Mengawali Liburan Penuh Kesan di Kids Camp Lombok

mengawali liburan

Mengawali Liburan Penuh Kesan di Kids Camp Lombok. Anak sulung saya baru saja terima rapor pagi tadi. Momen tersebut sekaligus menjadi lonceng, pertanda ia mengawali liburan. Sebagai orangtua, saya dan papanya tentu saja sudah berpikir sejak jauh hari akan mengisi liburan semester dengan kegiatan apa. Tentu saja harus disesuaikan dengan masa liburan, lokasi, dengan yang terpenting: budget. Hahaha. Klise, tapi penting. Di atas kertas eh postingan blog bilangnya sih “sudah jauh hari dipikirkan”. Nyatanya? Kami lebih sering dadakan. Termasuk kegiatan mengawali liburan yang benar-benar awal ini. Ya, kami mulai mengajak Rani dan Tita mengisi kegiatan liburan, tepat sepulang terima rapor dari sekolah. Sungguh awal sekali ya.

Kenapa saya sebut dadakan? Karena baru direncanakan dua hari yang lalu. Bahkan, karena merasa pengen gegoleran saja usai terima rapor, ditambah lagi saya ada jadwal webinar siang harinya. Saya sempat berpikir untuk membatalkan saja keikutsertaan Rani. Tapi ah, tidak enak karena sudah tergabung di grup whatsappnya. Lagipula saya sudah menyampaikan rencana tersebut pada Rani dan Tita. Tentu saja jangan sampai keduanya kecewa hanya karena kepentingan pribadi mamanya. Hahahah. Singkat cerita, siapa sangka bahwa kegiatan yang awalnya ingin saya batalkan saja- justru menjadi sebuah momen yang membahagiakan. Tidak hanya bagi Rani dan Tita, tapi bagi saya dan papanya. Masya Allah, senang sekali melihat apa yang mereka rasakan seharian tadi.

Mengawali Liburan Penuh Kesan di Kids Camp Lombok

Urusan penerimaan rapor selesai tepat pukul sembilan. Dengan membawa segala perlengkapan yang telah disiapkan sebelumnya, perjalanan pun kami pulai. Dari info yang disampaikan oleh penyelenggara, kegiatan ini berlangsung di pedesaan. Terbayang sudah hamparan sawah, bunyi gemericik air di sungai, barisan perbukitan dari kejauhan, aih indah! Gambaran keindahan tersebut biasanya terletak jauh dari kota, butuh berjam-jam perjalanan. Nyatanya tidak dengan perjalanan kami kali ini. Adalah Kids Camp Lombok, sebuah tempat yang berada di Desa Saribaye, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Jangankan sejam, 30 menit saja rasanya terlalu lama. Hahahaha. Saat melihat google maps, barulah saya tersadar: Hey! Ini tuh dekat banget dari kota. Terutama dari rumah kami.

mengawali liburan

Tak hanya bukit, bahkan Gunung Rinjani pun terlihat dari sini. Udara yang bersih serta hangatnya sinar mentari pagi sudah menyambut kedatangan kami. Alhamdulillah, kami tiba tepat waktu (meski ada drama nyasar ke rumah makannya orang dulu hahaha). Mrs Emi dan Mrs Amadea langsung menyapa kami, sekaligus berkenalan dan mengantarkan anak-anak ke meja registrasi. Sembari menunggu teman-teman yang lain, Rani dan Tita mengisi waktu dengan mewarnai. Hal yang biasa mereka lakukan di rumah sebenarnya. Tapi hei! Lihatlah! Kali ini kegiatan mewarnainya dilakukan di ruang terbuka dengan pemandangan sekitar yang luar biasa!

Mengenal Kids Camp Lombok

Adalah Kids Camp Lombok, sebuah campground yang dikelola oleh Mrs. Amadea, seorang ibu yang berasal dari Austria namun sudah lama tinggal di Lombok. Ketiga orang anaknya bahkan lahir di Pulau 1001 Masjid ini. Ia bersama dengan suaminya- H. Arifin, dibantu dengan Mrs Emi dan tim, mulai menjalankan usaha campground setelah masa pandemi mereda. Kegiatan yang kami ikuti hari ini adalah kegiatan kedua yang diselenggarakan oleh mereka.

Tita yang Tak Mau Ketinggalan Kereta

Kegiatan ini sebenarnya hanya diikuti oleh si sulung, Rani. Tapi lagi-lagi, Tita-si adik, tidak pernah ingin ketinggalan kereta. Alias pengen eksis juga. Hahahah. Setelah mempertimbangkan kemampuannya mengimbangi kakak-kakak dalam berkegiatan, ia pun saya daftarkan sebagai peserta. Oh ya, karena sedang masa promo, kami hanya perlu membayar uang kegiatan sebesar 50k. Ini sudah termasuk biaya kegiatan dari pukul 10.00 hingga 16.00, snack, buah, makan siang, dan aneka peralatan saat kegiatan nanti. Sebenarnya anak-anak boleh ditinggal dan dijemput saat kegiatan selesai. Tapi tahu sendiri kan, saya sering penasaran sama yang seru-seru begini. Eh dari penasaran, sayanya malah ketagihan mendokumentasikan mereka.

mengawali liburan

Ngapain aja Enam Jam di sana?

Belasan anak, dengan usia yang bervariasi, serta berasal dari sekolah yang berbeda. Bagaimana berkomunikasinya? Senang sekali karena ternyata tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk nyambung satu sama lain. Saling membantu, menolong, sharing, menegur bila ada yang salah, berdiskusi, dll. Speechless deh melihat keakraban mereka. Kuddos juga buat Mrs Amadea, Mrs Emi, dan yang lainnya yang benar-benar menjaga anak-anak, menciptakan vibes yang seru serta menyenangkan bagi mereka. Jadi apa saja yang mereka lakukan selama rentang pukul 10.00-16.00? Wow, enam jam di sawah, apa gak bosan?

Usai registrasi sambil mewarnai gambar, anak-anak pun berkumpul untuk mengikuti pembukaan kegiatan. Mereka berkenalan satu sama lain sambil melakukan ice breaking. Selanjutnya, mereka diajak berkeliling area Kids Camp Lombok Saribaye Lingsar, melihat ada apa saja di sana. Mulai dari kebun mini, sawah, dapur, toilet/kamar mandi, area makan, kandang bebek, dan masih banyak lagi. Puas berkeliling, mereka pun diajak berkumpul kembali di area yang teduh di salah satu sisi camp untuk memulai kegiatan berkarya yaitu melukis botol plastik bekas. Botol plastik bekas yang dibawa dari rumah masing-masing tersebut dilubangi pada beberapa bagian, dilukis, kemudian dijemur.

Makan Buah, Hingga Belajar Cara Menanamnya

Sembari menunggu botol plastik bekas yang telah dilukis tadi kering. Anak-anak beralih ke kegiatan berikutnya. Kali ini, mereka diajak mencicip buah yang disajikan dalam menu yang berbeda, yaitu: rujak dan salad. Tersedia buah pepaya, nanas, dan mentimun. Komplit dengan sambal rujak (yang tingkat kepedasannya disesuaikan untuk anak-anak) dan saos mayon saladnya. Kurang asyik apa tuh? Bersantai di area persawahan, sambil ngobrol dan menyantap rujak/salad bersama. Dalam obrolan mereka, satu sama lain saling bercerita tentang buah pepaya yang bisa dimanfaatkan menjadi makanan/minuman apa saja.

Dari sini pula, anak-anak belajar untuk menyisihkan biji dari buah pepaya yang disantap. Tidak lain agar bisa ditanam sendiri, dengan harapan, kelak mereka bisa menyantap buah-buah pepaya dari biji yang telah ditanam. Mereka belajar pula untuk menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur/digunakan untuk memasak, sebagai penyubur tanaman. Seperti cangkang telur dan air cucian beras.

Santap Siang Super Lezat, Shalat, dan Istirahat Sejenak

Menu makan siang apa yang paling lezat? Jawabannya adalah menu apapun itu, yang disantap di tengah sawah dengan view bukit dari kejauhan, ditemani gemericik air sungai dan semilir angin. Dan siang tadi, belasan anak di Kids Camp Lombok merasakannya, demikian juga dengan saya. Setelah melakukan beberapa kegiatan, tiba saatnya jam makan siang. Nasi putih hangat, sayur bening komak, ikan asin, ayam goreng, mie goreng, sambal, dan buah segar, sudah tersaji di meja kayu panjang. Kami siap santap siang bersama, ditemani cicitan burung dan suara mesin traktor yang silih berganti. Suasana desa semakin terasa karena makanan tadi disantap dari piring makan berbahan enamel, khas zaman dahulu. Kian asyik kala mendengar obrolan-obrolan ringan diantara mereka.

Selepas santap siang, anak-anak bertanggung jawab mencuci peralatan makannya masing-masing. Dilanjutkan dengan shalat berjamaah dan istirahat sejenak. Area campground ini nyaman sekali, ada beberapa bilik toilet/kamar mandi, serta beberapa titik keran air yang dapat digunakan untuk berwudhu.

Belajar Membuat Jaje Tetedok

Tuntas melepas rasa lelah, anak-anak kembali berkegiatan. Kali ini mereka belajar membuat camilan khas Sasak, yaitu Jaje Tetedok. Camilan yang terbuat dari tepung beras, gula, kelapa, ditambah dengan pewarna makanan. Kemudian ditempatkan pada wadah dari daun nangka, dan dikukus hingga matang. Sambil menunggu, anak-anak berkeliling campground dan bermain bersama. Entah itu bermain ayunan, berlarian, kejar-kejaran. Di tengah suasana bermain, gemericik air sungai di bawah sana semakin membuat penasaran.

Melihat Sungai sembari Menunggu Matangnya Camilan

Akhirnya diputuskanlah untuk turun ke area sungai. Tentunya dengan terlebih dahulu Mrs Emi dan tim memberikan pengarahan pada anak-anak bahwa mereka hanya akan turun melihat sungai. Tidak bermain air sama sekali, apalagi berenang. Mengapa? Karena debit air sungai sedang deras-derasnya, tidak aman untuk bermain/turun langsung ke sana. Meski mereka sangat amat penasaran ingin berenang, tapi tentu saja keselamatan adalah yang utama. Lain kali main air di sungainya kan bisa~

Puas melihat aliran air di sungai dari area yang cukup aman, kami pun kembali ke campground. Memainkan banyak sekali games, diantaranya: bermain lompat karet, ayunan, hingga berlomba mencari bendera (per tim). Sampai tiba waktunya mereka menyantap camilan Jaje Tetedok yang tadi dibuat bersama. Selain Jaje Tetedok yang masih hangat, disajikan pula semangka dan minuman. Anak-anak menyantap sajian camilan dengan lahapnya. Ah, setelah bermain aneka games, ternyata pada lapar.

mengawali liburan

Games Terakhir Sebelum Pulang

“Mrs Emi, besok kita ke sini lagi kan?”

“Sudah jam berapa ya? Ini ntar lagi kita pulang?”

Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang terlontar dari bibir mungil mereka. Enam jam lamanya bermain bersama terasa begitu singkat. Mungkin dalam benak mereka, keesokan harinya mereka akan berkumpul lagi di sini, di Kids Camp Lombok. Sebagaimana hari-hari sekolah yang biasa mereka jalani. Nyatanya, kini tibalah pada games terakhir. Belasan anak ini berkumpul di tengah sawah, di area rerumputan tempat biasa tenda didirikan. Memainkan sebuah permainan secara tim, dengan hanya beratapkan hamparan langit yang luas.

“Kids Camp….?”
“Yes!!!”

Yeal-yeal tersebut menutup serunya kegiatan seharian ini. Disambut dengan turunnya hujan yang cukup lebat. Membuat sebagian dari kami berkumpul di berugak, sebagian lainnya melaksanakan shalat ashar di ruangan pos depan. Hujan turun teramat derasnya, mengundang keinginan anak-anak yang tersisa untuk bermain air. Mandi hujan sebagai obat kekecewaan karena tidak mandi di sungai tadi. Rani dan Tita termasuk diantara mereka. Senang sekali, karena ini adalah momen pertama mereka mandi hujan. Hahahaha.

“Rani senang?”, tanya saya.

“Senang”, jawab sulung saya.

“Tita senang?”, tanya saya lagi.

“Iya, besok ke sana lagi kan?”, tanyanya.

Terima kasih atas keseruannya seharian tadi, Kids Camp Lombok. Sungguh kami baru saja mengawali liburan dengan sangat amat banyak hiburan 🙂

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

53 Comments

  • Andiyani Achmad 20 June 2022 at 11:28 am

    membaca ini aku makin pengen traveling ke Lombok, belum pernah lho aku ini mba hehehhe, semoga soon bisa ke sana dan menikmati liburan yang berkesan di Lombok

    Reply
  • winda - dajourneys.com 21 June 2022 at 12:20 am

    waaah serunya, cocok buat liburan kenaikan kelas nih, anakku pasti happy kalau liburan ke sini

    Reply
  • Maria G 21 June 2022 at 2:17 am

    wah Lombok, destinasi wisata impian nih

    masih asli sekaligus kekinian, terlihat dari kehadiran Kids Camp Lombok

    Reply
  • Melina Sekarsari 21 June 2022 at 7:20 am

    Seruuuu…! Aku juga sangat suka mengajak anak-anak berlibur di alam terbuka. Mrs. Amadea kreatif ya, memanfaatkan nuansa indah Lombok sebagai camp liburan buat anak-anak.

    Kayaknya minggu depan mau ajak mereka mendaki Bukit, lanjut rafting nih. Ayo Rani dan Tita, main ke Bogor, yuuuk…

    Reply
  • Reyne Raea 21 June 2022 at 10:26 am

    Seru banget, liburan anak-anak bakalan terasa lebih menarik nih.
    Duh bentar lagi liburan, anak-anak paling suka bermain explore alam gini sebenarnya, tapi maknya bingung ngajak di mana yang memungkinkan 🙂

    Reply
  • Mugniar 21 June 2022 at 11:42 am

    Ih gang, menariknya camping ground-nya. Ternyata masih ada tempat asyik tidak jauh dari rumah letaknya ya.

    Reply
  • Annie Nugraha 21 June 2022 at 11:44 am

    Baca artikelnya dan lihat foto-fotonya aja sudah bisa merasakan keseruannya. Apalagi kalau ada disana ya. Biaya 50K itu rasanya terlalu murah untuk rangkaian aktivitas yang seru dan bermanfaat seperti itu. Ada unsur funnya tapi juga ada sisi pendidikan yang melengkapi. Bener-bener kegiatan liburan yang sangat menyenangkan.

    Reply
  • Mutia 21 June 2022 at 12:14 pm

    Asyik banget ikutan Kids Camp emang mbak. Someday saya juga punya wishlist anak sulung saya yg tahun ini masuk SD juga ikutan kids camp. Biar dia makin tangguh, makin pintar, khususnya pandai bersosialisasi dengan orang-orang baru.

    Biasanya orang tua yang ikutan Kids Camp juga hepi ya, bisa kenalan dan sharing pengalaman plus cerita dengan orang tua anak lainnya. Seru banget lokasinya Kids Camp Lombok. Adem dan hijau.

    Reply
  • Fenni Bungsu 21 June 2022 at 1:09 pm

    Camilannya sepertinya enak itu, udah membayangkan kalau kelapa dan gula menyatu itu enak, ah pengen Jaje Tetedok.
    Menyenangkan acara di sana

    Reply
  • Okti Li 21 June 2022 at 1:19 pm

    Jaje tetedok nya bikin penasaran. Apakah semacam makanan khas dari Korea gitu? Kan terbuat dari tepung beras juga ya? Hehehe …
    Seru banget deh semua aktivitas anak Anka di sana

    Reply
  • Uniek Kaswarganti 21 June 2022 at 1:42 pm

    Alhamdulillah… anak-anak belajar banyak hal di Kids Camp ini ya mba. Pelajaran hidup yang tidak akan didapatnya ketika duduk di bangku sekolah loh… Belajar dengan cara yang super seruuuuu

    Reply
  • eureka-pedia 21 June 2022 at 2:16 pm

    Kids camp Lombok ceritanya seru dan mengesankan, semoga suatu saat bisa merasakan keseruan kegiatannya

    Reply
  • Dhenok Hastuti 21 June 2022 at 4:15 pm

    senangnyaaaa.. aku percaya, anak-anak yang dikenalkan kepada alam sedari dini akan lebih menghargai lingkungan dan makhluk lain. memiliki perasaan yang lebih peka.

    Reply
  • Dian Restu Agustina 21 June 2022 at 5:51 pm

    Senangnya Rani dan Tita di Kids Camp Lombok, beneran ini mengawali liburan dengan sangat banyak hiburan . Keren banget sih keseruan liburan di sini. Duh, di Jakarta baru libur minggu depan huhuhu

    Reply
  • Vivian Wahab 21 June 2022 at 8:39 pm

    Lihat-lihat cerita dan fotonya, sepertinya seru sekali ya buat rekreasi dan healing healing disana. Kapan-kapan mau kesana juga deh

    Reply
  • Yanti Ani 21 June 2022 at 9:32 pm

    Kids Camp memang membawa banyak manfaat ya bagi anak, saya dulu pernah ikut kegiatan semacam itu juga dan bener anak-anak dapat belajar banyak.

    Reply
    • Nurul Rahma 22 June 2022 at 7:54 pm

      Pengin ikutan jugaaaa

      Seruuu bgt kegiatan camp macam gini
      Melatih soft skills anak² juga ye kan

      Reply
  • Tetty 21 June 2022 at 9:33 pm

    waa itu mah kids seneng banget deh, acaranya seru2 dan pasti nagih buat main lagi. Oia ya baru mau liburan, aku jadi kepikiran belum nyiapin kegiatan apa2 heuheu

    Reply
  • Myra (Jalan-Jalan KeNai) 21 June 2022 at 10:47 pm

    Saya pernah beberapa kali ajak anak-anak camping. Memang biasanya anak-anak suka dengan aktivitas begini. Malah katanya lebih seru dari ain gadget hehehe

    Reply
  • lendyagassi 21 June 2022 at 11:03 pm

    Jadi ingat zaman anak-anak masih balita. Rajin banget berburu acara outing begini.. Selain anak-anak happy, Mama juga happy karena bisa berinteraksi dengan banyak orangtua, banyak tenaga pendidik dan anak-anak bertemu dan bekerjasama dengan teman baru.

    Serruu banget acara Kids Camp Lombok.

    Reply
  • Santi Dewi 21 June 2022 at 11:17 pm

    Kegiatan seperti ini seru dan asyik apalagi buat anak2, menjadi pengalaman baru buat mereka. Betewe, biayanya murah banget ya, dengan kegiatan yang banyak dan santapan yang banyak pula 😁

    Reply
  • ainun 21 June 2022 at 11:36 pm

    wahhh aku mau kalau camp camp kayak gini, sayangnya cuman buat anak-anak aja ini ya
    seru banget ini, bisa belajar di alam juga secara nggak langsung. Kayak sekolah alam gitu ya sekilas

    Reply
  • Heni Puspita 21 June 2022 at 11:38 pm

    Wah seru banget! Liburan kayak gini tuh super asyik. Apalagi selama pandemi kemarin kan anak-anak berkutat dengan laptop dan gadget. Jadi asyik banget kalau liburannya berkegiatan di luar ruangan.

    Reply
  • Bunsal 22 June 2022 at 2:36 am

    Rani dan Tita bakal makin senang nih liburan bareng. Manalagi sudah ngerasain keseruan selama ngecamp di Kids Camp. Udara di lokasi campingnya juga mesti seger banget ya. Secara di daerah Lingsar yang masih asri dan banyak kawasan perdesaannya.

    Reply
  • YSalma 22 June 2022 at 5:51 am

    Lombok ternyata bukan hanya pantainya yang juara, alam lainnya juga.
    Kebayang serunya Kids Camp, sebuah awal libur yang sangat menarik dan anak2 menyukainya, padahal mereka tanpa disadari banyak belajar, bukan sekedar bermain.

