Tetap Sehat Saat Puasa

Tetap Sehat Saat Puasa. Mengapa penting bagi kita untuk tetap sehat saat puasa ramadan? Sebab sebulan penuh ini adalah bulan yang penuh rahmat. Bulan yang dinanti oleh seluruh orang yang beriman, yang di dalamnya ada banyak sekali kemuliaan. Tentu kita sudah merencanakan jadwal selama sebulan penuh untuk memaksimalkan ibadah, amalan sholeh, mengisi ramadan dengan sebaik-baiknya kegiatan. Ibaratnya, ramadan sebagai bulan pembelajaran, bulan yang menentukan bagaimana kelak kebiasaan beribadah kita di bulan-bulan selanjutnya. Untuk bisa maksimal menjalani puasa di bulan ramadan, mendirikan lebih banyak shalat sunnah, dan ibadah-ibadah lainnya, tentu kita harus dalam keadaan fit, bukan?

Benar bahwa sakit adalah penggugur dosa, tidak ada pula dari kita yang menginginkan sakit. Maka yang bisa kita lakukan adalah mencegahnya, setidaknya dengan memastikan tetap menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian. Saya selalu takjub dengan teman-teman di sekitar saya yang hingga hari ini terus membiasakan hidup sehat, menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Dalam sehari, tiada hari tanpa olahraga, menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, membiasakan dirinya aktif, kemudian dari sisi rohani? Masya Allah, bacaan Al-Qur’annya terjaga, sampai hari kesebelas ramadan, bacaannya sudah tiba di juz 20. Ingin sekali rasanya begitu, dan untuk bisa aktif sat set seperti itu, ya mesti no mager mager club ga sih?

Tetap Sehat Saat Puasa

Sehat itu banyak manfaat. Terlebih lagi ketika kita tetap sehat saat menjalani aktivitas di bulan ramadan. Teringat beberapa hari kemarin saat saya sempat tidak enak badan. Lemas. Jadi tidak bisa memaksimalkan ibadah sunnah, pun lebih banyak waktu dihabiskan untuk tidur. Rugi sekali rasanya, waktu demi waktu berlalu. Bersyukur masih bisa dzikir pagi dan petang, meski agak lemah melafalkannya. Lain halnya jika tubuh dalam keadaan sehat, fit. Badan asyik-asyik aja dibawa berkegiatan, shalat, duduk membaca al-qur’an, mendengarkan tausyiah, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana caranya agar bisa tetap sehat saat puasa?

Sehat Banyak Manfaat

Padahal sudah tahu ya betapa sehat itu ada banyak manfaatnya. Sudah tahu pula apa saja sih hal yang perlu dilakukan demi menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat. Tapi ya namanya manusia- eh saya, ada saja alasannya untuk tidak melulu melakukannya. Tidak konsisten. Padahal ingat sekali, di sekitar tahun 2021-2022, ramadan yang berlangsung di antara tahun tersebut, bisa lho saya menjaga asupan makanan yang masuk. Bisa lho, saya tetap berolahraga, waktu itu sih berlari ya, setiap hari selama ramadan. Sahur dan berbuka puasanya tidak makan sepuas hati, melainkan cukup dan bernutrisi. Betapa menu makan sahur saya kala itu membuat badan ini kenyang lebih lama, bikin saya segar-segar aja shubuh hari berlari, baca Al-Qur’an, gak tidur pagi lah pokoknya.

Mengingat baru lahiran (lewat proses SC) beberapa bulan yang lalu, rasanya untuk berlari pagi setiap hari, saya belum mampu deh #masihalesan. Apalagi mau olahraga beban ya? Sepertinya belum boleh. Jadi ya sebatas tetap gerak aja di rumah, walau gak kehitung olahraga. Kemudian, membiasakan minum air putih dalam jumlah yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi, dan mengatur asupan makanan yang masuk. Bener gak? Dan yang terpenting, tetap mengontrol pikiran, biar gak stres. Kuncinya pada benerin shalat deh kayaknya.

Tips Puasa Lancar dengan Pola Hidup Sehat

Tapi ya gak sebatas di situ, itu sih hal-hal yang pernah saya lakukan aja. Dimana memang saya rasakan betul manfaatnya. Tapi lebih dari itu, penting bagi kita untuk menjalankan pola hidup sehat, agar badan tetap fit, kulit sehat, dan tubuh tetap terhidrasi. Badan yang sehat dan segar, bikin jadi nyaman dan semangat pula dalam beraktivitas di bulan ramadan. Puasa lancar, ibadah lainnya pun lancar. Berikut ini tips puasa lancar dengan pola hidup sehat:

Jangan Skip Sahur

Walau ada aja momen kita terlewat bangun sahur, tapi sebisa mungkin jangan sampai skip sahur ya! Di samping ada keberkahan yang didapatkan kala santap sahur, dengan sahur pula kita bisa memastika tubuh tetap terjaga staminanya selama seharian.

Menyantap Makanan Gizi Seimbang

Baik di waktu sahur maupun buka puasa, pastikan asupan makanan yang masuk adalah yang mengandung gizi seimbang. Terpenuhi baik mikro, maupun makronutriennya. Tak penting yang disantap sebanyak-banyaknya, yang terpenting adalah bagaimana kandungan gizinya.

Mencukupi Kebutuhan Air Mineral

Pastikan konsumsi air minum/air mineral dalam sehari itu tercukupi. Secara umum, orang dewasa butuh mengkonsumsi sebanyak 2-3 liter air minum. Dengan cukup minum, maka tubuh pun akan terhidrasi dengan baik. Nah, selama bulan ramadan, kita perlu pintar-pintar tuh mengatur kapan waktu minumnya agar tetap mencukupi target minum sehari.

Rutin Berolahraga

Benar sekali, kuncinya adalah rutin. Bukan menghabiskan satu atau dua hari dengan habis-habisan melakukan banyak macam gerakan olahraga, hari-hari selanjutnya tidak berolahraga sama sekali. Akan lebih baik jika melakukan olahraga ringan, namun rutin dilakukan. Dengan berolahraga, maka kita telah memastikan tubuh ini aktif bergerak, meningkatkan daya tahan tubuh, memicu proses metabolisme, serta melancarkan sirkulasi darah. Banyak manfaatnya deh. Yuk rutin berolahraga! #ngomongsamadirisendiri

Memperbaiki Pola Tidur

Penting untuk menjaga dan memperbaiki pola tidur selama ramadan ini. Menghindari tidur usai shalat shubuh, selain memang dilarang dalam agama, ternyata pun tidak baik untuk kesehatan. Hiks, PR banget yang satu ini. Tidur yang cukup dan berkualitas membuat tubuh kita kembali segar dan siap untuk beraktivitas. Sebaliknya, kelamaan tidur justru bikin tubuh kita jadi malas-malasan untuk diajak kembali bergerak. Biasanya pun bikin sakit kepala, ya kan?

Menjaga Kesehatan Kulit

Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan kulit selama berpuasa. Tetap melakukan skincare routine, walau sekadar mencuci muka, mengaplikasikan pelembab, serum, pun tabir surya. Hal ini dilakukan agar menjaga kulit wajah tetap cerah dan tidak kering selama berpuasa. Pastikan juga kulit tetap terhidrasi dengan cukup minum air putih/air mineral ya.

Apakah teman-teman punya tips lainnya untuk tetap sehat saat puasa? Poin-poin mana saja dari tips di atas yang sudah rutin dilakukan?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

1 Comment

  • Fanny_dcatqueen 22 March 2024 at 11:32 pm

    Waah iya sih mba, kalo abis SC jgn dulu olahraga yg berat. Takutnya malah masalah dengan jahitan kan. Yg penting pola makan dijaga dan banyakin minum air putih.

    Aku sendiri krn udah rutin merawat kulit dari zaman sekolah, dan workout juga konsisten sejak covid 2020, yg ada malah susah utk skip. Terasa banget ga enaknya. Jadi puasa ga puasa, itu udh kayak rutinitas sib. Ga mungkin aku skip.

    Skincare ttp kayak biasa, 10 Korean steps, dan workout masih 4x seminggu cuma durasi aku kurangin.. Kalo biasanya 1 jam, skr 30 menit dulu. Yg penting badan ga sakit krn kelamaan skip

    Reply

Leave a Comment