Isi Tas saat Bepergian, Wajib Ada Apa aja?

isi tas saat bepergian

Isi Tas saat Bepergian, Wajib Ada Apa aja? Apa saja barang yang wajib menjadi isi tas saat bepergian, bagi teman-teman? Intinya, yang gak boleh terlupa dibawa. Topik challenge BPN Ramadan 2021 kali ini lumayan bikin saya mikir lagi nih. Tentang “barang wajib di tas saat bepergian”. Lama-lama saya ngerasa, emang sayanya yang overthinking, ribet, apa gimana? Tahu gak apa saja yang saya pikirkan? Mulai dari kata bepergian di sini maksudnya bepergian kemana, traveling, sekolah, kerja, atau apa? Terus terpikir juga, kalau saya share, nanti orang tahu dong, tiap saya bawa tas, berarti barang-barang yang saya sebutkan itu pasti ada. Kalau ada yang berniat jahat, gimana? Ya Allah, Andy Hardiyanti…perkara nulis postingan blog aja hidupmu ribet amat.. suudzon sama waspadanya beda tipis.

Kalau dipikir-pikir, barang yang wajib ada dalam tas saat bepergian saya tuh beda-beda sesuai masanya. Saat belum punya anak, saat si kecil masih berusia bayi, dan saat mereka sudah besar. Hahahah. Pas punya bayi, pasti tuh wipes (tisu basah), popok sekali pakai, pakaian ganti, dan minyak telon dibawa kemana-mana. Bagaimana saat si bayi itu kini berusia 3 tahun dan sudah lulus toilet training? Isi tas saya pun berubah lagi, karena gak perlu bawa popok sekali pakai dan kawan-kawannya.

Isi Tas saat Bepergian, Wajib Ada Apa aja?

Dalam KBBI, bepergian diartikan sebagai melakukan perjalanan jauh, jadi semacam traveling gitu ya? Oke, berarti topik challenge BPN Ramadan 2021 ini jadi lebih sempit. Tadinya kan saya sempat bingung, apakah ini tentang barang apa saja yang tetap dibawa saat kemana-mana. Apakah sekadar berangkat keluar rumah entah kemana, bekerja, sekolah, atau traveling.

Udah lama sih gak traveling, terakhir ya saat traveling ke Makassar tahun 2019 lalu. Berangkat berdua aja bareng Tita, niatnya mau tambal gigi yang berlubang sama si kakak yang dokter gigi, sekaligus wisata kuliner di sana. Sekaligus, padahal kayaknya yang utama ya wisata kulinernya.

Barang yang Wajib Dibawa saat Bepergian

Orang-orang terdekat saya tuh sering bilang betapa ribetnya saya. Soalnya saat bepergian, tuh tas ransel entah apa aja isinya. Gak hanya saat melakukan perjalanan via udara, sekadar liburan ke pantai yang masih di Lombok aja, isi ransel saya sama ribetnya. Apalagi setelah kejadian gempa Lombok, dan maraknya kasus pencurian, jadi terpikir untuk selalu membawa barang-barang penting ini. Biar gak kepikiran kalau ditinggal di rumah.

๐ŸŽ’ Laptop

Mengingat pentingnya berbagai file di dalamnya, gak heran kalau benda besar nan berat ini wajib saya bawa kemana aja. Belum lagi karena pekerjaan saya yang jadwalnya gak jelas, tiba-tiba mesti ngetik ini, harus kirim report itu. Jadilah laptop harusn ikutan terus, walau berat. Hahahhaha. Bisa aja sih ngetik di smartphone, tapi entahlah, saya bukan tipe orang yang nyaman ngetik di layar hp gitu. Tapi alasan utama mengapa laptop menjadi barang yang wajib dibawa saat bepergian adalah biar aman, sayanya gak kepikiran saat meninggalkannya di rumah.

๐ŸŽ’ Kartu ATM dan KTP

Kok nyebutnya kartu? Gak sekalian dompet aja? Karena saya gak bawa dompet, bukan gak punya ya. Dompetnya ada, tapi lebih sering gak dipakai. Buat yang sudah baca fakta tentang saya pasti tahu bahwa saya gak begitu suka pegang uang tunai kemana-mana. Kartu ATM ini penting dibawa, lebih sebagai alat pembayaran, yang digesek di mesin EDC, dibanding saya gunakan untuk tarik tunai. Hahahah. Nah, kalau KTP, yaa karena kartu identitas aja sih. Kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi sama saya (harapannya sih jangan), gak susah untuk mengetahui identitas saya. Atau misal saya nyasar ke negeri antah berantah gitu? #mulaihalu

๐ŸŽ’ Smartphone

Harusnya bukan isi tas saat bepergian sih ini ya? karena saya jarang banget taruh smartphone atau hp di dalam tas. Seringnya dipegang/dikantongin aja. Smartphone wajib dibawa selain sebagai alat komunikasi, juga untuk dokumentasi. Gak masalah gak bawa kamera, smartphone pun bisa dipakai mengabadikan momen perjalanan kita bukan? Dan untuk saya pribadi, smartphone ini penting banget karena sering saya gunakan sebagai alat pembayaran. Yupss, segala macam aplikasi bayar-bayar terpasang di sana, seperti: OVO, LinkAja, Gopay (Gojek), DANA, juga mobile banking. Kalau kelupaan kartu ATM, pulsa atau kuota internet habis, batere hp lowbat, atau bahkan hpnya pun kelupaan dibawa: kelar deh saya. Gak bisa belanja, karena gak pegang uang tunai. Hahaha.

๐ŸŽ’ Buku Catatan dan Alat Tulis

Meskipun bisa aja mencatat sesuatu di hp maupun laptop, saya selalu membawa buku catatan dan alat tulis saat bepergian. Gak hanya untuk mencatat, saat bosan pun kedua benda ini bisa saya gunakan untuk corat-coret gak jelas, menghilangkan rasa suntuk. Bisa jadi mainannya anak-anak juga kalau bosan selama perjalanan. Alat tulis ini bisa apa aja, kalau pas ingat yaa bawa pulpen, kalau gak, pensil aja cukup…tetap ada di dalam tas.

๐ŸŽ’ Satu Map Dokumen Penting

Setelah kejadian gempa Lombok, saya baru paham yang namanya tas siaga. Baru ngeh juga betapa pentingnya menyatukan dokumen penting dalam satu map. Nah akhir-akhir ini, dokumen penting yang saya taruh di dalam tas siaga tersebut, akan saya bawa kemanapun saya pergi. Khawatir aja ada apa-apa di rumah, gak perlu kepikiran lagi sama berkas-berkas ini. Gak semuanya sih dibawa, ya paling macam: akta kelahiran, ijazah, dan semacamnya.

๐ŸŽ’ Botol Air Minum

Sejak mencoba pola hidup sehat dan ramah lingkungan (udah macam judul seminar aja), saya jadi rajin bawa botol minum sendiri kemana-mana. Dulu kan lebih sering jajan kopi, dan berbagai minuman kemasan yang ada di IndoApril dibanding bawa sendiri. Apalagi Tita, anak kedua saya, doyan banget minum air putih. Meski bawa botol minum sendiri, dia pasti bakal minta punya saya juga karena air minum dia udah duluan habis.

Itu tadi isi tas saat bepergian yang selalu saya bawa. Di luar daftar di atas, saat perjalanan jauh, ya wajib bawa barang lainnya macam pakaian, makanan, dll. Banyak barang penting yang selalu saya bawa serta ya? Sebab khawatir kalau ditinggal di rumah. Lah terus gimana kalau justru kejadian yang tidak diinginkannya malah terjadi saat berada di luar rumah? *mikirulang. Berdoa aja deh semoga tidak terjadi. Hahahaha

Kalau teman-teman gimana, barang apa aja nih yang wajib dibawa saat bepergian?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment