Lombok atau Bali, Mana yang Asyik Jadi Destinasi Liburan?

lombok atau bali

Lombok atau Bali, Mana yang Asyik Jadi Destinasi Liburan? Kalau diminta memilih antara dua destinasi wisata ini, Lombok atau Bali, manakah yang bakal kalian pilih dari dua pulau ini? Dua pulau yang letaknya bersebelahan, yang dikenal sebagai pulau yang kaya akan objek wisata alamnya yang indah, terutama pantai. Baik di Lombok maupun Bali, tidak sulit bagi para wisatawan untuk menemukan pantai dengan pasirnya yang putih, serta gradasi birunya air laut yang khas. Tak heran jika keduanya menjadi destinasi wisata yang digemari oleh tak hanya wisatawan domestik, tetapi juga mancanegara. Teman-teman ada yang pernah berwisata ke sana? ke salah satu atau dua pulau tersebut?

Ayah saya adalah orang sasak, suku bangsa yang mendiami Pulau Lombok. Meski sejak kecil kami bertualang dari satu pulau ke pulau lainnya, pada akhirnya -setidaknya sejak 2012 lalu- saya dan keluarga kecil pun resmi berdomisili di sini. Tinggal di Kota Mataram, ibu kota provinsi NTB, yang berada di Pulau Lombok. Menariknya, saya justru dilahirkan di Denpasar, Bali. Ya, saya kelahiran Bali. Si lahir di Pulau Bali tapi gak tahu banyak tentang pulau tersebut. Hahaha.

Lombok atau Bali, Mana yang Asyik Jadi Destinasi Liburan?

Lantas manakah yang menjadi pilihan saya? Entahlah, rasanya tak adil sebab saya belum tahu banyak tentang Bali. Berada di sana saat dilahirkan, sesekali mampir saat penerbangan transit, dan berwisata terakhir kali di tahun 2015 lalu. Selebihnya, saya hanya mengetahui Bali dari referensi bacaan di internet, foto-foto di media sosial, pun tentu saja cerita demi cerita dari teman dan keluarga yang baru dari sana. Tidak demikian dengan Lombok, setidaknya 10 tahun terakhir berada di pulau 1001 masjid ini, saya cukup paham sejumlah destinasi wisata ternamanya. Sebut saja Pantai Selong Belanak, Air Terjun Tiu Kelep, dan masih banyak lagi.

Beberapa hari di Bali saat wisata di tahun 2015 tahun lalu, saya hanya sempat ke Nusa Dua dan Kuta. Itupun sepertinya jejak fotonya sudah tak ada. Maklum, ponsel kameranya saja belum mumpuni kala itu.

Sebagai yang Tinggal di Lombok…

Tentu saja saya pilih Lombok. Di samping itu, pulau ini pun terbilang masih belum ramai oleh pengunjung-jika dibandingkan dengan Bali. Masih ada banyak sekali destinasi yang belum viral, yang akan sangat tenang ketika kalian mengunjunginya. Suasana masih alami, pun masih terlindungi dari sampah-sampah yang dibuang oleh mereka yang tak peduli. Di samping itu, sebagai seorang muslim, untuk pilihan makanan akan jauh lebih mudah saya dapatkan di sini.

Tapi, Tak Bisa Dipungkiri bahwa Bali…

Meski demikian, tak dapat dipungkiri bahwa Bali pun menarik. Tak heran jika orang di luar sana lebih mengenal Bali dibanding Indonesia. Senantiasa mengingat Bali ketika berbicara tentang destinasi wisata yang ada di Indonesia. Mengapa? Sebab selain keindahan alamnya, pulau berjulukan Pulau Dewata ini pun jauh lebih siap menerima kedatangan wisatawan. Entahlah, ini pendapat saya pribadi. Saat tahun 2015 lalu berwisata ke sana, saya rasakan betul bagaimana peran serta masyarakat yang baik, kesadaran untuk menjaga kebersihan, serta bagaimana mereka bahu membahu untuk sama-sama menciptakan kenyamanan bagi para wisatawan.

Meski tentu saja, urusan makanan tak semudah di Lombok- mengingat saya yang muslim-, tapi salut sih dengan bagaimana mereka mengelola pariwisatanya. Makanya saat masa pandemi kemarin, terlihat sekali betapa jatuhnya- sepinya di sana. Ya, karena pariwisata menjadi jantungnya. Kehidupan pulau Bali adalah bersumber dari sektor pariwisatanya.

Bandara Internasional Bali Utara

Ngomongin soal Pulau Bali, ada yang sudah tahu belum tentang Bandara Internasional Bali Utara. Sebuah bandar udara di Pulau Bali yang terletak di bagian utara Bali, tepatnya di Kabupaten Buleleng. Rupanya, JNE dan PT. BIBU (Bandara Internasional Bali Utara) baru-baru ini menjalin kerjasama untuk sinergi bisnis, dalam pengembangan jalur logistik dan ekspedisi di Kawasan Indonesia Timur. Dimana penandatangan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan oleh Presiden Direktur JNE, M. Feriadi Soeprapto dan Direktur Utama PT. BIBU Panji Sakti, Erwanto Sad Adiatmoko Hariwibowo, pada Jum’at (28/10/2022) lalu.

lombok atau bali

Mungkin teman-teman bakal bertanya, apa hubungan kerja sama tersebut dengan kemajuan Pulau Bali? Nah, jadi dengan adanya kerja sama strategis ini JNE akan terus mewujudkan semangat “Connecting Happiness”. Dimana dengan beragam program kegiatan dan kolaborasi yang diinisiasi JNE, dapat terus mendukung berbagai kegiatan positif. Tentunya dapat pula memberikan kontribusi dan bergotong-royong untuk membantu pemerintah serta dapat memajukan dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat Bali dan Nasional.

Semoga daerah mana pun itu dapat maju dan tumbuh bersama memajukan pariwisata. Memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan yang datang, serta tentu saja dapat bermanfaat bagi penduduk setempatnya. Lombok atau Bali tidak ada yang perlu dipilih. Keduanya sama-sama nyaman, sama-sama menarik untuk dikunjungi.

Bagaimana? Kapan nih teman-teman berencana berwisata ke Lombok maupun Bali?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

2 Comments

  • wak Lat 12 November 2022 at 5:33 pm

    salam mbak, aku milih Bali .,
    tapi pekan depan aku akan ke Bromo., yok ;p

    Reply
  • Farida Pane 28 November 2022 at 11:28 am

    Aku lebih penasaran sama lombok. Soal kapannya itu yang masih belum memastikan. Moga tahun depan, deh

    Reply

Leave a Comment