Tips Puasa Ramadan, Biar Gak Tiduran aja!

Tips Puasa Ramadan, Biar Gak Tiduran aja! Awal berpuasa gini tuh emang bawaannya lemas, perlu nih tips puasa ramadan biar jadi lebih produktif ibadah maupun kerjanya. Kayaknya baru banget lihat salah satu konten di media sosial, semacam video parodi tentang bagaimana seseorang mengisi seharian waktunya di bulan ramadan dengan tidur dan tidur. Pokoknya bangunnya tuh cuma pas makan aja. Duh parah sih ya, jangan sampai kita berpuasa, tapi gak mengerjakan shalat. Naudzubillah Min Dzalik. Ada pula yang bangunnya ya untuk mengerjakan kewajiban shalat, sisanya tetap, banyakan waktu untuk tidur.

Jujur aja, saya pun pernah gitu. Kelar shalat, tidur. Pokoknya bawaannya pengen tidur aja gitu. Padahal ketika terbangun dari tidur, bukaannya badan jadi lebih segar setelah istirahat, malah sakit kepala. Oh tentu saja karena tidurnya kelamaan. Dipikir-pikir, kok ya merugi banget, sia-sia sekali, dikasih kesempatan bertemu kembali dengan bulan ramadan, bulan penuh berkah, malah gak dimaksimalkan dengan perbanyak ibadah. Akhirnya makin ke sini, belajar, dan evaluasi diri sendiri, apa sih faktor penyebab yang sampai bikin pengen tidur terus? Gimana sih memotivasi diri ini biar yuk gerak yuk, lawan rasa malasnya.

Tips Puasa Ramadan Penuh Berkah

Gak mau dong, ramadan berlalu begitu saja? Gak mau juga dong, ramadan kita tahu ini tidak lebih baik dibanding yang sebelumnya. Setiap tahun, seharusnya kita bertekad untuk menjadikan ramadan yang kita temui adalah ramadan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Ya masa gak ada yang bisa dijadikan pelajaran, yang jadi bahan untuk introspeksi diri? Sungguh betapa waktu terus berlalu, gak terasa kan, tahu-tahu udah tahun 2024 aja. Tahu-tahu kita berjumpa lagi dengan bulan Ramadan, Alhamdulillah… Dan gak ada yang tahu, sampai usia berapa sih kita di dunia? Nah, karena itu, tugas kita ya terus dan terus berbenah diri, memperbaiki ibadah. Bulan Ramadan ini, bisa lho jadi momentumnya.

Ramadan, bulan penuh keberkahan, bulan yang seharusnya bisa kita isi dengan memperbanyak amal sholeh. Lebih intens lebih membangun koneksi dengan Allah SWT- Sang Pencipta kita, pencipta alam semesta dan seluruh isinya. Untuk itu, penting bagi kita tahu tips puasa ramadan agar lebih produktif, lebih berkah. Tidak lain, agar ramadan kali ini, kitanya ada perubahan- jadi lebih baik, ya nggak?

Disiplin Shalat Tepat Waktu

Percayalah, kita tuh kok ya demen banget menunda-nunda? Padahal ketika kita menunda mengerjakan satu hal, pasti hal lain setelahnya bakal berantakan waktunya. Kita udah dikasih waktu-waktu untuk mengerjakan shalat, maka kerjakanlah di waktu-waktu yang telah ditentukan tersebut. Disiplin! Ngaruhnya sama puasa apa? Ya ketika menunda mengerjakan shalat, kita jadi terbiasa bikin badan ini malas. Bawaannya malas pokoknya. Ibadah itu- melakukan hal baik itu- harus kita paksakan! Yuk paksa diri ini biar disiplin shalat, jadi kebiasaan, maka akan berdampak baik pula pada badan kita ini.

Perhatikan Menu Berbuka Puasa dan Sahur

You are, what you eat. Sering dong dengar ungkapan tersebut. Betapa apa saja yang kita makan, ya itu menunjukkan siapa dan bagaimana kita. Gak hanya ngaruh sama puasa, urusan makanan ya jelas ngaruhnya sama kesehatan. Sering dong dulu kita mikir, puasa gini tuh berarti mesti maksimalkan yang dimakan saat berbuka dan sahur, biar kuat puasanya. Padahal gak gitu, terkadang justru karena makan banyak, malah seharian bawaannya lemas, gak kuat beraktivitas. Maka yang benar adalah dengan menerapkan pola makan gizi seimbang, makan dengan porsi yang cukup yang sudah terkandung vitamin, mineral, karbohidrat, protein, lemak,kalsium, serat dan air. Oh ya, jangan lupa juga untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup ya! Biar gak dehidrasi!

Rutin Berolahraga

Rutin melakukan aktivitas fisik, bahkan berolahraga sangat berpengaruh pada fit atau tidaknya kita saat berpuasa. Dengan membiasakan tubuh ini bergerak, maka kita telah membantu tubuh untuk tetap bugar. Tentunya dengan memperhatikan pula jenis olahraga/gerakan yang dilakukan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan waktu terbaik berolahraga, karena kaitannya adalah untuk memastikan tubuh cukup terhidrasi.

Istirahat yang Cukup

Biar seharian puasanya gak diisi dengan tiduran aja, maka jangan lupa meluangkan waktu untuk beristirahat. Lho kok? Lho iya, produktif bukan berarti waktunya diforsir habis-habisan untuk bekerja dan beribadah ya. Tubuh juga perlu istirahat, lagi-lagi dengan memperhatikan waktu dan durasinya. Malam hari, saat harus beristirahat, istirahatlah.. tidur lebih awal. Supaya bisa bangun tengah malam untuk mengerjakan Qiyamul lail. Kemudian, di pagi maupun siang hari, istirahat secukupnya. Intinya, jangan lupa untuk jeda sejenak. Istirahat. Tidak melulu dengan tidur kok, bisa dengan duduk santai atau sekadar rebahan/baring.

Melakukan Kegiatan Menyenangkan

Kegiatan menyenangkan yang ada manfaatnya tuh ada gak sih? Ada dong! Suka baca buku? Coba deh baca buku sejarah Islam, kisah Nabi, paling penting nih.. baca Al-Qur’an dan terjemahannya. Masya Allah, mantep tuh! Misal kalian demen bersosialisasi, bisa tuh bergabung dengan panitia di masjid, siapkan menu berbuka puasa, ikut kegiatan berbagi takjil, berkreasi membuat konten-konten terkait hikmah ramadan. Banyak deh pokoknya hal seru yang bisa dilakukan ramadan gak diisi dengan tiduran aja!

Nah itu tadi tips puasa ramadan biar hari-hari jadi lebih produktif dan pastinya penuh berkah. Teman-teman share dong di kolom komentar, bagaimana mengisi ramadan biar lebih bermanfaat?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment