Belajar Ekonomi Syariah di Bulan Ramadan, Kenapa Tidak?!

belajar ekonomi syariah

Belajar Ekonomi Syariah di Bulan Ramadan, Kenapa Tidak?! Selain memperbanyak ibadah, bulan ramadan pun bisa diisi dengan mempelajari hal baru, misalnya belajar ekonomi syariah. Ya, menambah pengetahuan, terutama yang ada kaitannya dengan Islam, bukankah termasuk sesuatu yang bernilai ibadah? Coba deh dipikir-pikir, selama ini kita banyak melakukan transaksi jual beli atau kegiatan ekonomi lainnya, tapi apakah kita sudah tahu bahkan memahami yang namanya ekonomi syariah? Apakah sebagai seorang muslim/muslimah, ada keinginan kuat dalam diri kita untuk belajar bagaimana atau seperti apa sih kegiatan ekonomi yang sesuai syariah?

Ada banyak sekali definisi terkait apa itu ekonomi syariah. Pada situs resmi Bank Indonesia, istilah tersebut didefinisikan sebagai sistem ekonomi yang mengimplementasikan nilai dan prinsip dasar syariah, bersumber dari ajaran agama islam, nilai dan prinsip syariah yang berlaku universal dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam kegiatan ekonomi dan keuangan. Sementara, Monzer Kahf, seorang pakar ekonomi dari The University of Utah, mendefinisikan ekonomi syariah sebagai bagian dari ilmu ekonomi sifatnya interdisipliner atau tidak dapat berdiri sendiri dan perlu penguasaan baik terhadap ilmu pendukungnya.

Mengisi Bulan Ramadan dengan Belajar Ekonomi Syariah

Lantas apa pentingnya sih kita mempelajari ekonomi syariah? Ilmu ekonomi saja sudah sedemikian banyak istilah yang kita tidak ketahui, sekarang perlu ditambah lagi dengan yang syariah. Apa gak tambah repot tuh? Eits, jangan salah.. dan jangan keburu malas dulu. Pertama, pastinya sebagai seorang yang menganut ajaran Islam, sudah tentu kita harus mempelajari dan menaati apa-apa yang diajarkan dalam Islam secara menyeluruh. Atau istilah yang umum kita dengar adalah tentang bagaimana kita mewujudkan seorang muslim yang kaffah.

Alasan selanjutnya mengapa ekonomi syariah itu penting dipelajari adalah demi mendukung kemajuan ekonomi Islam, mendukung gerakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar, serta untuk memperkuat pengamanan sosial. Dengan mempelajarinya, maka kita jadi paham bahwa ternyata bisa kok kita mulai dari diri sendiri, misalnya dengan menerapkan membuka rekening/menabung di tabungan syariah. Mulai memastikan bahwa dana-dana syariah yang terkumpul, yang berasal dari zakat, sedekah dan infaq, haruslah dapat dimanfaatkan dengan bijak untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

belajar ekonomi syariah

Belajar Ekonomi Syariah Baiknya Mulai Dari Mana ya?

Mulai dari sekarang. Bagaimana caranya? Belajarnya di mana? Tenang.. saat ini kita hidup di zaman dengan segala kemudahan akses informasi. Buku, artikel di internet, kelas-kelas belajar daring, menyimak obrolan-obrolan para ahli, hingga siapa tahu sekalian mau menempuh pendidikan formal dengan jurusan ekonomi syariah. Tertarik? Ya, urusan belajar itu adalah perkara mau atau tidak saja. Mau gak sih kita meluangkan waktu, misalnya dengan mengisi bulan Ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat. Terlebih lagi materi terkait edukasi ekonomi syariah kini sangat mudah didapatkan.

Sharia Knowledge Centre (SKC) merupakan kanal informasi, inovasi, serta kolaborasi seputar ekonomi syariah di Indonesia yang diinisiasi oleh PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah). Seperti yang kita ketahui, bahwa Prudential Syariah adalah sebuah perusahaan asuransi yang juga mengambil peran aktif untuk mengembangkan industri ekonomi Syariah melalui akselerasi di bidang inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Menariknya. lewat halaman Sharia Knowledge Centre (SKC), siapa saja bisa mempelajari ekonomi syariah dalam bentuk konten artikel, infografis, hingga video yang menarik dan mudah dipahami. See? Belajar ekonomi syariah jadi semenyenangkan ini 🙂 Oh ya, lebih detail lagi, kita bisa mempelajari sesuai topik lho. Ada asuransi, ekonomi syariah, fikih muamalah, investasi syariah, perbankan, dan ZISWAF.

belajar ekonomi syariah

Memahami Asuransi Syariah dari Konten Video

Saat membaca ataupun mendengar topik terkait ekonomi syariah, salah satunya asuransi syariah, tentu tidak selalu mudah dipahami, bukan? Apalagi kalau kita bukanlah orang yang punya minat tinggi akan pembahasan tersebut. Menariknya, melalui materi edukasi ekonomi syariah yang disajikan di halaman Sharia Knowledge Centre (SKC), saya- pun mungkin juga teman-teman bisa jadi mudah memahami materi yang disampaikan. Salah satunya yang baru saja saya simak yaitu tentang mengapa asuransi syariah diperlukan.

Dimana pada awal video, dipaparkan ayat Al-Qur’an serta hadis terkait yang menjadi landasan akan topik asuransi dalam agama Islam, mengapa menjadi kemudian topik asuransi itu menjadi penting. Konsep asuransi syariah pun dijelaskan dalam bentuk poin-poin yang ditayangkan di video dengan bahasa yang mudah dipahami dan tampilan yang menarik. Bisa dibayangkan gak sih, kalau selama sebulan kita berpuasa di bulan Ramadan, kita meluangkan sedikit waktu setiap harinya untuk mempelajari hal tersebut? Masya Allah, bermanfaat banget tuh waktu kita.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk mengeksplor konten edukasi ekonomi syariah yang tersedia di Sharia Knowledge Centre (SKC)? Yuk ajak teman dan keluarga untuk belajar bersama dari materi edukasi di sana 🙂

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment