Sensus Penduduk 2020 dan Berita Penting bagi Warga NTB

sensus penduduk 2020

Sensus Penduduk 2020 dan Berita Penting bagi Warga NTB. Anda warga NTB dan merasa belum pernah didata oleh petugas Sensus Penduduk 2020? Ini hal yang harus segera Anda lakukan! Sensus Penduduk 2020 telah dimulai secara online sejak pertengahan Februari, hingga Maret, yang kemudian diperpanjang karena kondisi pandemi, menjadi sampai Mei di tahun yang sama, tahun 2020. Selanjutnya, mereka yang belum berpartisipasi pada Sensus Penduduk secara online, selama bulan September 2020 didatangi oleh para petugas sensus untuk dilakukan pendataan secara langsung (lapangan).

Bagaimana dengan Anda, warga NTB, yang hingga kini belum juga terdata (baik secara online maupun didatangi petugas sensus)? Jangan khawatir, karena saat ini Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB sedang melakukan re-visit untuk memastikan tidak ada satupun penduduk yang tidak tercatat/terdata. Atau mungkin sebagian besar dari kita masih bertanya-tanya? Hmmm..memangnya, apa sih pentingnya Sensus Penduduk 2020? Kenapa kita semua harus tercatat? Mengapa kita semua wajib berpartisipasi membantu mencatat Indonesia melalui sensus penduduk ini?

sensus penduduk 2020

Pentingnya Tercatat pada Sensus Penduduk 2020

Kok Data Kita Gak Sebagus Data di Negara Lain ya?

Pernah mendengar tidak, keluhan warga yang membandingkan betapa buruknya data di Indonesia dibanding negara lainnya di luar sana? Buruknya data tersebut mengakibatkan banyak hal, yang pangkalnya selalu berada pada tidak tepatnya pemerintah dalam menyusun program-program kebijakan.

Namun, pernah terpikir tidak, bahwa buruknya pendataan itu ternyata sedikit banyak berasal dari kurangnya partisipasi atau peran serta warga masyarakat pada Sensus Penduduk? Ketika kita abai, bahkan untuk sekadar mengakses situs sensus yang disediakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) saat proses sensus secara online berlangsung pada Februari hingga Mei lalu. Apakah kita terkendala akses internet? Tidak. Apakah informasi terkait sensus penduduk online masih kurang? Rasanya tidak. Ya, mungkin kita lupa atau abai atau entah apa namanya, seperti juga saya. Meski keseharian saya tidak pernah lepas dari internet, nyatanya untuk sekadar mengisi data Sensus Penduduk 2020 saja, saya lupa. Sudah disediakan waktu pengisian selama dua bulan, ditambah dua bulan lagi perpanjangan, masih saja ketinggalan.

Syukurnya, saat petugas sensus datang ke rumah saya pada September lalu, saya sudah tuntas mencocokkan data-data yang diperlukan. Apakah prosesnya ribet? Tidak. Apakah berbahaya menerima kedatangan orang lain di masa pandemi seperti ini? Ah, tidak juga. Toh ini untuk hal yang urgent. Petugas yang datang pun sudah menerapkan protokol kesehatan, seperti: mengenakan masker, menjaga jarak, dan tidak ada kontak sama sekali dengan saya. Saya hanya menunjukkan kartu keluarga di rumah, serta menjawab beberapa pertanyaan yang diajukannya. Ya, sesederhana dan semudah itu. Tapi sampai detik ini, sampai tulisan ini saya buat, nyatanya masih ada juga yang belum berpartisipasi. Ada yang terlewat, belum tercatat. Mengapa begitu?

Apakah Kita Harus Selalu Diberi Peringatan?

Masih ingat tidak, momen pendataan kartu SIM hp beberapa waktu yang lalu. Saat kita berkali-kali diingatkan untuk melakukan registrasi kartu. Bayangkan, berapa lama waktu yang disediakan. Dan kita semua berbondong-bondong melakukan registrasi saat injury time. Saat peringatan terakhir diberikan: daftarkan atau nomor Anda akan dinonaktifkan. Saya lantas berpikir, mungkin kita semua baru bergerak, saat dibentak? Tapi bentakan seperti apa yang diperlukan agar kita semua mengerti, bahwa terdata pada Sensus Penduduk 2020 itu amatlah berarti.

Ya kali harus diingatkan: pastikan Anda terdata pada Sensus Penduduk 2020 atau keberadaan Anda sebagai penduduk Indonesia dinonaktifkan. Wkwkwkwk..kan gak gitu juga, Maemunah~

Pentingnya Sensus Penduduk 2020

Lantas apa sih pentingnya tercatat pada Sensus Penduduk 2020? Mesti banget ya? Emang kenapa kalau gak berpartisipasi? dan berbagai pertanyaan pun alasan lainnya yang mungkin sering kita dengar perihal sensus penduduk belakangan ini.

Jadi penting gak sih? Jawabannya tentu saja: penting. Ya, sepenting itu. Misalnya yang paling umum: Untuk menghitung apakah jumlah sekolah dasar sudah sesuai dengan jumlah anak usia sekolah yang ada di suatu daerah. Jangan sampai ada anak yang tidak bisa bersekolah karena kekurangan ruang kelas. Dari mana pemerintah mendapatkan data jumlah anak usia sekolah? Yaa dari Sensus Penduduk lah…

Singkatnya, dilansir dari situs BPS, Sensus Penduduk 2020 atau disingkat SP2020, dilaksanakan untuk mendapatkan jumlah penduduk berdasarkan domisili mereka tinggal. Dimana hal ini akan membantu pemerintah daerah dalam menyusun program-program kependudukan dan sosial. Selain itu, SP2020 juga menjadi langkah awal pemerintah untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia.

sensus penduduk 2020

Sensus Penduduk 2020 dan Berita Penting bagi Warga NTB

Sensus Penduduk 2020 itu apa?

Mari mengingat lagi, mungkin masih banyak belum mengetahui perihal Sensus Penduduk 2020 atau SP2020 itu apa. Singkatnya, sensus penduduk berarti perhitungan jumlah penduduk secara periodik. Dimana data yang dicapai, biasanya tidak hanya meliputi jumlah orang, tetapi juga fakta mengenai misalnya jenis kelamin, usia, bahasa, dan masih banyak lagi. Sensus Penduduk dilaksanakan setiap 10 tahun sekali dan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Berbeda dengan sensus penduduk yang dilakukan sebelumnya, Sensus Penduduk 2020 diselenggarakan melalui dua tahapan, yakni Sensus Penduduk Online (15 Februari hingga 29 Mei 2020) yang dapat dilakukan oleh warga masyarakat secara mandiri. Kemudian yang kedua, yakni Sensus Penduduk Wawancara (1 hingga 30 September 2020) , dimana Petugas Sensus yang mendatangi warga di rumah untuk melakukan pendataan.

Apa manfaat SP2020? Partisipasi penduduk dalam SP2020 tentunya akan sangat berarti bagi penajaman program-program pemerintah jangka panjang. Hal itu akan membantu pula pemerintah daerah dalam menyusun program-program kependudukan dan sosial, terutama dalam bidang-bidang: transportasi, komunikasi, tata ruang dan lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan yang lainnya.

Berita Penting bagi Warga NTB

Sebagian dari warga NTB, mungkin ada yang seperti saya, sudah disediakan halaman untuk melakukan pengisian data secara mandiri. Sudah pula diberikan waktu yang panjang untuk melakukan Sensus Penduduk Online. Tapi malah terlupa. Waktu usai, pengisian data belum juga dimulai.

Atau mungkin, ada yang melewatkan tahapan Sensus Penduduk Wawancara bersama Petugas Sensus? Alhamdulillah, saya sendiri dan keluarga di rumah, sudah tercatat melalui tahapan ini. Lantas bagaimana dengan yang tidak? Entah itu sedang tidak berada di rumah saat petugas sensus datang atau belum mengetahui pentingnya terdata sehingga terlupa mengisi form pendataan yang telah diberikan.

Bagi Anda warga NTB yang merasa belum pernah didata oleh petugas Sensus Penduduk 2020, maka berikut ini hal yang harus Anda lakukan:

  • Informasikan ke Ketua RT maupun SLS setempat terkait hal tersebut (belum terdatanya Anda dan keluarga), atau
  • Hubungi call center Sensus Penduduk 2020 Kantor BPS terdekat, sesuai kota/kabupaten tempat Anda tinggal.

Lakukan hal tersebut paling lambat Minggu, 15 November 2020.

Call Center Sensus Penduduk 2020 BPS Provinsi NTB

Berikut ini daftar nomor call center Sensus Penduduk 2020 untuk kota dan kabupaten yang berada dalam lingkup BPS Provinsi NTB yang dapat Anda hubungi guna memastikan Anda terdata dalam SP2020.

BPS Provinsi NTB087752002020
BPS Kabupaten Lombok Barat085961430450
BPS Kabupaten Lombok Tengah082211428484
BPS Kabupaten Lombok Timur085337433717
BPS Kabupaten Sumbawa087852042020
BPS Kabupaten Dompu085237242722
BPS Kabupaten Bima087753860638
BPS Kabupaten Sumbawa Barat081717175207
BPS Kabupaten Lombok Utara03706190738
BPS Kota Mataram087819829712
BPS Kota Bima085339316005
Nomor Call Center Sensus Penduduk 2020

Yuk, Bantu Kami #MencatatIndonesia

Teman-teman, warga NTB sekalian, yuk kita sama-sama mendukung BPS, BPS Provinsi NTB pada khususnya, untuk #MencatatIndonesia lebih baik. Untuk mencatat/mendata seluruh warga NTB, tanpa terkecuali. Agar kedepannya, data yang diperoleh dapat dimanfaatkan dengan baik terutama oleh Pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan.

Sekali lagi, bagi Anda warga NTB yang merasa belum pernah didata oleh petugas Sensus Penduduk 2020. Harap menginformasikan ke Ketua RT atau SLS setempat. Bisa pula dengan menghubungi nomor call center Sensus Penduduk 2020 yang tersedia pada tabel di atas. Paling lambat Minggu, 15 November 2020.

Anda Tercatat, Data Akurat.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

33 Comments

  • Ana Ike 12 November 2020 at 6:51 pm

    Sensus penduduk tu penting banget sih emang ya. Minimal untuk pendataan real berapa jumlah jiwa dan misal ada bantuan nantinya akan tepat sasaran benar-benar warga yang membutuhkan.
    Apalagi sekarang lebih gampang, bisa ikut sensus melalui layanan online

    Reply
  • Nchie Hanie 12 November 2020 at 6:55 pm

    Kalo di Bandung beberapa bulan lalu kalo ga salah ke rumah pun ada yang sensus, ngedata ulang.
    Huhu, yang sedih udah di sensus tapi e KTPku ga jadi2 hahahaa
    Semoga sensus di NTB berjalan lancar ya dan sukses mendata .

    Reply
  • Juliastri Sn 12 November 2020 at 10:21 pm

    Saya udah isi data sensus secara online juga dong. Sangat memudahkan ya. Kalau jaman dulu ada petugas yang datang ke rumah secara door to door, tentunya perlu banyak waktu dan tenaga untuk proses sensusnya. Sekarang lebih praktis secara online

    Reply
    • Nurul Fitri Fatkhani 14 November 2020 at 11:12 am

      Benar sekali, Mbak, sekarang data sensus penduduk lebih praktis karena bisa mengisi data secara online. Memudahkan pemerintah mendata penduduknya ya…

      Reply
  • Icha Marina Elliza 13 November 2020 at 3:09 am

    Ya Allah Mba aku termasuk yang abai terhadap peringatan dari BPS. Kadang karena sibuk ngurusin anak dan belajar daring membuat hal lain menjadi terabaikan secara tidak sadar.
    Cussss segera isi data agar Indonesia memiliki data yang akurat..

    Reply
  • winda - dajourneys.com 13 November 2020 at 1:06 pm

    memnag sensus penduduk tuh penting banget ya mbak, jadi kalau ada apa2 pemerintah sudah punya data yang akurat

    Reply
  • Okti Li 13 November 2020 at 3:08 pm

    Betul ya Mbak sebaiknya kita segera menjemput bola. Apalagi yang merasa blm terdata, dagang ke lokasi moga bisa selesaikan masalah kependudukan yang berarti penting untuk pemetaan pembangunan bangsa dan negara

    Reply
  • Rizka Edmanda 13 November 2020 at 4:00 pm

    Penting banget ya ikutan sensus, karena data kependudukan digunakan sebagai data dasar dalam menerapkan berbagai kebijakan pemerintah

    Reply
  • Sri Widiyastuti 13 November 2020 at 4:40 pm

    Iya mbak penting banget ya mengikuti sensus penduduk, sayangnya aku masa pandemi ini kelewat mbak, gak tau infonya. Kirain ada yang datang, ternyata lewat online.

    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani 13 November 2020 at 10:34 pm

    Memang sebaiknya semua masyarakat mendukung program sensus penduduk, karena penting sekali sensus itu, supaya pemerintah bisa menyusun program-program kebijakan dengan tepat.

    Reply
  • iidYanie 13 November 2020 at 11:42 pm

    Sensus penduduk penting banget agar data diri kita selalu diupdate dari pusat, awal bulan Oktober lalu petugas sensus datang langsung ke rumah untuk mendata semua anggota keluarga saya dan gak ribet sama sekali

    Reply
  • Milda Ini 13 November 2020 at 11:45 pm

    This census is important because it can collect data on many things needed by the government to determine and decide future development priorities

    Reply
  • Visya 14 November 2020 at 3:28 am

    Sepakat. Sensus penduduk itu penting karena kembali lagi ke kita manfaatnya. Pemerintah khusnya pemerintah NTB udah menpermudah bgt yaa

    Reply
  • Ida Tahmidah 14 November 2020 at 7:10 am

    Wah iya emang penting banget sih biar terdata rapi ya… di tempatku sudah nih… Semoga sensus penduduk di NTB lancar ya Mba…

    Reply
  • Dian 14 November 2020 at 7:29 am

    sensus penduduk emang penting ya mbak, datanya bisa buat acuan pelaksanaan pembangunan

    Reply
  • Nia Haryanto 14 November 2020 at 7:32 am

    Bener banget, sensus penduduk itu penting banget. Biar semua terdata dengan baik. Setiap daerah harusnya memang tersensus dengan baik. Biar jika ada program pemerintah, mudah untuk merealisasikannya.

    Reply
    • Nia Haryanto 14 November 2020 at 9:43 am

      Ngomong-ngomong soal sensus penduduk, aku jadi inget sama pertanyaan anak ketigaku. Dia pernah nanya, kok bisa sih Google tahu jumlah penduduk sedunia. Aku bilang, karena di tiap negara ada sensus penduduk. Yang datanya lalu diupload secara online. Jadi gampang deh ngitungnya. Hehehe.

      Reply
  • Yuniari Nukti 14 November 2020 at 10:42 am

    Alhamdulillah saya sudah Sensus Penduduk secafa online, mbak. Suamiku yang ngerjakan karena dia rajin baca berita, saya malah gak tau info sensus online online hehe

    Kenapa masyarakat kita nggak mau melakukan sensus mandiri via online? Menurut saya sosialisasinya kurang! Seperti yang kita tau, masyarakat kita masih banyak yang awam internet, bisa jadi mereka nggak tau caranya.

    Hemat saya sih, dibutuhkan peran Pak RT nih, Pak RT yang harusnya mantau warganya langsung dsn tentu saja mereka harus diajari pembekalan

    Reply
  • Dedew 14 November 2020 at 11:05 am

    Iya, suamiku sudah isi sensus online terus kami didatangi juga petugas untuk konfirmasi semoga sensus penduduk ini bisa menjangkau semua warga Indonesia ya

    Reply
  • lendyagasshi 14 November 2020 at 11:18 am

    Wah..paling lambat besok yaa..
    Penting sekali jumlah sensus penduduk ini agar semua lini bisa terbaca di badan statistika dan berdampak pada perhatian dari Pemerintah Daerah untuk memenuhi kebutuhan agar tepat sasaran.

    Reply
  • Anggraeni Septi 14 November 2020 at 12:53 pm

    wah sekarang kita jadi mudah ya, buat sensus secara online , jadi gak ada alasan gak ikut berpartisipasi. Semoga makin luas sosialisasi sensus penduduk online ini, sehingga semua penduduk bisa terdata karena pasti data ini digunakan untuk kebijakan pemerintah.

    Reply
  • Dewi Natalia 14 November 2020 at 1:52 pm

    Manfaat sensus penduduk ternyata sepenting itu ya mbak. Bisa jadi tonggak untuk pemerintah dalam membuat kebijakan. Baru tau loh aku. Btw, aku yang di Jakarta udah disensus dong 🙂

    Reply
  • Ainhy Edelweiss 14 November 2020 at 3:00 pm

    Sensus penduduk emang penting banget biar ke data semua tp emang aq merasa sensus penduduk di negara kt belum maksimal, smga ke depannya bisa jauh lebih baik

    Reply
  • Dessy Achieriny 14 November 2020 at 6:28 pm

    Penting banget memang sensus penduduk untuk mendapatkan data yang valid ya mbak.

    Reply
  • Alfa Kurnia 14 November 2020 at 8:32 pm

    Jadi nyesel karena kelewatan sensus penduduk online Maret kemarin. Padahal sensus penduduk ini penting banget ya, Mbak. Supaya nggak ada data-data palsu yang bisa dimanfaatkan untuk berbuat jahat oleh oknum.

    Reply
  • Sapti nurul hidayati 14 November 2020 at 9:12 pm

    Kalau saya kemarin sudah melakukan sensus on line, dan sudah diverifikasi juga sama petugasnya, jauh sebelum pandemi. Di Jogja sih ini..

    Reply
  • Uniek Kaswarganti 16 November 2020 at 6:02 am

    Penting banget loh kita sebagai warga negara Indonesia untuk turut serta menyukseskan sensus penduduk ini. Gimana pemerintah bisa mendapatkan data yang akurat tentang sebaran penduduknya kalau kita tidak turut aktif untuk memasukkan data kita ye kaaan…

    Reply
  • Yanti 16 November 2020 at 10:17 am

    Kita sebagai warga negara yang baik wajib loh untuk berperan dalam sensus penduduk kalo di bekasi petugas sensus datang untuk mendata kbtulan oara rt juga bnyak membantu petugas sensus untuk kelancaran tugas mereka mendata

    Reply
    • Dian 16 November 2020 at 10:44 am

      benar itu mbak…
      wajib berpartisipasi…
      apalagi ini kan emang perlu untuk perancangan program pembangunan

      Reply
  • Marantina 16 November 2020 at 1:44 pm

    Proses pencatatan penduduk ini memakan waktu yang lama ya. Semoga petugas BPS semangat dan masyarakat mau bekerja sama supaya datanya terkumpul semua

    Reply
  • Nova Violita 17 November 2020 at 6:40 pm

    Sensus penduduk penting lah..buat data penduduk..dan juga tahu taraf hidupnya..jadi pemerintah bisa kasih bantuab tepat sasaran..

    Reply
  • Nurul Dwi Larasati 18 November 2020 at 5:18 pm

    Warga NTB pasti baik budiman dong, taat pada peraturan sensus penduduk. Kalau nggak didata, bisa ggak seimbang di berbagai aspek kehidupan.

    Reply
  • Arda Sitepu 19 November 2020 at 12:20 pm

    Sekarang sensus penduduk lebih mudah Mbak karena online dan juga Hal ini penting untuk data baik negara maupun daerah

    Reply

Leave a Comment