau akrab disebut eduwisata. Tujuannya untuk mengenal apa dan bagaimana hasil-hasil bumi dari Lombok itu berasal, dan selanjutnya diproses menjadi apa sehingga dapat bermanfaat. Kita pun sebagai wisatawan (baik yang berasal dari dalam maupun luar Lombok) bisa lebih mengenal daerahnya/daerah yang dikunjunginya itu. Mengenal apa saja hasil bumi yang terdapat di sana, pun dimanfaatkan menjadi apa.

Dari Berbagai Hasil Bumi, Tercipta Banyak Produk Lokal Kebanggaan

Lombok memiliki banyak sekali hasil bumi dengan kualitas baik. Entah itu berbagai jenis biji-bijian/kacang-kacangan, maupun yang lainnya. Hasil-hasil bumi tersebut setelah diproses, maka dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat. Bisa kita lihat produk-produk lokal Lombok yang ada saat ini. Dimana sebagian besar bahan dasarnya menggunakan hasil-hasil bumi dari daerah sendiri. Entah itu penganan ringan, lauk pauk, obat-obatan, maupun skincare alami anti jerawat. Itulah mengapa penting bagi kita untuk mempelajari bahan-bahan dasar produk tersebut, seperti biji-bijian. Mengenal langsung penjelasan dari ahlinya, maupun pengelolanya. Mengetahui bagaimana ia dapat tumbuh dengan baik, dan memikirkan ide untuk apa kelak pemanfaatannya.

Sekadar berjalan menikmati keindahan alam Lombok saja tak cukup. Maka belajarlah lebih banyak pada apa yang ditanam dan dihasilkan di tanah Pulau 1000 Masjid ini. Ke depannya mungkin para penyedia program tour and travel mau menerapkan ide wisata ini, pasti bagus banget lho. Jadi misalnya, gak hanya menikmati panen Stroberi petik sendiri di Sembalun. Tetapi juga belajar bagaimana mulai menanam Stroberi, pun tahu hal-hal apa yang diperhatikan agar Stroberi yang dihasilkan dapat berkualitas baik. Begitu juga saat menikmati lezatnya kopi Lombok, kita diperbolehkan untuk tahu, di mana sih kopi-kopi tersebut berasal. Bagaimana proses yang dilalui untuk kemudian menjadi secangkir kopi yang dinikmati di kafe maupun kedai.

potensi wisata Lombok

Kelengkapan saat Wisata Hasil Bumi

Saat mengikuti program wisata untuk mengetahui lebih jauh tentang hasil bumi, maka kita tentu perlu menyiapkan sejumlah perlengkapan. Beberapa diantaranya yaitu: pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk dipakai bertualang, kamera, alat tulis yang praktis dibawa ke mana-mana, termasuk pula smartphone komplit dengan paket datanya. Sudah tahu dong yaa.. Ada yang namanya Gokil Max dari Smartfren. Yang pastinya dapat digunakan selama keliling berwisata di Lombok. Dimana teman-teman cukup membeli kartu perdananya, kemudian bisa menikmati kuota lokal 24 jam. Khusus di daerah yang dimaksud yaa.. Udah gitu, paket data dan juga voucher data yang sangat terjangkau harganya dengan sinyal yang kuat. Gak tanggung-tanggung! Untuk voucher data Gokil Max 21 GB, harganya hanya sekitar 50ribu rupiah saja! WOW WOW WOW banget gak tuh?

Jadi, yuk ah eksplor keindahan Lombok dan gali potensi wisata yang ada di sana~

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment