7 Sumber Inspirasi saat Jenuh Ngeblog

sumber inspirasi

7 Sumber Inspirasi saat Jenuh Ngeblog. Sumber inspirasi saat jenuh ngeblog sebenarnya ada banyak sekali dan dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Apa saja ya? Tapi ya namanya jenuh, entah kenapa bawaannya malas aja terus. Bukan malas sih sebenarnya, melainkan semacam don’t know what to do gitu. Kadang juga terlalu banyak yang terbayang, kebanyakan rencana, endingnya malah tidak melakukan apa-apa. Apakah saya pernah mengalami hal tersebut? Oh tentu saja, itulah mengapa postingan ini saya buat. Saya rasa, teman-teman blogger pun ada kalanya merasakan hal yang sama. Jenuh membuat postingan blog, maupun sekadar blogwalking membaca postingan teman blogger lainnya. Padahal, bukankah kita pada doyan ngeblog ya?

Iya, jelas dong pada doyan. Macam orang lain di luar sana, yang menggemari suatu aktivitas. Dan suka tidak suka, rasa jenuh pasti ada, semacam pemberi warna dari apa yang kita suka. Adapun yang menjadi pembeda adalah tentang seberapa lama kejenuhan itu berlangsung, dan bagaimana kita mengatasinya. Apakah kita mau-mau saja berlama-lama merasa jenuh, membiarkan diri tidak melakukan apapun? Ataukah kita benci ketika tidak bisa melakukan apa-apa dan berusaha sekuat tenaga untuk melawannya?

7 Sumber Inspirasi saat Jenuh Ngeblog

Berdiam diri saja tentu bukanlah solusi. Penting untuk kita mengetahui apa saja yang menjadi sumber inspirasi saat rasa jenuh itu melanda. Dengan demikian kita jadi bisa bangkit kembali dan produktif dalam melakukan hal apapun yang sebenarnya disukai. Jadi apa saja sumber inspirasi tersebut?

1. Tulisan Lama dari Blog Sendiri

Sedang jenuh ngeblog kok malah disuruh melakukan aktivitas yang ada kaitannya dengan blogging? Ya, tidak apa-apa. Mungkin kita hanya jenuh untuk urusan menulis/membuat postingan baru, sehingga ada rasa enggan untuk mulai menulis lagi. Jika benar, maka coba deh baca-baca lagi tulisan lama di blog sendiri. Sembari mengingat kembali, apa sih tujuan kita ngeblog. Atau pertanyaan lain, semacam apa alasan mulai ngeblog dulu? Dengan mengingat kembali niat ngeblog kita sebenarnya, secara tidak langsung kita sedang menuntun diri untuk kembali ke jalan yang benar #eh. Maksudnya kembali ke jalan yang hendak kita tempuh dulu.

Dulu yang memutuskan hendak ngeblog, siapa? Blog ini, jika tidak diisi, lantas siapa yang akan mengisinya? Bukankah ini blog pribadi, bukan blog komunitas? Jadi kalau bukan kita yang mengisinya dengan postingan/tulisan baru, ya blognya bakal gitu-gitu aja.

sumber inspirasi

2. Baca Buku Favorit

Wajar sih, mungkin kita lelah berjam-jam berhadapan dengan layar laptop. Mungkin kita ingin istirahat usai menghabiskan waktu terhubung dengan akses internet. Kalau sudah seperti itu, saran saya, coba deh mulai lagi baca buku favorit. Kenapa harus yang difavoritkan? ya supaya sudah ada jaminan, bahwa apa yang dibahas dalam buku itu adalah hal yang kita sukai. Membaca buku bisa dilakukan kapan dan di mana saja, bukan? Buku mudah dibawa kemana-mana, saat duduk maupun berdiri di dalam angkutan umum pun kita bisa dengan mudah membaca buku. Bahkan, banyak orang mengatakan bahwa ada kenikmatan sendiri setiap kali kita membuka lembar demi lembar buku, dan mencium aroma kertasnya. Ada yang merasa gini juga gak sih?

sumber inspirasi

3. Berkegiatan Sosial

Aktivitas online tentu perlu diseimbangkan dengan aktivitas offline. Dari yang biasanya berkomunikasi via internet, gimana kalau ngobrol-ngobrol langsung? Gak perlu kegiatan besar yang susah dilakukan. Sekadar ikutan kerja bakti, jumat bersih, posyandu, atau apapun itu yang diselenggarakan di sekitar rumah. Atau buat kalian yang senang dengan kegiatan kerelawanan, berbagi inspirasi dengan mereka yang tinggal jauh dari keramaian kota, bisa tuh ikutan kelas inspirasi. Banyak kok kegiatannya, ada di setiap daerah deh kayaknya. Di tempat saya, namanya Kelas Inspirasi Lombok. Itu tuh kegiatan sharing/berbagi inspirasi tentang profesi kita pada adik-adik di sekolah terpencil.

Tujuannya ya supaya adik-adik di pedalaman sana punya wawasan yang luas terkait profesi. Punya gambaran cita-cita, yang gak mentok di profesi itu-itu aja. Biar mereka tahu, bahwa ada lho profesi yang tugasnya ngitung uang, memelihara pipa, menjaga tahanan penjara, dan sebagainya. Saya pribadi terbilang telat sih bergabung dengan kegiatan sosial yang seru banget ini. Pertama kali ikutan tuh tahun 2016, Kelas Inspirasi Lombok 4 yang berlangsung di Sembalun, Lombok Timur.

 

4. Melakukan Kegiatan Keagamaan (Beribadah)

Udah jelas sih, yang namanya beribadah tuh ya jelas kewajiban. Eitt, tapi jangan salah, bisa jadi sumber inspirasi di kala jenuh juga lho. Mungkin saat sibuk ngetik di laptop, ibadah atau kegiatan keagamaan yang kita lakukan sehari-harinya tuh jadi ala kadarnya aja. Coba deh untuk maksimalkan ibadahnya, di saat bulan Ramadan misalnya, sesekali ke masjid raya/masjid besar. Habiskan waktu seharian full di sana, mulai dari shalat berjamaah, membaca Al-Qur’an, dan mengikuti berbagai kajian. Kalau bisa dilakukan setiap hari, tentu lebih bagus lagi. Shalat tarawih full sebulan di Islamic Center misalnya. Masya Allah, saya juga mau. Tapi ya kalau gak bisa, beberapa kali aja, pas emang bisa ninggalin rumah dan aman bawa anak-anak. Kalau gak, ya udah..kerjakan di rumah aja.

Sebagai anak yang lanjut jadi remaja masjid selama bertahun-tahun di Makassar dulu, saya merasakan betul gimana perasaan bisa fresh karena sering di masjid. Tapi di masjidnya, beribadah yaa.. Bukan eksis pepotoan atau tiktokan. Heuheuheu.

sumber inspirasi

5. Wisata Kuliner

Lupakanlah sejenak bagaimana cara mulai ngeblog lagi setelah sekian lama gak buat postingan baru apapun. Karena kebanyakan mikir apa dan bagaimana itu justru bikin kitanya di situ-situ aja. Segarkan pikiran sejenak, salah satunya dengan wisata kuliner. Menikmati aneka makanan maupun minuman yang kita sukai, tanpa harus berpikir oh ntar saya mau ah posting tentang ini di blog. Udah, gak usah. Makan dan nikmati saja dulu. Cari tahu tentang kuliner tersebut dengan cara ngobrol dengan staf atau pemiliknya pun tak apa. Tapi yang terpenting, jangan sampai wisata kulinernya jadi terganggu sama rencana-rencana untuk menuliskannya di blog.

Macam saya nih, pas ke Makassar tahun 2019 lalu, kayaknya dua minggu itu benar-benar gak ngapa-ngapain selain kulineran. Eh gak ding, tujuan utamanya kan tambal gigi yang berlubang. Hahaha. Maksudnya ya, saya gak melulu online, posting blog maupun eksis di media sosial. Kecuali yang urusannya kerjaan. Pikiran saya fokus pada makanan khas Makassar, yang gak bakal saya dapat rasa yang sama saat balik ke Mataram nanti. Ya, saya harus maksimalkan momen makan Pallubasa Serigala, Coto Gagak, Coto Abdesir, Mie Titi, dan yang lainnya itu.

6. Nonton Film atau Serial Televisi Favorit

Masih jenuh juga? Meski sama-sama berhadapan dengan layar, aktivitas nonton film atau serial televisi favorit mungkin bisa menjadi sumber inspirasi di kala jenuh sama kerjaan di laptop. Apalagi sekarang lagi ngehits kan ya aplikasi streaming tayangan televisi, film, dan sebagainya, macam Netflix atau Viu gitu. Kalau jenuh ngeblog, melipirlah dulu, bun.. Mungkin butuh sejenak melihat paras Song Joong Ki, Kim Seon-ho, Park Seo-joon, dan kawan-kawanya. Ciee..sekarang gak cuma tahun Hyun Bin dong~ wkwkwk.

7. Bepergian atau Traveling

Dan… yang terakhir dari 7 sumber inspirasi saat jenuh ngeblog, jatuh kepada: traveling! Coba sesekali keluar dari ruang kerja, bercengkrama dengan alam. Jalan-jalan ke objek wisata alam apa saja. Entah itu mendaki gunung, lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera. Bersama teman, bertualang! lanjutkan nyanyinya sodara-sodara

BTW, kegiatan traveling ini bisa pula dirangkaikan dengan kegiatan sosial, keagamaan (namanya tadabbur alam), juga wisata kuliner. Jadi sekali jalan bisa mendapatkan lebih dari satu sumber inspirasi ye kan? Niscaya balik ke meja, berhadapan dengan laptop, udah pada fresh lagi! Siapa coba yang gak seger tuh habis melihat keindahan alam? Hijaunya perbukitan, birunya laut bertemu dengan langit, hamparan pasir pantai, dan tentu saja..udara bersih yang bisa sepuasnya dinikmati. Nah kan..jadi kangen traveling deh saya.

Yuk semangat ngeblognya. Saat jenuh, melipirlah sebentar. Temukan sumber inspirasi sebagai penyemangat untuk berkarya lagi ๐Ÿ™‚

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

22 Comments

  • nurulrahma 6 May 2021 at 1:43 pm

    Traveling dan Wiskul tuh manjuuurr banget mba
    Tapi ya gitu
    sekarang kan semuanya serba dibatasi ๐Ÿ˜€
    jadinya, ya agak limited ๐Ÿ˜›
    semogaaaa corona cepet kelar, dah
    biar kita bs ngebolang sepuasnyaaaaaa

    Reply
  • Nurul Sufitri 6 May 2021 at 1:43 pm

    Wah, kalau aku selama pandemi ini malah kebanyakan berbenah rumah hahahahah ๐Ÿ™‚ Semua dijabanin sampai ke isi lemari. Mau jalan2 paling 2x ke Bogor aja itu pun pagiiiii banget trus langsung pulang. Kalau baca buku sepertinya udah lama ga dilakoni wkwkwkwkkw ๐Ÿ™‚ Paling masak harian aja sih sama nonton film.

    Reply
  • herva yulyanti 6 May 2021 at 2:59 pm

    Saat ini buatku baca buku dan nonton film itu jadi obat banget saat jenuh dan sekarang lagi demen2nya mantengin VIU wkwkwk sampe pengen nulis juga buat update blog :p

    Reply
  • Nanik Nara 6 May 2021 at 3:10 pm

    Traveling plus wisata kuliner, langsung deh auto cekrek dan bikin catatan buat konten blog. Tapi berhubung lagi pandemi gini, kalau saya travelingnya ya lihatin foto-foto lama aja, terus sadar bahwa ternyata masih banyak yang belum dituliskan di blog

    Reply
  • Lisdha www.daily-wife.com 6 May 2021 at 4:23 pm

    Pas bangeeet nih mak, seminggu terakhir aku jenuh ngeblog
    Bahkan juga males BW
    Padahal sebenernya banyak banget hal yang bisa aku tuliskan
    Cuma nggak dapet mood untuk nulis
    halaaah…blogger by mood ini wkwkwk
    bersyukur dengan maksain BW jadi fresh lagi

    Reply
  • Rach Alida 7 May 2021 at 1:20 pm

    Wisata kuliner ini emang pilihan tepat. Makan enak, sehat hati pun bahagia. Tapi nonton film juga pilihanku sih mba

    Reply
  • Ophi Ziadah 7 May 2021 at 3:23 pm

    aku poin 5 dan 7 tuh mba andy yang working banget klo lagi jenuh ngeblog…dan paling gampang mencairkan kebuntuan menulisakn tentang wisata kuliner dan traveling sih menurutku

    Reply
  • Dian 7 May 2021 at 3:40 pm

    toss dulu mbak…
    buat aku, melakukan wisata kuliner bisa jadi hiburan sejenak kalau stuck ngeblog
    habis kulineran, mood ngeblog balik lagi deh

    Reply
  • Dian Restu Agustina 7 May 2021 at 5:00 pm

    Nomor satu aku banget…kadang kalau lagi melempem aku baca tulisan lama yang masih tjurhatan ala kadarnya, pokoknya asal nulis ngalir aja…eh nantinya sadar lagi blog ini mesti diisi hihi

    Reply
  • Tanti Amelia 8 May 2021 at 6:32 am

    Kalo lagi jenuh ngeblog ngapain? Yaaaa.. tepat sekali Andi, nggambar, nonton youtube tiada akhir atau HGTV sambil mengkhayal kapaaan ya bisa punya rumah seharga 1 juta US$

    Reply
  • lendyagasshi 8 May 2021 at 7:09 am

    Jenuh itu memang kudu dicari penyebabnya dan diobati yaa..
    Kalau engga, bisa mandeg segala kreativitas.
    Alhamdulillah,
    Dengan melakukan 7 kegiatan positif di atas, bisa mengembalikan mood kembali.

    Reply
  • Ucig 8 May 2021 at 11:28 am

    selama pandemik paling sering dari tontonan atau podcast. Kalau udah jenuh coba istirahat aku biasanya. Lepas gadget kadang itu efek buat aku mbaaa. Makasih tipsnya mba, bisa aku cobain nih 7 kegiatan di atas karena kayaknya mulai boseeeen

    Reply
  • Ainhy Edelweiss 8 May 2021 at 12:01 pm

    Jujur kak saus jenuh nih ngeblog mungkin karena kelelahan di daily activity, tp baca tulisan mba jd miir lg sumber inspirasi ku apa biar semangat ngeblog lagi

    Reply
  • Andiyani Achmad 8 May 2021 at 12:18 pm

    aku suka melakukan 7 inspirasi saat jenuh ngeblog yang mak rangkum di atas.. terutama kalo makan makan enak a.k.a kulineran

    Reply
  • Larasati Neisia 8 May 2021 at 8:56 pm

    Aku kalau lagi jenuh di rumah dan lagi nggak ada ide buat nge-blog langsung booking hotel buat staycation. Nggak maksud buat menghamburkan uang sih, cuma emang sesekali perlu self reward.

    Reply
  • Hana Aina 8 May 2021 at 9:05 pm

    Wah, kita hampir sama, Mbak. Aku juga melakukan beberapa kegiatan di atas saat jenuh. Biar segera dapat inspirasi lagi ?

    Reply
  • Husnul Khotimah 8 May 2021 at 10:17 pm

    Bener, ampuh banget baca baca tulisan lama buat bangkitin mood ngeblog lagi. Tapi kalau jenuh, ya wes emang ditinggal aja dulu hahha

    Reply
  • Jiah Al Jafara 8 May 2021 at 11:14 pm

    Eh iya, baca tulisan lama di blog tuh kadang jadi ketawa sendiri. Awal yang cuma gitu aja, hanya nulis, gak ngerti EBI dan lainnya. Sengaja juga gak kuperbaiki karena buat kenangan. Ya sumber inspirasi di masa lalu

    Reply
  • echaimutenan 9 May 2021 at 12:52 am

    kalau baca tulisan lama itu suka nostalgia yang ga pengen dibaca ternyata dibaca lagi :”)
    tapi lucu aja kadang nulisnya dari hati banget ga sedewasa sekarang eaaaaaaaaaa

    Reply
  • apura 9 May 2021 at 9:53 am

    Aku juga suka baca tulisan lama. Tapi belum pernah edit untuk diperbaruhi. Haha.. Aku juga pernah hiatus ngeblog hampir setahun. Tenggelam dengan kerjaan lainnya. Sekarang udah balik lagi dah. Kangen euy curcol di blog. Apalagi kalau dapat cuannya hahaha

    Reply
  • Alfa Kurnia 11 May 2021 at 9:28 pm

    Saya juga suka baca tulisan lama, Mbak. Kadang diremake, kadang diupdate, kadang bikin versi baru atau lengkapnya. Sama nonton serial tv juga bisa jadi inspirasi.

    Reply
  • ima satrianto 13 May 2021 at 11:04 pm

    cocok ini rekomendasinya, bener banget mba, kadang hobi ngeblog bisa muncul semangatnya kalau out of box dari yg biasanya.

    Reply

Leave a Comment