Ngabuburit Ramadan di Lombok, Asyik Ke Mana ya?

Ngabuburit Ramadan di Lombok, Asyik Ke Mana ya? Buat yang bingung, ngabuburit ramadan di Lombok tuh asyiknya di mana, mungkin bisa mempertimbangkan beberapa tempat di tulisan ini. Indonesia itu indah, setiap kota, setiap daerah, punya cerita dan keindahannya masing-masing. Apalagi kita udah tinggal lama di tempat tersebut, udah mencari tahu tempat-tempat menarik di sana. Di antara tempat-tempat indah itu, pasti ada aja tempat yang menurut kita- pun sebagian besar orang di daerah itu, ah cocok nih jadi tempat ngabuburit, tempat untuk menghabiskan waktu sembari menanti bedug adzan maghrib berkumandang, tanda tibanya waktu berbuka puasa.

Lantas di mana sih tempat ngabuburit ramadan di Lombok yang asyik? yang gak butuh waktu lama untuk tiba di sana, yang jaraknya gak jauh, plus yang aksesnya mudah ke mana-mana, mudah ketemu tempat shalat dan wc. Eh bentar, ini tuh mau ngabuburit apa ngapain ya? Hahaha. Meski saya bukan tipikal yang suka keluar rumah, apalagi sampai ke suatu tempat sekadar untuk ngabuburit, tapi boleh juga nih angkat topik ini. Sembari berpikir, di Lombok, tempat ngabuburit yang cocok tuh di mana ya? Dan terpikirlah beberapa tempat berikut:

Ngabuburit Ramadan di Lombok, Asyik Ke Mana ya?

Balik lagi pada pembahasan di paragraf sebelumnya, seperti apa tempat ngabuburit ramadan yang asyik? Kenapa harus yang nyaman, yang ada tempat shalatnya, yang bersih dan ada wcnya? Ya tentu saja biar ketika kita memutuskan untuk melaksanakan shalat maghrib gak jauh dari sana tuh bisa, mau wudhu pun bisa, buang air pun demikian. Gak repot lah. Gak mau dong, sibuk ngabuburit di luar, balik-balik justru ketinggalan waktu shalat maghrib? Gak mau dong, gara-gara sibuk mikirin takjil ramadan, malah jadi keteteran shalatnya. Nah, ini dia pilihannya:

Islamic Center Lombok NTB

Satu-satunya tempat paling pas, paket lengkap, menurut saya ya Islamic Center Lombok NTB ini. Setiap bulan ramadan, rutin diadakan acara Pesona Khazanah Ramadan di sana, semacam pameran ada stand-stand makanan gitu, Cari jajanan khas ramadan ada.. makanan berat pun, ada. Asyiknya lagi, pembayarannya gak hanya tunai lho, tetapi juga bisa QRIS. Oh sungguh mendukung kebiasaan zaman now! Urusan makanan, aman.. suasana pun demikian, kita disuguhkan dengan pemandangan menara-menara masjid yang seolah berusah menggapai langit yang tinggi. Belum lagi suara tilawah qur’an menggema di sana. Tiba waktu berbuka puasa, cari deh di dalam masjid, nama masjidnya tuh Masjid Hubbul Wathan, ada aja tuh dibagikan santapan berbuka puasa.

Jangan lupa juga untuk langsung melaksanakan shalat maghrib di sini. Tempat wudhunya banyak, airnya lancar, toilet juga ada. Gak bawa mukena? banyak nih tersedia mukena. Masya Allah yaa.. Gak khawatir lagi ngabuburitnya bikin ketinggalan shalat, malah jadi dapat vibes shalat berjamaah yang luar biasa di masjid terbesar di Pulau Lombok.

Jalan Udayana

Lokasinya gak jauh dari Islamic Center Lombok NTB, malah di jalan yang sama. Bedanya, seperti namanya, ya ini lokasinya di sepanjang jalan, bukan di kawasan masjid. Sepanjang jalan Udayana tuh ramai sama penjual aneka makanan dan minuman. Biasanya ramai saat hari Minggu pagi, di momen Car Free Day (CFD), tapi di luar itu, di bulan ramadan, ya ramai juga. Asyiknya jalan itu tuh karena di sisi jalan, masih banyak tumbuh pepohonan, rindang banget. Menghirup napas di sepanjang jalan Udayana tuh beda aja rasanya, lebih segar.

Untuk makanannya, di sana ada menu-menu kekinian, ada pula yang tradisional. Kebanyakan konsep kaki lima, warung tenda gitu. Ada sih beberapa kafe bahkan restoran. Tinggal pilih mana yang sesuai budget. Untuk shalatnya pun, ada kok beberapa titik mushola (namanya juga mushola ya, jadi ga besar-besar amat), tempat wudhu, dan toilet umum. Harusnya sih ya memang ada, kalau gak ada, terus gimana para penjual di sana melaksanakan shalat ya kan? Tapi kalau mau lebih nyaman, bisa aja sih, kelar ngabuburit, batalin puasa, geseran sedikit menuju Islamic Center, shalat di sana terus balik lagi menyantap menu buka puasa di Jalan Udayana.

Lombok Epicentrum Mall

Endingnya, balik ke mall, satu-satunya mall yang proper di sini yaitu Lombok Epicentrum Mall. Apakah sudah kehabisan ide? Wkwkw. Ya karena banyak yang bisa ditemukan di mall, mau hunting baju, sembako, gadget, dan lainnya, ya di mall. Ngabuburit sambil cuci mata, urusan shalat- ada mushala di sini, besar euy! Toilet? Amaaan..ada di setiap lantai. Bersih. Masalahnya adalah ketika memutuskan berbuka puasa di sini, maka pastikan sudah pesan tempat sebelumnya ya. Sebab berdasarkan pengalaman, semua tenant di sini bakal full di jam berbuka puasa. Kecuali nih, kita emang niat buka puasanya (makan berat) setelah tarawih, eh kelamaan ya? hahahah.

Tapi lagi-lagi, kalau nanyanya ke saya, ya paling benar di rumah aja. Wkwkwk. Tenang, khidmat, gak ribet mau shalat, dan ke toilet. Ngabuburitnya bisa dengan baca buku, ngobrol sama keluarga, tilawah, dzikir, atau yang lainnya.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment