Spaghetti Aglio Olio, Resep dan Cara Membuatnya

spaghetti aglio olio

Spaghetti Aglio Olio, Resep dan Cara Membuatnya. Pernah coba Spaghetti Aglio Olio? Menu yang satu ini sangat cocok bagi pecinta pedas dan cara membuatnya sangatlah mudah. Sejak kecil, saya sangat menyukai menu-menu yang berasal dari Italia, seperti: pizza dan berbagai pasta (spaghetti, fettucini, dll). Tidak sulit bagi saya untuk mengurangi makan nasi (salah satu anjuran saat program diet), tapi susahnya adalah karena saya doyan makan pizza, pasta, roti, dan sejenisnya. Entahlah, rasanya lezat dan menyenangkan sekali menyantap makanan-makanan tersebut. Salah satu yang menjadi favorit saya baru-baru ini adalah Spaghetti Aglio Olio.

Bagi saya yang gak terlalu suka spaghetti berjenis creamy macam Carbonara atau Alfredo, serta yang terlalu bersaus macam Bolognese, Aglio Olio tuh pilihan yang sempurna. Terlebih lagi, saya memang suka makanan pedas. Biasanya kan kalau lagi pengen banget, saya pesannya via aplikasi ojek online tuh. Ada beberapa resto atau kafe di Mataram sini yang pernah saya coba, walau yang jadi andalan ya tetap Rock Gilis. Seporsinya dibanderol seharga Rp40.000,- an, dimana terdapat dua varian, yakni: Chicken Mushroom dan Baby Squid. Harganya lumayan mihil ya bun, gimana dong..saya suka..

Spaghetti Aglio Olio, Resep Andalan saat Ramadan

Sempat mikir sih, apa saya belajar bikin sendiri aja ya? Tengok-tengok resep di channel resep masakan favorit dan pencarian hastag di instagram, kok rata-rata susah ya? Mesti pakai paprika, minyak zaitun, keju parmesan, dan lain-lain, yang kalau dilihat-lihat harganya lumayan juga. Kelamaan mikir gitu biasanya berujung udah deh saya pesan di aplikasi aja lagi. Wkwkwk. Boros lagi dong, jajan di luar, porsinya dikit-harga lumayan. Sampai akhirnya, saya ketemu postingan teman yang ternyata doyan spaghetti varian Aglio Olio juga, dia buat sendiri, gampang katanya. Pas saya sesuaikan dengan resep yang saya temukan. Dia bilang: gak usah ribet, pakai yang ada saja! Kalau ngikut itu, ntar gak jadi-jadi makannya, padahal rasanya kurang lebih ya sama aja.

spaghetti aglio olio

Saya makin penasaran dong, masa iya? Oh ya, percobaan resep pertama tuh saya praktikkan sebelum bulan Ramadan ya. Jadi pas puasa, ku syudah lantjar jaya doang berkreasi dengan menu yang satu ini. Jatuhnya malah lebih doyan makan berat spaghetti dibanding nasi putih dan lauknya. Hahahaha. Bener-bener jadi resep andalan saat Ramadan malah, ada tuh berapa kali berbuka puasa dan sahurnya saya ya makan ini. Nah, biar ada kandungan seratnya, saya juga merebus pakcoy terpisah yang banyak banget. Ada kali saya santap sepiring penuh pakcoy rebus, anggap aja lalapannya gitu kan~

Resep Spaghetti Aglio, Bikinnya Gampang Banget!

Jadi nama sebenarnya itu Spaghetti Aglio e Olio atau Aglio Olio? Sebenarnya sama saja, tapi dari berbagai sumber yang saya baca sih, dari daerah asalnya, disebut sebagai Spaghetti Aglio e Olio. Namun kebanyakan orang sudah akrab dengan nama Aglio Olio, ribet kali kalau mesti sebut huruf ‘e’ lagi. Hehehe. Pasta yang berasal dari Naples/Neapolis/Napoli, sebuah kota yang menjadi kota terbesar ketiga di Italia setelah Roma dan Milan, dikenal sebagai hidangan yang terbuat dari tumisan. Bisa saja dibuat tidak pedas, tapi entah mengapa, kalau mendengar kata Aglio Olio saya sudah terbayang sebagai pasta yang pedas. Baik pedas karena cabai, maupun lada hitamnya. Lantas apa saja sih bahan yang dibutuhkan? Bagaimana cara membuatnya? Gampang gak sih?

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Ya iyalah bahan-bahan yang dibutuhkan, kalau gak dibutuhkan ya gak usah masuk list ini. Wkwkwkw. Agak-agak emang nih yang ngetik~

  • Pasta spaghetti, saya pakai merk La Fonte. Bukan karena di-endorse, tapi memang merk ini yang saya tahu eh yang sudah saya percaya sejak dulu (kali aja habis ini ada kiriman dari La Fonte ye kan~)
  • Minyak Zaitun, kalau gak ada ya udah sih jangan maksa. Pakai minyak Bimoli, Filma, Sania, dll juga bisa.
  • Keju parmesan, udah kebayang sih pasti enak pakai ini. Tapi duh gak kuku sama harganya. Akhirnya kuputuskan saja beli keju Kraft Cheddar. Sekotak yang berat 165gr itu udah bisa dipakai banyak porsi, bisa dipotong-potong juga untuk camilannya Rani – Tita.
  • Udang, fillet ayam, baso sapi untuk isiannya..biar ada proteinnya gitu.. saya biasanya beli di Aplikasi Pasar Mandalika. Aplikasi andalan kita semua.. #mulaiiii
  • Cabai bubuk
  • Lada hitam bubuk
  • Oregano
  • Bawang putih diiris kecil-kecil
  • Daun parsley untuk hiasan, tapi saya makan juga sih. Kalau gak ada, pakai seledri aja. Hihihi.
  • Garam secukupnya

Cara Membuat

  1. Rebus air di dalam panci, tunggu sampai mendidih.
  2. Masukkan spaghetti, beri sedikit garam dan minyak (agar tidak lengket). Tunggu sampai teksturnya al dente (yang sipp saat digigit, tidak lembek..tidak juga keras). Angkat, dan tiriskan.
  3. Siapkan wajan atau teflon, beri sedikit minyak (mentega juga bisa), tumis bawang putih hingga harum.
  4. Masukkan bahan isian seperti udang, ayam, baso sapi, atau apapun. Tumis bersama bawang putih tadi.
  5. Masukkan spaghetti yang sebelumnya sudah ditiriskan. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur.
  6. Taburkan lada hitam bubuk secukupnya. Kira-kira aja ya, jangan sampai kebanyakan, ntar gak enak lho.
  7. Beri pula taburan cabai bubuk sesuai selera. Kalau mau lebih pedas, yang banyak-banyak saja taburnya. BTW, ingat-ingat kondisi perut ya sis! wkwkwk
  8. Aduk kembali hingga tercampur rata.
  9. Sajikan di atas piring. Beri taburan keju parut dan oregano kering. Terakhir, hiasi dengan beberapa lembar daun parsley.
  10. Spaghetti Aglio Olio siap disantap ๐Ÿ™‚

Resep sederhana di atas saya dapatkan dari seorang teman, dengan modifikasi ala saya seadanya. Gampang banget lho itu, dan pastinya super hemat. Sekali beli bahan, udah bisa untuk 2-4 porsi. Sejak bisa bikin sendiri, saya udah gak beli lagi. Sayang uangnya, gaes~ Kalau mau lebih sehat, spaghettinya sedikit aja, banyakin potongan udang/ayamnya, plus siapkan juga sayuran atau buah-buahan untuk disantap terpisah.

Selamat mencoba ๐Ÿ™‚

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

24 Comments

  • Mugniar 15 May 2021 at 1:36 pm

    Wuih enaknya. Nanti kalo ke Mataram … suatu hari.nanti … mau dong dimasakin ini.

    Reply
  • Hamba allah 15 May 2021 at 5:29 pm

    Bismillahirohmanirohimm.. next recipe di endorse la-fonte ๐Ÿ˜๐Ÿ‘Œ

    Reply
  • gina 23 May 2021 at 7:53 pm

    aku suka banget pasta, termasuk spagheti dan fetucini. Resep oglio olio ini sangat mudah. Nanti deh dipraktekan pas weekend

    Reply
  • winda - dajourneys.com 24 May 2021 at 1:28 am

    sama mbak, kalau spaghetti saya sukanya model oglio olio ini, lebih minim “dosa” soalnya wkwkwk trus aku skip kejunya banyakin bawang aja aku mah

    Reply
  • nurulrahma 24 May 2021 at 8:01 am

    Yummyyy!
    Aku penggemar spaghetti dan sukaaaa bgt dgn yg aglio olio ini mba.
    otw eksekusi resepnya di dapur, ahh
    makasiii makasiiii

    Reply
  • Rach Alida 24 May 2021 at 12:28 pm

    Anakku suka makan spageti mba. Dan aku biasanya bikin spageti biasanya pakai bumbu. Kalau yang spageti anglio olio ini belum pernah aku coba. makasih resepnya mba

    Reply
  • Okti Li 24 May 2021 at 1:08 pm

    Kalau jenis mie, keluarga saya memang suka sekali. Jangankan bulan puasa, bulan biasa aja, mie tetap dibikin meski nasi juga ada. Hehehe.
    Resep ini bikin bulan Syawal kami makin happy. Karena nambah “koleksi” makanan jenis mie nya.

    Reply
  • Keke Naima 24 May 2021 at 2:11 pm

    Kami sekeluarga suka banget aglio olio. Biasanya saya bikin sesuai resep tradisionalnya yang hanya pakai bawang putih dan minyak. Paling ditambahin bubuk cabe kalau ingin pedas.

    Kelihatan sederhana, tetapi agak sedikit rumit mengolahnya kalau untuk saya. Jumlah minyak dan bawangnya harus pas. Jadi spaghetti gak terlalu berminyak dan rasa serta aroma bawang putihnya berasa. Kalau udah pas, rasanya memang enak banget.

    Reply
  • Dessy Achieriny 24 May 2021 at 3:10 pm

    Anakku sering bikin resep ini mbak Andy. Sama gak pake keju parmesan cukup cheddar yg terjangkau. Intinya tetep harus ada oregano, kalau gak pake rasanya bakalan beda bgt.

    Reply
  • Jeanette Agatha 24 May 2021 at 3:49 pm

    Aku suka banget sama pasta, apa lagi spaghetti. Memang sih lebih enak pake keju pramesan ya, mbak. Tapi apa daya harganya mahal, huhuhu

    Reply
  • Mechta 24 May 2021 at 4:41 pm

    Lhoo..ternyata nggak rumit2 amat ya mba cara masak Aglio Olio ini. Ih jadi pengen mraktekin deh, secara saya juga pecinta mi dan tmn2nya seperti si mi itali alias spagheti ini. Terima kasih sharing resepnya mba Andy..

    Reply
  • herva yulyanti 24 May 2021 at 5:06 pm

    Aku belum pernah coba spageti Aglio Olio ini mba jadi pengen nih cobain karena anak-anak di rumah tuh suka banget sama spageti

    Reply
  • Elly Nurul 24 May 2021 at 6:19 pm

    anak anak dirumah suka banget spagetti.. tapi masih yang biasa alias standar hehe karena mungkin emaknya kurang eksplor kreasi spagetti lainnya hehe liat ini jadi ada ide buat kreasi spahetti nanti deh buat makan malam keluarga

    Reply
  • Bundabiya.com 24 May 2021 at 7:52 pm

    aku masih suka spaghetti bolognese deh mba, soalnya rasanya lebih cocok di lidah haha.. kalau spaghetti yang lain, kadang aku kurang cocok apalagi yag terlalu creamy

    Reply
  • Ria Nugros 25 May 2021 at 8:07 am

    Mudah yaa membuatnya, selama ini bikin bolognese ajaaa. Kapan-kapan coba bikin juga ahh

    Reply
  • Nunu Halimi 25 May 2021 at 8:45 am

    Menu favorit saya juga nih, bikinnya simpel rasanya enak, belum pernah bikin pakai tambahan bakso, jadi pingin coba

    Reply
  • Ida Tahmidah 25 May 2021 at 8:51 am

    Wah asyik nih anak2 suka spagheti banget tapi aku belum pernah nyoba bikin yang aglio olio ini… jad pengen nyoba deh ๐Ÿ˜€

    Reply
  • Nia Haryanto 25 May 2021 at 9:22 am

    Wah wah, enak ini. Aku belom pernah bikin sendiri yang begini. Nyobain bikin ah. Gak susah juga kayaknya. Anak-anakku pasti suka ๐Ÿ˜€

    Reply
  • Lita Chan Lai 25 May 2021 at 10:07 am

    wah, dikasih resepnya. jadi pengen coba bikin Spagheti Oglio Olio. bahan2nya juga mudah di dapat. tinggal ke supermarket aja deh…

    Reply
  • Sri Widiyastuti 25 May 2021 at 12:46 pm

    sama mbak aku juga kalau beli pasta ya la fonte, cocok aja sih dengan selera saya dan keluarga, enak ya mbak bikin spagheti ala rumahan. kalau saya gak pernah pake udang sih, lebih suka udangnya digoreng terpisah. kalau sausnya saya kasih daging cincang. lebih berlemak

    Reply
  • Heni 25 May 2021 at 1:19 pm

    Sayapun klo makan spaghetti yang terlalu creamy itu agak gampang mblenger. Tapi anak saya yang kecil doyan Mba he he.

    Reply
  • Zia 25 May 2021 at 2:05 pm

    Wah, ini bisa jadi rekomendasi ide menu buat makan malem. Kebeneran bahannya ada di rumah. Hmmm yummy ya mba. Makasih resepnya ya.

    Reply
  • Cindy Vania 25 May 2021 at 3:52 pm

    Aku selalu bertanya2 bikin spageti aglio olio tuh kayak gmn ternyata mudah banget ya. Jadi inget cerita tentang aglio olio ini favenya keluarga miskin di Italia karena mudah murah cara bikinnya.

    Kalau di sini tetep jadi mahal karena seafoodnya gak murah juga yaa >.<

    Reply
  • Mutia Nurul Rahmah 5 June 2021 at 11:16 am

    aku belum pernah ni masak spaghetti aglio olio, biasanya masak yang creamy-creamy. Mantab resepnya nih

    Reply

Leave a Comment