    Reply
  • Shyntako 22 June 2022 at 7:47 am

    Wah seru banget nih buat mengisi liburan sekolah anak ya, ala-ala camping jadinya plus sambil belajar dan bermain juga, jadi bagus dan anak-anak pasti happy ikutan kaya gini

    Reply
  • Fionaz Isza 22 June 2022 at 8:37 am

    Seru banget kegiatannya kak, melatih anak jadi lebih dengan dengan alam gitu ya.
    Semoga kedepannya di tempat tinggal q ada kegiatan semacam ini juga

    Reply
  • Mpo Ratne 22 June 2022 at 8:38 am

    Sebenarnya apa yang ada disekiling kita bisa di manfaatkan lagi asalkan kita mau dan tahu ilmunya seperti biji pepaya. Camp kids lombok liburan jadi berfaedah

    Reply
  • Mechta 22 June 2022 at 8:57 am

    waah..seru sekali.kegiatan di Kids Camp ini ya..pantas saja anak2 sangat senang menjalaninya.. Semoga di kota kami juga ada lokasi keg seperti ini..mendidik secara fun ya..

    Reply
  • Lintang 22 June 2022 at 9:00 am

    Ini mah seru banget! Apalagi kan sekarang musim liburan. Kids Camp Lombok ini bisa jadi pilihan seru mengisi waktu senggang anak-anak. Apalagi bakal banyak ketemu temen baru.

    Reply
  • Ida 22 June 2022 at 10:18 am

    Beruntung banget bisa ikutan Kids Camp seru ini ya…Liburan jd lebih menyenangkan dan lebih bermanfaat..:D

    Reply
  • Desi 22 June 2022 at 1:48 pm

    musim liburan kyk gini pas bgt nih maen di kids camp. kids camp tg di lombok banyak bgt kegiatannya, tentu anak2 gak bosen selama liburan jadinya ya Mba. rekomendasi nih tempatnya

    Reply
  • Nunung 22 June 2022 at 2:09 pm

    Waaaah seruuu bangeet. Aku seneng mbak kalau ada kegiatan mengisi liburan seru kayak gini biar anak anak lebih dekat dengan Alam dan gak main game terus.

    Reply
    • Yanti ani 22 June 2022 at 4:28 pm

      Setuju mbak Nunung, saya suka kasihan kalau lihat anak selama liburan main hp aja, padahal diluar ada banyak kegiatan yang bisa menyenangkan dilakukan tanpa HP!

      Reply
  • Tian lustiana 22 June 2022 at 4:40 pm

    Seru ya kids camp ini jadi anak ga bosen main hape aja di rumah, anak jadi gerak.

    Reply
  • Bibi Titi Teliti 22 June 2022 at 5:06 pm

    Pastinya Rani dan Tita seneng banget ikutan Kids Camp Lombok yah karena kegiatannya seru banget, aku aja bacanya ikutan seru hehe

    Mulai dari menanam sampai bikin cemilan, nanti bisa dipraktekkan di rumah juga deh hehe

    Reply
  • Jiah Al Jafara 22 June 2022 at 8:52 pm

    Awal liburan di Kids Camp Lombok nyenengin banget ya. Anak-anak jadi dapat pengalaman baru deh. Itu kalau aku tinggal dekat sana, mau juga ajakin Keponakan. Mumpung liburan sekolah ini

    Reply
  • Eri Udiyawati 22 June 2022 at 9:04 pm

    Berhubung masih promo, murah meriah ya. 50K udah dari jam 10 – 4 sore. Udah termasuk snack dan makan siang juga. ..

    Anak-anak bisa have fun sambil berkegiatan dengan panorama yang memanjakan, juga bisa menambah banyak temen-temen

    Reply
  • Gusti yeni 22 June 2022 at 9:23 pm

    Waaah maak tinggal di Lombok ya, yukss kopdar kamis minggu depan tgl 30 sampai 4 juli saya ke.Lombok.

    Kegiatan mengisi libur anak sangat keren positif sekali.

    Reply
  • indah savitri 22 June 2022 at 9:59 pm

    aneka kegiatannya asyik – asyik bangeeet nih mba.. aku suka banget liatnya dan jadi pengen ikutan juga hehe

    Reply
  • Dian 22 June 2022 at 10:11 pm

    Wah seru banget acara Kuda Camp ini ya mbak
    Anak-anak pasti mendambakan pengalaman yang menakjubkan dan tak terlupakan

    Reply
  • Eni Martini 22 June 2022 at 11:34 pm

    Duh, kebayang banget kalau aku aja anak-anakku dan keponakan ke sana. Apalagi sejak pandemi lama banget mereka nggak merasakan wisata kayak gini

    Reply
    • Sri Widiyastuti 26 June 2022 at 6:25 pm

      toss mak, samaan dengan aku secara anakku semuanya suka banget sama kegiatan beginian, kayakanya bakal betah dan nagih pengen ikutan kids camp terus deh

      Reply
  • Ugik Madyo 22 June 2022 at 11:56 pm

    Seru banget kids camp ini Kak. MUrah banget selama 6 jam 50 ribu sudah pakai makan siang lagi. Kegiatannya full dan seru semua. Anak-anak pasti senang banget nih.

    Reply
  • lendyagassi 23 June 2022 at 1:01 am

    Anak-anak paling seneng main di sawah dan berinteraksi dengan alam dan teman-teman yaa.. Sungguh ingin mengulang kembali bermain bahagia di Kids Camp Lombok.

    Reply
  • umimami 23 June 2022 at 1:03 am

    serunya main di alam sambil mendapat ilmu ya, ke lombok ini masih jadi wishlist nih, semoga bisa segera kesana juga 🙂

    Reply
  • Nyi Penengah Dewanti 24 June 2022 at 4:45 am

    MasyaAllah Mba Andy diriku jadi pengen ikutan liburan juga bareng mereka. Rame seru happy banget ya Mba tempat nyaman. Moga2 ada rejeki main ke lombok

    Reply
  • Mirna Rahayu 24 June 2022 at 6:48 pm

    Kalo diliat dari fotonya emang kentara anak-anak happy yah , berasa summer camp kalo di luar negeri. Awal bulan lalu suami juga sempat ke Lombok tapi dalam rangka pekerjaan, dia nyobain surving, kayaknya kapan2 kalo kesana lagi bisa main ke perkebunan seperti ini

    Reply
  • Sri Widiyastuti 25 June 2022 at 2:03 am

    seru banget ya program kids campnya mbak, beneran bikin anak anak senang dan ketagihan lah itu yaa. jadi kepikiran untuk buat kegiatan yang sama dengan anak anak moga ada kids camp juga di sini

    Reply
  • Faradila Putri 27 June 2022 at 4:24 pm

    Seruuu banget! Kalau suami aku penempatan di Lombok, mungkin aku udah otw masukkin anakku ke Kids Camp Lombok yaa hihi. Ada buat adult ga sih? Aku juga jadi pengen hahaha

    Reply
  • cicifera 30 June 2022 at 8:20 pm

    akk! kids camp lombok, aku baru tau ada ini. seru banget yaa.. pas banget di moment liburan sekolah begini, anak2 bisa cobain camping di alam terbuka. terimakasih sudah berbagi cerita ^^

    Reply
  • Gemaulani 30 June 2022 at 11:38 pm

    Hwaaa seru banget deh Kids Camp Lomboknya, itu selain makan buah juga belajar menanam pepaya dari bijinya ya. Seru-seru kegiatan selama 6 jamnya deh

    Reply
  • Ricefields Story, Makan Minum Renang Santai - Blognya Andy Hardiyanti 1 July 2022 at 11:37 am

    […] sekitarnya. Saya tahu tempat ini tuh pertama kali saat menemani anak-anak mengawali liburannya di Kids Camp Lombok. Dalam perjalanan ke sana, kami melintasi sebuah tempat yang kok aesthetic ya? konsepnya kafe gitu, […]

    Reply

Leave a Comment