Olahraga Futsal, Dari Kehebohan Antar Kelas Hingga Ibu yang Kesal

olahraga futsalOlahraga Futsal, Dari Kehebohan Antar Kelas Hingga Ibu yang Kesal. Olahraga futsal bukan sekadar tentang hobi atau pun pertandingan, melainkan sebagai sarana berkumpul yang menyenangkan lagi menyehatkan. Menariknya, selalu ada cerita di baliknya, yang kami- para non pemainnya rasakan. Kami yang bukan pemain, entah itu sebagai penonton yang menyaksikan langsung pertandingan di lapangan, maupun keluarga yang menantikan suami/ayah/anak laki-lakinya pulang dari bermain futsal. Pengalaman yang lucu, sedih, kesal, warna-warni deh pokoknya, yang pastinya akan selalu dikenang. Kalau diingat-ingat, lebih banyak lucunya sih dan bikin bertanya-tanya kok ya dulu saya/kami gitu amat? Hahaha.

Entah sejak kapan permainan bola kaki yang umumnya dimainkan oleh kaum laki-laki ini mulai ada. Namun yang saya ingat, saya pertama kali mengenal kata ‘futsal’ ini saat duduk di bangku SMA, sekitar tahun 2006. Futsal menjadi salah satu mata perlombaan yang pasti ada setiap kali kegiatan PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni) diselenggarakan. Setiap kelas antusias menyiapkan peserta terbaiknya, tidak terkecuali kelas saya.

Final Pertandingan Futsal yang Bikin Heboh Antar Kelas

Selama mengenyam pendidikan di bangku SMA, saya ingat betul dari seluruh mata lomba saat PORSENI, futsal seolah menjadi puncak kegiatannya. Euforianya bahkan mengalahkan panggung penyerahan hadiah kegiatan itu sendiri. Bisa dikatakan, ini adalah mata lomba yang paling bergengsi. Gak papa deh kalah di lomba lain, yang penting siapa dulu dong pemenang pertandingan futsalnya. Hahaha. Kelas saya (X-1, XI IPA 1, XII IPA 1) bisa dikatakan sebagai tim yang disegani #haseekk. Seingat saya, setiap kali PORSENI, kami selalu masuk babak semi final.

Menariknya lagi, kelas kami tuh kompaknya minta ampun. Jadi ketika tim futsal kami bertanding, gak hanya mereka yang laki-laki yang bukan pemain yang menyaksikan pertandingan. Melainkan nyaris satu kelas, ikut memberikan dukungan. Menonton pertandingan tersebut dari awal hingga akhir, apapun hasilnya. Apalagi kalau sudah menuju babak semi final, beughh .. urusan minumnya tim futsal aja bisa pakai uang kongsian kami yang gak ikutan main. Hahahaha.

Tentang Pentingnya Fair Play dan Supporter yang Baik

Lantas apa yang membuat heboh? Seperti yang sempat saya sebut pada judul postingan? Dari tiga jenjang kelas: X, XI, dan XII, momen pertandingan futsal pada PORSENI saat kami duduk di kelas XI adalah yang paling tak terlupakan. Tim kami bermain sangat baik kala itu, menang terus sejak penyisihan. Hingga tiba di babak final, duh sungguh ujian. Kami dihadapkan pada lawan yang sepertinya lupa sama yang namanya fair play. Mainnya kasar minta ampun, ditambah lagi wasitnya yang sampai saya lupa saat itu ada atau tidak, mengingat sepertinya tidak cukup berfungsi #eh. Hasil akhir pertandingan tentu saja dimenangkan oleh kelas kami, XI IPA 1. Meski dengan kondisi badan teman-teman kami yang lebih mirip habis tawuran antar sekolah dibanding habis main futsal.

Ternyata kehebohan tidak sampai di situ. Mengingat tim lawan tadi emang berasal dari kelas yang terkenal agak keras, btw.. sama-sama kelas XI ya. Eh, tahu gak? Balik-balik dari lapangan, mereka pada samperin ruang kelas kami dong. Waduh. Dekorasi kelas yang sudah capek-capek dikerjakan oleh teman kami, dirusak begitu saja. Kursi dan meja digeser-geser gak jelas. Ngajak ribut apa gimana nih? Syukurnya tim kami emang gak langsung ke kelas usai bertanding, ada yang jajan minuman dulu, makan bakso, istirahat, dll. Kebayang kan kalau ketemu lagi di kelas, ya berantem dong. Ngeri membayangkannya karena lokasi kelas kami berada di balik bangunan lama, kalau ada kejadian apa-apa di sana gak bakal terlihat. Syukurnya, meski mereka sempat bikin kotor dan berantakan kelas, tapi gak sampai bikin luka baru lagi. Kami yang perempuan pun segera ke ruang guru untuk melaporkan serangan mereka yang udah memporak-porandakan plus gak fair play saat tanding tadi.

Olahraga Futsal, Dari Kehebohan Antar Kelas Hingga Ibu yang Kesal

Dari kehebohan antar kelas saat duduk di bangku SMA dulu, hingga kejadian saat saya sudah berumah tangga. Ibu saya, sesekali menginap di rumah kami, terlebih lagi kala itu saya baru saja melahirkan. Beliau adalah orang yang akan sangat kesal setiap kali tahu anak menantunya alias suami saya, pergi olahraga futsal. Padahal, 2-3 kali dalam seminggu ya kantornya suami memang rutin main futsal. Baru dengar anaknya mencari baju bola saja, wajahnya akan langsung berubah. Berbagai cara akan dilakukan ibu agar Papanya Rani ini tidak pergi. Mulai dari suruh beli Coto Makassar, perbaiki printilan di rumah, atau yang lainnya. Endingnya ya tentu saja, tetap pergi main futsal. Hahaha. Atuhlah maa.. biarin aja

Dramanya bukan pas pergi saja. Ibu akan lebih kesal ketika si anak pulang bermain futsal dengan oleh-oleh luka di tangan dan kaki. “Sudah, sudah, berhenti main begitu!”, tegas ibu. Setelahnya, beliau akan menyebutkan berbagai kejadian buruk yang menimpa para seleb setelah bermain futsal. Nanti begini..nanti begitu.. Namanya Papa Rani, ya bakal dijawab santai: “Kalau sudah ajal, biar duduk-duduk membaca buku di rumah juga bisa berpulang ma..”. Ya begitulah, saya jadi pendengar saja. Sampai saya berpikir, apa besok-besok ibu datangnya jangan pas jadwal futsal aja ya? Hahahah.

olahraga futsal

Dukungan Kita pada Timnas Futsal Indonesia

Nyatanya, futsal memang tidak sekadar hobi. Bukan pula sesuatu yang harus ditakuti dan berhenti saja dilakukan seperti yang ibu saya bilang. Ketika ditekuni secara serius, bisa banget lho kita berprestasi, membawa nama baik Indonesia di mata dunia. Meski kejadian-kejadian di atas punya warna tersendiri, ketika diingat lagi ya lebih banyak lucunya. Saya juga jadi belajar, bahwa minat dan bakat itu yang terpenting adalah dukungan orang sekitar. Tim futsal kelas saya mungkin jadi lebih semangat bertanding, sedikit banyak karena dukungan teman-temannya. Demikian pula pak suami, ia senang dengan hobinya bermain futsal, karena dukungan dari istri *uhuk.

Nah..sudah pada tahu belum, bahwa Timnas Futsal Indonesia sedang berlaga di Piala AFF Futsal Championship yang berlangsung di Thailand, 2-10 April 2022 ini. Menariknya lagi, dari sekian pemain yang terpilih, 4 orang diantaranya berasal dari Cosmo JNE FC, yakni: M. Rizki Xavier, Dewa Rizki, Firman Adriansyah, dan M. Iksan Rahadian. Tidak hanya pemain, Ade Lesmana selaku pelatih kiper dan Amril Daulay selaku asisten pelatih pun ikut serta menjadi bagian dari official timnas.

Kerja Keras dan Dukungan Semangat adalah Kuncinya

Berbicara tentang pentingnya support system, tentu saja ini berkaitan dengan pencapaian Cosmo JNE FC tersebut. Betapa luar biasa karena berhasil terpilih 4 pemain dan 2 assistant coach untuk memperkuat Timnas Futsal Indonesia di ajang dunia. Kerja keras dan dukungan semangat adalah kunci dari itu semua. Tidak heran pula jika klub tersebut kini menduduki peringkat 2 Liga Futsal Profesional Indonesia 2021, dengan perolehan 26 poin dari 8 kali menang, 2 kali seri dan 1 kalah. Terlebih lagi talenta bermain yang dimiliki 4 pemain memang berada di atas rata-rata pemain lainnya. Sehingga wajar ketika dapat menembus menjadi pemain inti tim nasional yang berasal dari gabungan beberapa tim futsal yang berlaga di Liga Futsal Profesional Indonesia 2021.

Keluarga besar JNE pasti bangga dan sangat mendukung pencapaian ini. Tapi yang bikin saya lebih salut adalah pesan-pesan yang disampaikan oleh Bapak M. Feriadi Soeprapto, selaku Presiden Direktur JNE pada β€˜Meet and Great Cosmo JNE FC with Director’, Senin lalu (28/2/2022), di JNE Tomang 11, Jakarta Barat. Dimana beliau berharap, agar Cosmo JNE FC tidak hanya dapat berprestasi di lapangan. Lebih dari itu juga bisa memperkenalkan nilai-nilai dan budaya positif perusahaan JNE ke masyarakat luas. JNE yang suka berbagi, memberi dan menyantuni, yang pada akhirnya tagline connecting happiness dapat terwujud.

Semangat selalu deh pokoknya buat Cosmo JNE FC, buat Timnas Futsal Indonesia. Nah, kalau teman-teman..ada pengalaman apa nih soal futsal, dari kacamata non pemain kayak saya… Cerita dong~

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

40 Comments

  • Mugniar 10 April 2022 at 1:01 pm

    Saya itu mencerna di bagian ini tadi: X-1, XI IPA 1, XII IPA 1 … maklum, anak SMA jadul, dulu kan kelas 2 Fis 2 ahaha.

    Btw, timnas futsal kita mantap nih, dapat penguatan dari Cosmo JNE FC …. semoga menaang.

    Reply
  • thya 10 April 2022 at 9:42 pm

    yaampun jadi inget jaman sekolah.. setiap abis ujian pasti ada class meeting, dan selalu ada pertandingan futsal. seru banget jadi tim hore.. teriak2 mendukung teman sekelas yg lagi main.. wekekek..

    BTW, keren nih tim cosmo jne.. mudah2an menang di piala AFF nanti..

    Reply
  • Dessy Achieriny 10 April 2022 at 10:02 pm

    Selalu dukung Timnas pokoknya. Semoga menang dan makin maju futsal Indonesia. Btw jadi inget lomba futsal juga di sekolah, yang heboh suporternya malah ribut sendiri. πŸ˜…

    Reply
  • Rach Alida 11 April 2022 at 9:42 am

    Mbaa, benar banget kalau kuncinya itu adalah semangat dan dukungan. DUkungan drai banyak pihak. Termasuk dukungan dari JNE untuk pertandingan dan olahraga ini

    Reply
  • Ida Tahmidah 11 April 2022 at 9:55 am

    Futsal atau sepakbola banyak penggemarnya jadi kalau ada event2 pertandingan selalu heboh deh hehe… btw semoga sukses nih berlaga di Thailand nanti.

    Reply
    • Mpo Ratne 11 April 2022 at 12:47 pm

      Jago dilapangan juga harus jago di mata Allah dan masyarakat. JNE akan terus dukung langkah kaki pemain futsal

      Reply
  • Natara 11 April 2022 at 10:29 am

    bener banget sih ini, dibalik sukses nya pertandingan futsal selalu ada kehebohan di sana-sini, bahkan sampai ke rumah, hehehe. tapi ya justru di situla serunya futsal sih, hihihi

    Reply
  • Nurul Rahma 11 April 2022 at 10:44 am

    Aduuhh, aku jadi ingat masa-masa SMA.
    Seruu banget emang yaa, klo mendukung tim futsal ntuh
    dan memang event olahraga tuh memorable bangettt, sekarang jadi inget drakor twenty fve twenty one dah πŸ™‚ soale banyak scene yg ingetkan masa2 remajaaaaaa

    Reply
  • winda - dajourneys.com 11 April 2022 at 12:06 pm

    aku kurang suka nonton pertandingan olah raga mba, tapi suamiku suka nonton balap motor sama balap mobil

    Reply
  • Okti Li 11 April 2022 at 12:21 pm

    Ibu ibu di kampung saya pun asli suka jadi heboh kalau ada tim nasional main dan ditayangkan di tv. Apalagi kalau ada acara nonton bareng, bukan hanya camilan yang disiapkan, tapi juga gelar tikar dan banyak buat tidur anak-anak nya. Iya biar saat nonton anaknya mau tidur tinggal tidur saja ga gangguin emaknya. Hehehe

    Reply
  • Arda Sitepu 11 April 2022 at 12:50 pm

    Selamat untuk COSMO JNE FC yang sudah menampilkan yg terbaik dan semoga DI AFF Thailand 2022 bisa menghasilkan yg terbaik.

    Reply
  • Uniek Kaswarganti 11 April 2022 at 1:07 pm

    Kalau masalah luka di badan ataupun kehebohan pasca olahraga, nggak cuma di futsal kok. Olahraga lainnya juga begitu klo orangnya memang tidak bisa sportif.

    Semoga tim Indonesia yang beranggotakan dominan anggota Cosmo JNE FC ini bisa berjaya di AFF Thailand 2022.

    Reply
  • lendyagassi 11 April 2022 at 1:30 pm

    Kuncinya untuk sebuah perlombaan adalah Fair Play dan Supporter yang baik yaa..
    Sebuah usaha dan kerja keraas dari latihan akan membuahkan hasil. Semoga dunia olahraga tetap tegak berdiri dengan semua keadilannya.
    Sukses untuk tim Cosmo JNE FC dan perjuanganmu akan terus berlanjut untuk mengharumkan nama bangsa.

    Go….go…go!

    Reply
  • Bunsal 11 April 2022 at 3:07 pm

    Kesalnya, pas bola dah dekeeett benar ke gawang, eh yang ditabrak malah mistar gawang, bukan netnya. Bahaya banget kalo deket emak yg hobi nyubit kalo pas gemes. Bakal gak selamat dah.
    Sukses dan menang buat tim Cosmo JNE futsal Indonesia

    Reply
  • Mugniar 11 April 2022 at 3:20 pm

    Hihi lucu ya kenangan futsalnya papa Rani … padahal bagus ya anak laki mau olahraga. Btw, timnas futsal dikalahkan oleh Thailand kemarin tapi gpp .. mereka sudah memberikan yang terbaik.

    Reply
  • Nabilla - Bundabiya.com 11 April 2022 at 5:19 pm

    saya juga ikut mendukung mba. seneng aja kalau makin banyak perusahaan yang turun ke olahraga ini, makin banyak kesempatan anak2 muda untuk juga cari wadah untuk berlatih

    Reply
  • Nchie Hanie 11 April 2022 at 6:16 pm

    Hahahahaa, duuh drama jamannya sekolah dan kehebohannya saat Porseni itu ngangenin.
    Eh ko sama sih, aku tiap ikut olah raga suka dimarahin mamaa karena pulang membawa luka2 dilutut dan siku, wkakakakk,.mana anak perempuan pulaa ga ada anggun2nyaa.

    Btw, yukses dan menang buat tim Cosmo JNE futsal Indonesia yaa, mendukung dengan doaa!!

    Reply
  • Dennise Sihombing 12 April 2022 at 8:06 pm

    Anakku yang perempuan,Glory juga suka main futsal mom. Sering pulangnya bawa oleh-oleh luka di lututnya.Gemes deh, tapi si anak memang suka ya dan dari kesukaannya beberapa kali mengalami kejuaraan.
    Sukses Timnas cosmo JNE Futsal Indonesia

    Reply
  • Suciarti Wahyuningtyas 12 April 2022 at 9:45 pm

    Anak laki-laki nih demen banget main bola, anakku juga gitu. Karena pas dari TK tuh dia ada kegiatan futsal di sekolahnya, mana masih pada piyik-piyik udah main bola. Senang banget ini lihat TIMNAS, semoga selalu mengharumkan nama Indonesia ya.

    Reply
  • Bibi Titi Teliti 12 April 2022 at 10:06 pm

    Wah cerita futsal zaman dulu ternyata lumayan drama juga yaaah hehe

    Sukses terus buat Timnas Cosmo JNE Futsal yaaah

    Reply
  • Eni Rahayu 13 April 2022 at 11:50 am

    Duh jadi keinget masa-masa sekolah nih mana yang paling heboh supporternya lagi. Sukses terus buat timnas cosmo JNE futsal yah

    Reply
  • Dedew 13 April 2022 at 3:36 pm

    Wah selamat ya untuk Tim Cosmo JNE FC bisa meloloskan pemainnya ke timnas yang berlaga di AFF..anakku juga suka banget main sepak bola tiap hari pasti main di lapangan bareng teman-temannya…

    Reply
  • Dedew 13 April 2022 at 3:36 pm

    Wah selamat ya untuk Tim Cosmo JNE FC bisa meloloskan pemainnya ke timnas yang berlaga di AFF..anakku juga suka banget main sepak bola tiap hari pasti main di lapangan bareng teman-temannya…ramai banget…

    Reply
  • Dian Restu Agustina 13 April 2022 at 3:53 pm

    Baru tahu ada Cosmo JNE FC di mana anggotanya ikut mendukung Timnas Futsal Indonesia sedang berlaga di Piala AFF Futsal Championship yang berlangsung di Thailand, 2-10 April 2022 ini. Salut dan bangga!

    Reply
  • diane 13 April 2022 at 4:42 pm

    Selamat buat Timnas Futsal Indonesia semoga sukses dengan pencapaian terbaiknya.. Semoga cabang olahraga yang lain juga sukses…

    Reply
  • Rach Alida 13 April 2022 at 7:59 pm

    Senang dengan JNE yang memberikan konstribusi positif kepada olahraga ya mba. Btw memang sebaiknya hal sederhana seperti dukungan seperti ini sangat dibutuhkan ya mba

    Reply
  • Dian 13 April 2022 at 8:24 pm

    Futsal nggak kalah heboh dari sepak bola ya mbak
    Senang melihat kontribusi JNE Ini
    Ikut mendukung perkembangan olahraga ya

    Reply
  • Inna Riana 13 April 2022 at 9:28 pm

    semangaat terus timnas cosmo jne futsal… kami emak2 se-Indonesia raya akan selalu mendukung πŸ™‚

    Reply
  • Happy Dyah 13 April 2022 at 10:01 pm

    Keren Cosmo JNE FC yang mendukung tim futsal nasional. Semoga tambah semangat. Kolaborasi dan dukungan seperti ini yang untuk ke depannya semoga tambah banyak dan diikuti oleh yang lain

    Reply
  • gusti yeni 13 April 2022 at 10:38 pm

    Adik ipar saya sejak SMa team futsal sampai kuliah cuti demi bertanding di PON. Alhamdulillah sampai skrg sudah kerja masih rajin futsal. Semoga team futsal kita makin berjaya apalagi sudah di dukung JNe

    Reply
  • lendyagassi 13 April 2022 at 11:16 pm

    Senangnya berolahraga itu selain belajar mengenai kehidupan, juga belajar ke diri sendiri.
    Salut dengan tim futsal COSMO JNE FC yang berhasil berjuang hingga sejauh ini di AFF Thailand 2022. Semoga sukses selalu.

    Reply
  • Sri Widiyastuti 13 April 2022 at 11:24 pm

    dulu saya juga penggemar sepakbola, apalagi kalau sudah mulai piala dunia, wah bisa perang sama temen saya gara-gara belain bintang bola kesayangan. Dulu saya suka banget sama Mario Van Basten. Tapi setelah berumahtangga, saya sekarang dah gak begitu paham lagi sih soal persepakbolaan, apalagi futsal hihi. namun demikian tentu saja saya akan mendukung dan mendoakan semoga timnas kita menang

    Reply
  • Lidya 13 April 2022 at 11:31 pm

    Kalau aku kenalnya sepak bola aja sih zaman dulu, futsal sekedar tau aja gak sampai mengenal pemain2 yang top.
    Di dalam momen apapun yg namanya pertandingan harus selalu fair play ya kak dan jadi supporter yang baik jangan menghasut supporter lain, kecauli menghasut untuk tertib πŸ™‚
    MEskipun kalah tim Futsal Indonesia tapi selalu didukung penuh deh

    Reply
  • Tian lustiana 13 April 2022 at 11:42 pm

    Selalu dukung dan mendoakan semua menang ya tim futsalnya, aamiin

    Reply
  • Siti Hairul 13 April 2022 at 11:45 pm

    Zamanku masih jarang ada pertandingan futsal hahaha hebohnya basket apalagi kalau habis ujian ya. Serunya kumpul di lapangan hahaha

    Reply
  • Echa Imut 14 April 2022 at 12:06 am

    aku jadi pengen ngajari anakku belajar futsal mak. soalnya anak-anakku ga pinter nendang bola karena ga aku ajari juga seh
    jne kece dukung futsal kontingen Indonesia ya

    Reply
  • Damar Aisyah 14 April 2022 at 2:23 am

    Anakku pun yang masih kicik udah ketagihan main futsal, haha. Emang seru sih, kemarin sempat terhenti karena pandemi. Semoga kali ini bisa lanjut berkegiatan lagi.

    Buat bapak-bapak, futsal gak sebatas olahraga, tapi juga hiburan dan pengalihan energi. Ye kan, daripada energinya numpuk di badan.

    Reply
  • Widi Utami 14 April 2022 at 6:15 am

    Ngeri banget drama futsalnya. Sama ank kelas XI itu sekarang kalo ketemu gimana, Mbak? Ketawa enggak? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Reply
  • ainun 15 April 2022 at 1:14 pm

    aku nggak pernah main sepak bola atau futsal, selama ini jadi tim penyemangat atau hore-hore aja
    dann kalau pas ngeliat event sepakbola dunia, euforianya juga nular, ikutan seneng

    Reply
  • Fanny_dcatqueen 28 April 2022 at 8:01 pm

    Ini mah adekku yg bungsu hobi vangt futsal dan sepak bola mba πŸ˜„. Jadi inget zaman dia masih sekolah, pasti pulang2 aceeeeem itu badan abis main gini hahahahha. Tapi papa mama dulu support, katanya biar ga di rumah Mulu, biarin aja kalo olahraga .

    Nah kalo suami ga suka. Dia olahraganya tenis meja, sampe ikut komunitas dan pertandingan. Kalo buatku sih, yg penting ada olahraga, terserah mau apaan asal jangan catur wkwkwkwkkw. Biar gerak badannya 🀣

    Reply

Leave a Comment