Tempat Wisata Religi di Lombok

tempat wisata religi

Tempat Wisata Religi di Lombok. Kalau ditanya tentang tempat wisata religi di Lombok, maka satu hal yang paling teringat adalah Islamic Center. Sesuai namanya, tempat ini bisa dikatakan sebagai pusat kegiatan agama Islam di Lombok. Entah itu kajian, belajar tahsin, pameran buku, shalat berjamaah, dan lain sebagainya. Ruang serbagunanya pun terkadang digunakan sebagai tempat acara pernikahan (termasuk religi gak? hahaha). Ngomongin destinasi wisata religi di Lombok ya pastinya banyak lah ya, gak terpaku pada bangunan masjid saja. Coba deh googling, maka teman-teman akan menemukan nama-nama diantaranya: Pura Batu Bolong, Makam Batu Layar, Masjid Ridwan Arsitektur China, dan masih banyak lagi. Berhubung keyakinan saya adalah Islam, maka fokusnya ya pada masjid- terutama yang sudah saya datangi, dan inilah: Islamic Center Lombok NTB.

Tahu kan julukan dari pulau Lombok tuh adalah Pulau Seribu Masjid? Gak heran sih dijuluki demikian, jarak satu masjid dengan masjid lainnya tuh dekat soalnya. Udah gitu, besar pun masjidnya! Besar dan megah, gak biasa aja pokoknya. Malah di beberapa tempat, ada lho masjid yang lokasinya nyaris berhadapan. Hahahah. Kebayang gak gimana sahut-sahutannya kalau adzan atau pengumuman di sana? Walau saya pernah dengar kawan bercerita, kalau letaknya berdekatan begitu, kadang hanya salah satunya yang dipakai untuk kegiatan besar, misalnya shalat jumat maupun shalat ied. Gak keduanya gitu.

Islamic Center, Salah Satu Tempat Wisata Religi di Lombok

Kalau ini adalah kedatangan pertama kalian di Lombok, maka hampir pasti, Islamic Center menjadi satu dari sekian banyak objek wisata yang bakal disamperin. Entah itu emang beneran pengen lihat bangunannya, atau mampir untuk melaksanakan shalat. Apalagi mengingat lokasinya yang benar-benar berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Udayana, Kota Mataram, ibu kota Provinsi NTB. Sayang banget sih kalau ke Lombok, tapi gak mampir ke tempat ini.

Nama keseluruhan bangunan ini adalah Islamic Center, masjidnya bernama Masjid Hubbul Wathan. Masjid besar yang selalu ramai dengan berbagai kegiatan. Bagi para pendatang, yang blas gak punya teman, keluarga atau kenalan di sini, saran saya, coba deh sesekali mampir ke sini, ikut kajian atau apalah. Insya Allah, ada banyak para pegiat rohani Islam yang baik banget di sana. Tahu kursus tahsin yang ngehits di media sosial instagram dengan akun @ngajilagi.id kan? Nah, lokasi belajarnya setiap sore di hari Senin dan Rabu tuh di sini. Selain itu, ada pula kelas-kelas qur’an oleh penyelenggara lainnya, bahkan kelas mengaji untuk para disabilitas lho!

Suasana Islamic Center di Bulan Ramadan

Pada bulan ramadan, Islamic Center selalu ramai dikunjungi. Entah itu untuk datang ke bazar atau pameran Pesona Khazanah Ramadan, atau memang untuk melaksanakan ibadah di Masjid Hubbul Wathan. Terkadang, masjid ini pun mengundang para syekh atau imam besar dari berbagai negara muslim lainnya untuk menjadi imam shalat tarawih. Masjid ramai dengan lantunan ayat-ayat qur’an dari para qori’ yang tengah mengikuti lomba, atau memang sedang bergantian membaca ayat suci Al-Qur’an.

Saat malam hari, cahaya lampu masjid dan menara Islamic Center sungguh indah, terlebih lagi ketika diiringi gema adzan maupun lantunan kalam ilahi. Masya Allah. Kalau dekat rumah, rasanya selalu ingin pergi ke sana. Bulan puasa ramadan begini, tak perlu khawatir, urusan takjil dan buka puasa, ada saja tersedia di sana. Terlebih lagi pada sepuluh hari terakhir ramadan, jamaah berbondong-bondong melaksanakan i’tikaf. Para donatur entah dari mana, berlomba-lomba pula memberi sedekah terbaiknya, untuk jadi menu takjil, buka puasa, hingga santap sahur para jamaah i’tikaf.

Kerap Kali Dikunjungi Wisatawan Asing

Ramadan maupun tidak, Islamic Center kerap kali kedatangan kunjungan dari para wisatawan asing/mancanegara. Mungkin mereka kagum pada keindahan bangunannya, atau memang hendak melihat apa saja kegiatan yang dilakukan di sini. Pastinya, ada aturan tersendiri untuk memasuki kawasan ini ya. Yaitu mengenakan pakaian sopan, lagi-lagi, karena ini adalah masjid- rumah Allah, tempat untuk melaksanakan shalat. Wisatawan gak perlu khawatir, karena oleh pihak Islamic Center sudah disediakan semacam jubah ada hoodienya gitu, agar mereka terliha mengenakan pakaian tertutup.

Segitu dulu ya cerita saya tentang Islamic Center, sebagai salah satu tempat wisata religi di Lombok. Semoga kapan-kapan bisa bercerita tentang destinasi lainnya.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment